Indonesia-Amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Orang Indonesia di Amerika Serikat)
Langsung ke: navigasi, cari
Orang Indonesia di Amerika Serikat
Jumlah populasi

63,073 pada tahun 2000[1]

Kawasan dengan populasi yang signifikan
California, Colorado, New York, Amerika Serikat Timur Laut & Amerika Serikat Barat
Bahasa
Inggris Amerika, Bahasa Indonesia
Agama
Kristen, Islam, dll.

Orang Indonesia di Amerika Serikat adalah orang Indonesia multietnis yang datang ke Amerika. Keturunan orang ini sudah mencapai kelompok ke 15 dari semua kelompok orang asia ketika dihitung pada sensus Amerika Serikat pada tahun 2000. Sensus ini juga mengatakan bahwa sudah ada 63,073 orang Indonesia tinggal di Amerika Serikat.

Sejarah Imigran[sunting | sunting sumber]

Orang Indonesia datang ke Amerika Serikat pada tahun pertangahan 1950 sebagai Pelajar Internasional, Pelajar ini datang ke Amerika Serikat dari Universitas Indonesia untuk melanjutkan fakultas kedokteran di Universitas California, Berkeley. Orang Indonesia datang ke Amerika Serikat menambah pada tahun 1965 karena Immigration and Nationality Act of 1965 yang membuka pintu untuk imigran Asia datang ke Amerika Serikat. Di antara 1980 ke 1990 orang Indonesia di Amerika Serikat bertambah tiga kali lipat mencapai 30,085 orang, Hampir seluruhnya tinggal di California Selatan. Pada tahun 2000, 20,710 orang tinggal di daerah ini.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Suku[sunting | sunting sumber]

Orang Indonesia yang pertama pindah ke California Selatan adalah orang Eropa-Indonesia. Tetapi orang Indonesia yang datang ke Amerika Serikat pada tahun 1960 adalah orang Tionghoa-Indonesia. Perkiraaan yang tidak resmi mengatakan bahwa 60% orang Indonesia yang tinggal di California Selatan adalah orang Tionghoa-Indonesia. Sekarang di Amerika Serikat sudah banyak suku Indonesia seperti suku Batak dan suku Jawa tinggal di Amerika.

Agama[sunting | sunting sumber]

Banyak orang Indonesia di Amerika Serikat beragama Kristen dan sebagian lagi beragama Islam. Gereja pertama di Amerika Serikat adalah gereja Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh didirikan di Glendale, California pada tahun 1972 dengan jemaat Eropa-Indonesia. Gereja kedua adalah Gereja Baptis dimulai oleh pendeta Cina dan jemaat Cina. Pada tahun 1988 sudah terdidri 14 gereja protestan indonesia, 10 tahun kemudian 41 gereja sudah berdiri, dari semua gereja ini 2 gereka Katolik dan tiga resmi gereja HKBP yang berdiri di California, Colorado & New York.

Media[sunting | sunting sumber]

Orang Indonesia telah mendirikan sejumlah publikasi di California. Media yang pertama adalah Journal Indonesia, didirikan pada tahun 1988, dan diterbitkan dalam bahasa Indonesia. Meida lain termasuk Loma Linda berbasis Aktual Berita Indonesia (didirikan 1996, juga di Indonesia), dan berbasis Glendora Indonesia Media (didirikan 1998). Los Angeles berbasis bulanan Surat The Indonesia memiliki sirkulasi terbesar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]