Sehat Sutardja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sehat Sutardja
Sehat Sutardja di Jakarta pada 13 Juni 2011
Lahir1961
Indonesia Jakarta
Tempat tinggalAmerika Serikat Amerika Serikat
KebangsaanIndonesia Indonesia
AlmamaterUniversitas Negeri Iowa
Universitas California, Berkeley
PekerjaanPengusaha
Dikenal atasCEO Marvell Technology Group
Suami/istriWeili Dai
KerabatPantas Sutardja
(saudara)

Sehat Sutardja (lahir di Jakarta, Indonesia, 1961) adalah seorang pengusaha Indonesia dari etnis Tionghoa-Indonesia. Ia merupakan pendiri pendamping Marvell Technology Group dan menjadi presiden, pemimpin eksekutif sejak 1995. Ia juga menjadi presiden, pemimpin eksekutif, dan direktur pada perusahaan semikonduktor Marvell. Kariernya dimulai dari tahun 1989 hingga 1995 ketika menduduki manajer dan pemimpin teknis proyek 8x8.

Awalnya, ia hanya bercita-cita menjadi montir radio. Sehat Sutardja menamatkan pendidikan menengahnya di Kolese Kanisius dan lulus pada tahun 1980. Kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika Serikat dan meraih sarjana sains di teknik elektrik dari Universitas Negeri Iowa. Ia juga menjalani pendidikan pascasarjana Master of Science (M.Sc) dan Ph.D dalam bidang teknik elektrik dan ilmu komputer dari Universitas California, Berkeley.

Marvell Technology Group yang didirikan oleh Sehat Sutardja beserta istri dan saudaranya merupakan perusahaan semikonduktor terbaik ketiga di dunia. Pada 2007, majalah Forbes memasukkan Sehat Sutardja sebagai 10 orang terkaya di Amerika Serikat.

Ia menikahi Weili Dai, dan merupakan saudara dari Pantas Sutardja, yang juga turut mendirikan Marvell.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kompas, Minggu 19 Juni 2011. "Sehat Sutardja dalam Peta Dunia".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]