Museum Popa Eyato

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Popa Eyato
Didirikan2020
LokasiProvinsi Gorontalo
JenisMuseum
Situs webhttps://museum.co.id/directory-museum/listing/museum-popa-eyato/#google_vignette

Museum Popa Eyato merupakan satu-satunya museum yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah di Provinsi Gorontalo. Mulai dari foto-foto peninggalan masa penjajahan, berbagai alat rumah tangga kuno, berbagai jenis senjata tajam, seperti tombak, parang dan badik, hingga bendera merah putih yang pertama yang dikibarkan, saat upacara kemerdekaan Gorontalo 23 Januari 1942.[1]

Sejak diresmikan awal tahun ini, Museum Popa Eyato Provinsi Gorontalo ternyata hanya memajang 13 dari 78 koleksinya.[2] Koleksi yang dipamerkan meliputi 10 jenis etnografika, 2 buah jenis historika dan 1 buah koleksi tanpa keterangan, namun diperkirakan jenis etnografika.

Museum yang berdiri tidak jauh dari Kantor Gubernur Gorontalo ini, hingga memasuki tahun 2020 kondisinya terbilang masih jauh dari harapan, jika dibandingkan dengan museum pada umumnya. Jumlah koleksi museum ini hanya 300 benda sejarah. Yang jika dilihat sekilas bukan lagi asli, tapi hanyalah duplikat saja.

Museum Purbakala Popa Eyato Provinsi Gorontalo tidak hanya memajang koleksi benda purbakala. Kini di tempat ini juga secara proaktif menjadi sarana pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar.[3]

Tawaran belajar di museum ini sangat diminati pelajar Gorontalo, sejumlah sekolah berkunjung ke lokasi ini untuk mempelajari kebudayaan dan kesenian melalui program edukasi yang menggunakan pengalaman Nyata Belajar di Museum untuk siswa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Museum Sejarah Gorontalo, Koleksi Peninggalan Masih Sangat Minim". Mimoza TV. 2017-08-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-04-12. Diakses tanggal 2020-04-12. 
  2. ^ Asdhiana, I Made (ed.). "Museum Gorontalo Minim Koleksi". Kompas.com. Diakses tanggal 2020-04-12. 
  3. ^ "GenPI.co". GenPI.co. 2019-08-20. Diakses tanggal 2020-04-12.