Monstrans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah Monstrans "solar" tradisional.

Monstrans adalah wadah yang digunakan Gereja Katolik, Gereja Katolik Lama, dan Gereja Anglikan untuk memajang Hosti Ekaristi yang sudah dikonsekrasi dalam upacara Adorasi Ekaristi atau Pemberkatan Sakramen Maha Kudus. Diciptakan pada abad pertengahan untuk memajang relikui-relikui di depan umum, monstrans kini biasanya dikhususkan sebagai wadah Hosti. Kata monstrans berasal dari kata Latin monstrare, artinya "memperlihatkan" atau "mempertunjukkan". Dalam Bahasa Latin monstrans disebut ostensorium (dari kata ostendere, "memperlihatkan"). Dalam Gereja Anglikan, monstrans disebut monstre atau monstral.

Monstrans dalam konteks liturgi[sunting | sunting sumber]

Dalam tradisi Katolik, pada saat konsekrasi unsur-unsur (disebut "persembahan" untuk tujuan liturgi) ditransformasi (secara harafiah ditransubstansi) menjadi Tubuh dan Darah Kristus. Menurut doktrin Gereja Katolik, unsur-unsur tersebut tidak hanya ditransformasi secara rohani, melainkan juga (secara substansi) ditransformasi menjadi Tubuh dan Darah Kristus. Unsur-unsur tersebut mempertahankan tampilannya atau "aksiden" dari roti dan anggur, namun adalah Tubuh dan Darah Kristus. Inilah yang dimaksud dengan Kehadiran Sejati; kehadiran Yesus dalam Ekaristi. Karena adanya keyakinan ini, unsur-unsur yang telah dikonsekrasi diberi puja-bakti yang ditujukan umat Kristiani kepada Kristus.

Karena umat Katolik percaya bahwa Kristus hadir secara substantif dalam Ekaristi, sakramen Ekaristi yang tersimpan menjadi titik pusat devosi religius. Dalam Adorasi Ekaristi, selebran memajang sakramen di dalam monstrans, lazimnya di letakkan di atas altar. Jika tidak dipajang, sakramen tersebut dikunci dalam tabernakel.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]