Aspergilum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah aspergilum berbentuk lubang pada ujung sebuah tongkat pendek.

Aspergilum, (berasal dari bahasa Latin “aspergere” yang berarti “mereciki”), adalah sebatang tongkat pendek, di ujungnya terdapat sebuah bola logam yang berlubang-lubang, dipergunakan untuk merecikkan air suci pada orang atau benda dalam Asperges dan pemberkatan. Bejana Air Suci adalah wadah yang dipergunakan untuk menampung air suci; ke dalamnya aspergilum dicelupkan.

Sebuah aspergilum adalah alat yang digunakan dalam upacara liturgi pemercikkan air suci. Secara umum ada dua jenis aspergilum:

  • Sikat yang dicelupkan di dalam air dan dicipratkan.
  • Bola berlubang pada ujung sebuah tongkat pendek. Ada yang memiliki spons atau penyimpanan internal yang mengeluarkan air ketika terguncang, sementara yang lain secara periodik harus dicelupkan ke dalam sebuah aspersorium.

Sebuah aspergilum digunakan di agama Katolik Roma dan Anglikan, termasuk ritus Pembaptisan dan selama musim Paskah. Selain itu, seorang imam akan menggunakan aspergilum untuk memberkati daun palma dalam misa minggu palma. Pada misa requiem, aspergilum digunakan untuk memerciki peti mati. Dalam pemberkatan rumah aspergilum digunakan untuk pemercikan setiap ruangan rumah.


Referensi[sunting | sunting sumber]