Micheon dari Goguryeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Micheon dari Goguryeo (wafat tahun 331, memerintah tahun 300-331) merupakan raja kelima belas kerajaan Goguryeo, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Ia memerintah dari tahun 300 hingga tahun 331.

Micheon dari Goguryeo
Hangeul 미천왕 atau 호양왕
Hanja 美川王, 好壤王
Alih Aksara yang Disempurnakan Micheon-wang atau Hoyang-wang
McCune–Reischauer Mich'ŏn-wang
Nama lahir
Hangeul 고을불 atau 을불리 atau 우불
Hanja 高乙弗 atau 乙弗利 atau 憂弗
Alih Aksara yang Disempurnakan Go Eul-bul atau Eulbulli atau U-bul
McCune–Reischauer Ko Ŭlbul atau Ŭlbulli atau Ubul

Latar Belakang & Naik Tahta[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan cucu Raja ke-13 Seocheon, dan putra gochuga Go Dol-go, yang dibunuh oleh abangnya, raja keempat belas Bongsang.

Micheon hidup bersembunyi sebagai pelayan dan pedagang garam, tetapi ditunjuk sebagai raja setelah Bongsang digulingkan oleh para pejabat istana. Hikayat dari kehidupan Micheon selama dalam persembunyian dicatat di dalam riwayat Samguk Sagi. Ia diceritakan menjadi pelayan dari pemimpin lokal, dan dibuat untuk melempar batu ke dalam kolam pada malam hari, untuk menjaga katak supaya tenang. Dia melarikan diri dan bertemu dengan seorang pedagang garam, dan menghadapi banyak penderitaan ketika berdagang garam.

Sementara itu, Raja Bongsang menjadi semakin tidak populer, dan para pejabat istana, dipimpin oleh Perdana Menteri Chang Jo-Ri, melakukan sebuah kudeta untuk menggulingkan Raja Bongsang, dan menempatkan Raja Micheon ke atas tahta.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Micheon meningkatkan kekuatan pasukan Goguryeo menjadi sangat besar. Selama disintegrasi Cina, Dinasti Jin, ia mengembangkan perbatasan Goguryeo ke Semenanjung Liaodong dan komando Cina. Kampanye militernya yang pertama pada tahun 302, melawan Komando Xuantu. Ia menganeksasi komando Lelang pada tahun 313 dan komando Daifang pada tahun 314 setelah menyerbu Seoanpyeong di Liaodong.

Pada masa pemerintahannya, Goguryeo menghadapi peningkatan pengaruh Xianbei di barat, terutama serangan mendadak Murong Bu ke Liaodong. Micheon bersekutu dengan suku Xianbei lainnya melawan Murongbu, tapi serangan mereka tidak berhasil. Pada tahun 319, Jenderal Goguryeo, Yeo Noja ditangkap dan ditawan oleh Murongbu. Selama periode tersebut, Goguryeo dan Murongbu saling menyerang satu sama lainnya di Liaodong, tapi tidak ada yang berhasil mendapatkan kemenangan abadi.

Kematian & Akibat[sunting | sunting sumber]

Micheon wafat dan dimakamkan pada tahun 331 di Micheon-won. Dua belas tahun kemudian pada masa pemerintahan Raja Gogugwon, makamnya digali oleh Yan Awal, dan menjadikannya sebagai tebusan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]