Sansang dari Goguryeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sansang dari Goguryeo (? - 227, bertahta tahun 197 - 227) merupakan raja kesepuluh Goguryeo, Tiga Kerajaan Korea di bagian paling utara. Ia merupakan putra ketiga raja kedelapan, Sindae dan adik dari raja kesembilan, Gogukcheon, yang wafat tanpa keturunan.

Sansang dari Goguryeo
Hangeul 산상왕
Hanja 山上王
Alih Aksara yang Disempurnakan Sansang-wang
McCune–Reischauer Sansang-wang
Nama lahir
Hangeul 고연우 or 이이모
Hanja 高延優 or 伊夷模
Alih Aksara yang Disempurnakan Go Yeon-u or I-imo
McCune–Reischauer Ko Yŏnu or Iimo

Latar Belakang & Tahta[sunting | sunting sumber]

Atas kematian Gogukcheon, ratunya Lady U mendukung klaim Sansang dan menempatkannya ke atas tahta. Ia kemudian menajdi ratu Sansang. Ini menunjukkan bahwa tradisi pernikahan turun ranjang masih di praktekkan di Goguryeo, namun juga mendemonstrasikan kekuasaan Lady U di istana.

Balgi, kakanda Sansang, memimpin pemberontakan dan menyerang ibukota. Sansang memiliki seorang adik lelaki, Gyesu, yang meredakan pemberontakan tersebut, dan Balgi kemudian bunuh diri. Sansang kemudian menyerang Dinasti Han, Cina yang mendukung pemberontakan itu. Pada tahun 209, ia dikabarkan memindahkan ibukota ke Jian, meskipun beberapa pelajar mempertanyakan tanggalnya. Pada tahun 217, ia menjamin para pengungsi kepada ribuan keluarga dari daerah Liaodong.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan lunar kesebelas pada tahun 208, raja mengejar seekor babi hutan untuk kurban ke desa Jutongchon, dimana ia bertemu dengan seorang wanita muda dan menginap selama satu malam disana. Ratu mendengar kabar itu dan berusaha untuk membunuh wanita tersebut, akan tetapi usahanya tidak berhasil. Wanita itu melahirkan seorang putra dan dijadikan sebagai ratu kedua. Anak lelakinya dijadikan putra mahkota pada tahun 213 dan kemudian menjadi Raja Dongcheon.

Sansang wafat pada tahun 227, pada ketiga puluh satu tahun masa pemerintahannya, dan dimakamkan di Sansang-neung.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]