Seocheon dari Goguryeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Seocheon dari Goguryeo (meninggal tahun 292, bertakhta 270–292) merupakan raja ke-13 Goguryeo, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea di bagian yang paling utara. Ia merupakan putra kedua Raja Jungcheon, dan yang diangkat sebagai Putra Mahkota pada tahun 255. Ia naik takhta setelah kematian ayahandanya pada tahun 270. Pada bulan lunar pertama tahun 271, ia menikahi Usu, putri Daesaja dari Seo-bu, dan menjadi ratunya.

Seocheon dari Goguryeo
Hangul
서천왕, 서양왕
Hanja
西川王, 西壤王
Alih AksaraSeocheon-wang, Seoyang-wang
McCune–ReischauerSŏch'ŏn-wang
Nama lahir
Hangul
고약로, 약우
Hanja
高藥盧, 若友
Alih AksaraGo Yak-ro, Yak-u
McCune–ReischauerKo Yangno


Pada tahun 280, suku Sushen menyerang dan raja mengirim adik lelakinya, Go Dal-ga untuk menangkis serangan mereka. Dal-ga merebut Dallo-seong dan membunuh pemimpinnya. Ia lalu memindahkan sebanyak 600 keluarga Sushen ke bagian selatan wilayah Buyeo. Raja Seocheon mengangkat Dal-ga sebagai Pangeran Kedamaian Nasional (Anguk-gun) dan memberinya kekuasaan atas prajurit, dan juga sebagai pemimpin Sushen, suku Yangmaek.

Pada tahun 286, adik lelaki Seocheon, Go Il-u dan Go So-bal memimpin pemberontakan, akan tetapi dapat digagalkan dan mereka dieksekusi.

Raja Seocheon meninggal pada tahun 292, setelah memerintah selama 23 tahun. Ia dimakamkan di Seocheonwon, dan menerima nama Anumerta "Seocheon."

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Seocheon dari Goguryeo
Meninggal: 292
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Jungcheon
Raja Goguryeo
270–292
Diteruskan oleh:
Bongsang
Hanya gelar saja
Didahului oleh:
Jungcheon
— TITULER —
Raja Korea
270–292
Alasan kegagalan suksesi:
Tiga Kerajaan Korea
Diteruskan oleh:
Bongsang