Komander Lelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Komander Lelang
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional: 樂浪郡
Hanzi sederhana: 乐浪郡
Nama Korea
Hangul: 낙랑군
(DPRK: 락랑군)
Hanja: 樂浪郡

Lelang merupakan satu dari empat komander yang didirikan setelah Gojoseon runtuh pada tahun 108 SM sampai Goguryeo menguasainya pada tahun 313 M.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 108 SM Kaisar Wu dari Dinasti Han menguasai area dibawah Ugeo, cucu Wiman. Kaisar mendirikan Lelang, Lintun, Xuantu dan Zhenfan, dikenal sebagai Empat Komander Han di Semenanjung Liaodong atau wilayah Korea bagian utara. Di dalam Buku Han tercatat bahwa Lelang milik Youzhou, berlokasi di barat laut Gojoseon terdiri dari 25 prefektur, 62,812 rumah tangga, dan populasi sebanyak 406,748.[1] Ibukotanya berlokasi di dekat P'yŏngyang. (Rangrang 樂浪/락랑 merupakan sebuah distrik di pusat P'yŏngyang sekarang diperdebatkan.)

Setelah Kaisar Wu wafat, Zhenfan dan Lintun dihapuskan dan Xuantu dipindahkan ke Liaodong. Beberapa prefektur dari komander-komander yang dihapuskan digabungkan ke dalam Lelang. Lelang setelah konsolidasi kadang-kadang disebut "Komander Lelang Besar". Karena Lelang menjadi terlalu besar sebagai sebuah komander, Pembela Bagian Selatan (南部都尉) didirikan untuk memerintah tujuh prefektur yang dulunya milik Zhenfan. Sebelum itu, Pembela Bagian Timur (東部都尉) ditempatkan untuk memerintah tujuh prefektur Lintun.

Masuknya para imigran terutama dari Yan (Hebei) dan Qi, propinsi (Shandong), berlanjut tanpa henti, menanamkan budaya Cina ke dalam area bekas Gojoseon. Bangsa Yan datang dari area Yan, disekitar yang sekarang Beijing, via Liaodong; dan bangsa Qi datang menyeberangi Laut Kuning. Di antara mereka adalah klan Wang, yang leluhurnya konon melarikan diri dari sana ke Qi pada abad ke-2 SM, menjadi berkuasa. Diperkirakan bahwa bangsa Cina Lelang berbicara dengan dialek Yan.

Ketika Dinasti Han di ambil alih oleh Wang Mang, Cina menjadi porak poranda. Wang Tiao (王調) melancarkan pemberontakan dan mencoba untuk memisahkan diri dari Cina. Pada tahun 30 M pemberontakan itu dihentikan oleh Wang Zun (王遵), yang mana Kaisar Guangwu ditunjuk sebagai gubernurnya. Lelang berada langsung di bawah pimpinan Cina sekali lagi. Namun, kurangnya sumber daya manusia yang disebabkan oleh kekacauan mengakibatkan tujuh prefektur timur dihapuskan. Administrasi ditinggalkan kepada bangsa pribumi Hui (濊), yang para ketuanya ditunjuk sebagai marquisate.

Pada akhir Dinasti Han Timur, Gongsun Du, ditunjuk sebagai Gubernur Liaodong pada tahun 184, mengembangkan domein semi-independennya ke komander Lelang dan Xuantu. Putranya Gongsun Kang memisahkan setengah selatan dari komander Lelang dan mendirikan Komander Daifang pada tahun 204. Sebagai akibatnya, komander Lelang kembali ke ukurannya semula.

Pada tahun 236 dibawah perintah Kaisar Ming, Cao Wei, Sima Yi menghancurkan keluarga Gongsun dan menganeksasi Liaodong, Lelang dan Daifang ke Wei. Lelang diwariskan oleh Dinasti Jin. Karena perang saudara yang pahit, Jin jadi tidak mampu mengontrol Semenanjung Korea pada awal abad ke-4. Zhang Tong (張統) memisahkan diri dari Jin di Lelang dan Daifang. Setelah Luoyang, ibukota Jin, dikuasai oleh Xiongnu pada tahun 311, ia pergi mencari pertolongan dari Murong Hui, seorang panglima perang Xianbei, dengan para pengikutnya. Murong Hui menaruh komander Lelang kecil yang lain di Liaodong. Lelang Awal kemudian dianeksasi oleh Goguryeo.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 前漢書卷二十八地理志第八 "樂浪郡,武帝元封三年開。莽曰樂鮮。屬幽州。戶六萬二千八百一十二,口四十萬六千七百四十八。有雲鄣。縣二十五:朝鮮,讑邯,浿水,水西至增地入海。" Wikisource: the Book of Han, volume 28-2

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]