Komander Xuantu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Komander-komander dan kerajaan-kerajaan Dinasti Han, pada tahun 2 M

Komander Xuantu (Chinese:) merupakan salah satu dari empat komander (distrik administratif) di bagian timur laut Cina. Didirikan pada tahun 107 SM setelah Dinasti Han menguasai Wiman Joseon.

Pada tahun 82 SM, Dinasti Han mengganti unit-unit administratif komander-komander tersebut, dan pemerintahan dari Komander Xuantu pindah ke Prefektur Gaogouli. Saat itu terdapat tiga kabupaten di dalam Komander Xuantu: Gaogouli, Shangyintai (上殷台) dan Xigaima (西蓋馬)[1].

Di dalam catatan Buku Han terdapat 45,006 rumah tangga dengan populasi sebanyak 221,845 di dalam Komander Xuantu.[2]

Wilayah administrasi secara bertahap menyusut ke barat. Wilayah Laut Biru (Laut Jepang, pasangan Laut Kuning) dikalahkan pada tahun 75 SM dengan tekanan dari Goguryeo. Han Akhir kehilangan wilayah asli Koridor Xuantu dan mundur ke Semenanjung Liaodong pada tahun 107 SM.

Pada tahun 238, Sima Yi menguasai Gongsun Yuan di dalam kampanye militernya melawan Liaodong, dan pada saat itu terdapat empat kabupaten di dalam Komander Xuantu: Gaogouli (高句麗), Gaoxian (高顯), Liaoyang (遼陽), dan Wangping (望平). Goguryeo meningkatkan kekuasaannya dan menguasai komander tersebut pada tahun 302 M.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 《漢書·地理志》:“玄菟郡......, 縣三:高句驪、上殷台、西蓋馬”
  2. ^ 玄菟郡......, 戶四萬五千六。口二十二萬一千八百四十五。Wikisource: the Book of Han, volume 28-2