Wiman Joseon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Wiman Joseon (194 - 108 SM) merupakan bagian dari Gojoseon pada periode (2333 SM - 108 SM) dari Sejarah Korea. Dimulai dengan Wimanyang merebut tahta dari Raja Gojoseon, Jun dan diakhiri dengan kematian Raja Ugeo yang merupakan cucu Wiman.

Wiman Joseon
Hangeul 위만조선
Hanja 衛滿朝鮮
Alih Aksara yang Disempurnakan Wiman Joseon
McCune–Reischauer Wiman Chosŏn

Mendirikan[sunting | sunting sumber]

Goguryeo tomb mural.jpgSejarah Korea

Prasejarah
 Zaman Jeulmun
 Zaman Mumun
Gojoseon
 Jin
Proto Tiga Kerajaan:
 Buyeo, Okjeo, Dongye
 Samhan: Ma, Byeon, Jin
Tiga Kerajaan:
 Goguryeo
 Baekje
 Silla
 Gaya
Zaman Negara Utara-Selatan:
 Silla Bersatu
 Balhae
 Tiga Kerajaan Akhir:
 Taebong, Hubaekje
Goryeo
Joseon
Kekaisaran Han
Penjajahan Jepang
 Pemerintahan Sementara
Pembagian Korea
Korea Utara, Korea Selatan
 Perang Korea

Portal Korea

Wiman konon merupakan seorang jenderal dari negara Yan, yang takluk kepada Raja Gojoseon, Jun. Jun menerima dan menunjuk Wiman sebagai komandan perbatasan daerah bagian barat Gojoseon, yang korespon dengan bagian barat sekarang adalah Liaoning. Walapun dengan kemurahan hati yang telah didemonstrasikan oleh Raja Jun, Wiman memberontak dan menghancurkan Gojoseon. Pada tahun 194 SM, ia mendirikan Wiman Joseon dan memutuskan ibukotanya di Wanggeom-seong (왕검성, 王險城). Shihchi jijie mengatakan bahwa Wanggeom-seong adalah Pyongyang city[1]. Lokasi Wanggeom-seong yang sebenarnya tetap tidak dapat dipastikan, dikarenakan tidak memiliki bukti arkeologi yang cukup.

Pada periode ini, Wiman Joseon mengembangkan kontrol ke wilayah yang luas dan menjadi kuat secara ekonomi dengan mengontrol perdagangan antara Cina Dinasti Han dan berbagai negara di Manchuria. Kaisar Wu dari Han menganggap bahwa Wiman Joseon adalah sebuah ancaman yang tambah berbahaya mengancam Han di Cina, dan Wiman Joseon akan bersekutu dengan Xiongnu.

Kehancuran[sunting | sunting sumber]

Cucu Wiman, Raja Ugeo (우거,右渠), mengijinkan banyak orang buangan dari Han Cina tinggal di Wiman Joseon. Jumlah dan bangsa Han berkembang, namun Raja Ugeo mencegah negara Jin berkomunikasi dengan Dinasti Han. Sebagai akibatnya, pada tahun 109 SM, Wudi dari Cina menyerang Wiman Joseon dekat Sungai Luan. Setelah gagal selama beberapa kali untuk mengalahkan pasukan Wiman Joseon, Han Wudi mencoba untuk meyakinkan para pangeran Wiman Joseon untuk membunuh Raja Ugeo [2]. Konspirasi tersebut gagal dan hal ini memimpin kehancuran dari kerajaan Gojoseon. Setelah perang, Wudi dari Han Cina mengeksekusi 2 orang jenderalnya untuk membayar kegagalan mereka dalam mengalahkan Wiman Joseon. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai perang Wiman Joseon dan Han Cina, lihat otoritatif buku sejarah Cina Shiji (Chapter 115) oleh Sima Qian.

Setelah setahun berperang, Wanggeom-seong ditawan dan Wiman Joseon dihancurkan. Han Cina mendirikan Empat Komander Han di atas area yang direbut, yang korespon dengan yang sekarang adalah Korea Utara, dan timur Liaoning. Komander tersebut akhirnya hancur oleh kemunculan Goguryeo. Beberapa negara dibentuk di tempatnya itu sendiri. Di antara mereka adalah Negara Nangnang. Negara Nangnang harus dibedakan dari komander Lelang[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shihchi jijie(史記集解), Chapter 115 Records of Joseon[1]
  2. ^ §µªZ¥»¬ö²Ä¤Q¤G
  3. ^ New History of Korea. Written by Lee Hyun Hee, Park Sung Soo, Yoon Nae Hyun, published by Jimundang, Published year 2005

4. Yap, Joseph P. Chapter 5. 109 BCE. "Wars With The Xiongnu, A Translation From Zizhi tongjian" AuthorHouse (2009) ISBN 978-1-4490-0604-4

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pemimpin Wiman Joseon[sunting | sunting sumber]

# Name Periode memerintah
Westernized Hangul/Hanja
1 Wi Man 위만
衛滿
194-? SM
2 Unknown
(Putra Wi Man)
Unknown ?-?
3 Raja Ugeo 우거왕
右渠王
?-108 SM