Buku Han

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Edisi ukiran kayu Buku Han dari zaman Dinasti Ming, koleksi Perpustakaan Kamar Ningbo Tian Yi.

Buku Han (Hanzi tradisional: 漢書 kadang-kadang, 前漢書; bahasa Tionghoa: 汉书 atau 前汉书; Pinyin: Hànshū; Wade-Giles: Ch'ien Han Shu) adalah Sejarah Cina klasik yang selesai ditulis pada 111 M, meliputi sejarah Tiongkok di bawah pemerintahan Dinasti Han Barat sejak 206 SM s.d. 25 M. Buku ini kadang-kadang juga disebut Buku Han Awal. Buku kedua, Buku Han Akhir meliputi periode Dinasti Han Timur sejak 25 s.d. 220 M, dan disusun pada abad kelima Fan Ye (398–445). Berbagai ahli telah memperkirakan bahwa materi terawal yang dibahas dalam buku ini berasal dari masa antara 206 dan 202 SM.[1] Buku ini juga memuat penyebutan tertulis pertama dalam sejarah mengenai Jepang.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kennedy, Brian. Guo, Elizabeth. [2005] (2005). Chinese Martial Arts Training Manuals: A Historical Survey. North Atlantic Books Publishing. ISBN 1-55643-557-6


Artikel ini memuat teks berbahasa Tionghoa. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau karakter lain selain dari karakter yang dimaksud.