Pemberontakan Serban Kuning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemberontakan Sorban Kuning
Bagian dari perang Tiga Negara
Three Brothers during the Yellow Turban Rebellion.jpg
Ilustrasi dari zaman Dinasti Qing yang menunjukkan Liu Bei, Zhang Fei, dan Guan Yu sewaktu pemberontakan.
Tanggal 184205
Lokasi China
Hasil Kemenangan Han
Pihak yang terlibat
Dinasti Han pemberontak Sorban Kuning
Komandan
Kaisar Ling
He Jin
Huangfu Song
Lu Zhi
Zhu Jun
Dong Zhuo
Sun Jian
Cao Cao
Zhang Jue
Zhang Bao-
Zhang Liang-
Zhang Mancheng-
Bo Cai
Yufuluo

Pemberontakan Sorban Kuning (Hanzi: 黃巾起義;黃巾之亂, hanyu pinyin: huangjin qiyi, bahasa Inggris: Yellow Turban Rebellion) adalah sebuah pemberontakan besar yang pecah di penghujung Dinasti Han tepatnya pada tahun 184. Peristiwa ini juga menjadi cerita pembuka dari roman sejarah terkenal Kisah Tiga Negara.

Pemberontakan ini dipimpin oleh tiga bersaudara, Zhang Jiao (張角), Zhang Liang (張梁) dan Zhang Bao (張寶). Sebelumnya, Zhang Jiao hanya seorang pemimpin aliran keagamaan Taipingdao (太平道), seiring dengan bertambahnya pengikut aliran sampai ratusan ribu umat, ia kemudian menyusun rencana pemberontakan terhadap kekaisaran yang memang telah lemah itu.

Dalam pemberontakan itu, ia memerintahkan pengikutnya untuk mengikatkan sorban kuning di kepala mereka dan dari sinilah pemberontakan itu mendapat namanya. Namun, pemberontakan ini ditumpas oleh jenderal-jenderal dan penguasa daerah yang masih setia terhadap Dinasti Han. Setelah pemberontakan berhasil dipadamkan, penguasa daerah dan jenderal tadi menyusun kekuatan sendiri dan dimulailah sebuah rivalitas antar raja-raja perang yang menandai berakhirnya Dinasti Han.