Metro de Madrid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Metro de Madrid
MetroMadridLogo.png
Info
Wilayah Madrid
Jenis Angkutan cepat
Jumlah jalur 13
Jumlah stasiun 231[1]
Operasi
Dimulai 1919
Teknis
Panjang sistem 282,5 km (175,5 mi)[1]
Metro Ligero
LogoMetroLigero.png
Info
Wilayah Madrid
Jenis Angkutan cepat ringan
Jumlah jalur 3
Jumlah stasiun 38
Operasi
Dimulai 2007
Teknis
Panjang sistem 28 km (17 mi)
Pintu masuk angkutan cepat Madrid, dirancang oleh Antonio Palacios, di stasiun Tribunal

Metro de Madrid merupakan sebuah sistem angkutan cepat besar yang melayani kota Madrid. Merupakan salah satu sistem angkutan cepat terbesar di dunia, tentunya karena jumlah penduduk Madrid yang mencapai 3.5 juta (kota Madrid) hingga 6 juta (wilayah metropolitan) jiwa. Faktanya, sistem ini menjadi satu dari 10 angkutan cepat terpanjang di dunia, Madrid menempati peringkat ke-25 sebagai wilayah metropolitan terpadat di dunia. Juga salah satu sistem berkembang cepat di dunia, bersama Seoul Metro dan Beijing Subway.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jalur pertama angkutan cepat Madrid dibuka tanggal 17 Oktober 1919 di bawah arahan Compañia de Metro Alfonso XIII, dengan 8 stasiun dan panjang 3.5 km. Dibangun pada bagian sempit dan stasiunnya memiliki platform 60 m. Perbesaran jalur ini dan pembangunan dua jalur lainnya mengikuti setelah 1919. Tahun 1936, jaringan ini memiliki tiga jalur dan sebuah jalur bercabang antara stasiun kereta Opera dan Norte. Stasiun-stasiun tersebut melayani sebagai perlindungan serangan udara selama Perang Saudara Spanyol.

Setelah perang saudara, pekerjaan umum untuk memperpanjang jaringan berjalan sedikit demi sedikit. Tahun 1944 jalur keempat dibangun dan meliputi cabang jalur 2 antara Goya dan Diego de León tahun 1958, sebuah cabang yang ditujukan sebagai bagian dari jalur 4 sejak pembangunannya tetapi diakui sebagai cabang jalur 2 hingga pembangunan jalur 4.

Pada tahun 1960-an, sebuah rel pinggiran kota dibangun antara Plaza de España dan Carabanchel, menghubungkan ke jalur 2 (di stasiun Noviciado dengan gang panjang) dan 3. Sebuah jalur metro kelima dibangun juga dengan bagian sempit tetai platform sepanjang 90 m. Setelah pembukaan bagian pertama jalur 5, platform di jalur 1 diperbesar dari 60 hingga 90 m, mendekati stasiun Chamberí sejak letaknya yang dekat dengan Iglesia (kurang dari 500 m). Chamberí ditutup kemudian dan direncanakan untuk merombak stasiun untuk membangun sebuah museum.

Di awal 1970-an, jaringan ini berkembang untuk meliputi seluruh penduduk dan perbauran urban sejak naiknya ekonomi Madrid. Jalur baru direncanakan dengan platform 115 m. Jalur 4 dan 5 diperbesar juga. Tahun 1979, manajemen yang buruk membawanya kepada krisis. Pekerja yang baru masuk langsung diakhiri masa kerjanya selama 1980-an dan seluruh proyek yang tersisa dibiarkan. Setelah seluruh proyek itu, 100 km jalur rel telah selesai dan rel pinggiran kota juga menghilang sejak diperpanjang hingga Alonso Martínez dan dimasukkan ke jalur 10.

Pada awal 1990-an, pengaturan jaringan dilepaskan kepada perusahaan umum, Metro de Madrid. Proyek perpanjangan berskala besar diperkenalkan. Jalur 1, 4 dan 7 diperpanjang dan jalur 11 dibangun menuju wilayah luar Madrid. Jalur 8 dan 10 bergabung menjadi jalur 10 yang lebih panjang, sebuah jalur 8 yang baru dibangun untuk memperpanjang jaringan bawah tanah menuju bandar udara dan jalur 9 menjadi yang pertama keluar dari Madrid dan tiba di Rivas-Vaciamadrid dan Arganda del Rey, dua kota yang terletak di pinggiran tenggara Madrid.

Sebuah proyek besar di awal 2000-an meliputi pemasangan terowongan metro baru sepanjang 50 km, termasuk hubungan langsung antara pusat kota madrid (Nuevos Ministerios) dan bandara, perpanjangan (jalur 8), dan menambah layanan menuju luar kota dengan rel besar sepanjang 40 km disebut MetroSur melayani pinggiran selatan Madrid.

MetroSur, salah satu proyek teknik sipil terbesar di Eropa, dibuka tanggal 11 April 2003. Meliputi terowongan 40 km dan 28 stasiun baru, termasuk stasiun persimpangan dan stasiun tambahan di Jalur 10, yang menghubungkannya ke pusat kota dan stasiun yang menhubungkan ke jaringan kereta lokal. Pembangunannya dimulai bulan Juni 2000 dan rel tersebut selesai kurang dari tiga tahun. Rel itu menghubungkan Getafe, Móstoler, Alcorcón, Fuenlabrada, dan Leganés, lima kota di selatan Madrid.

Kebanyakan pekerjaan pemerintah provinsi Madrid dihubungkan dengan perbesaran jaingan Metro. Dalam rentang 2003-2007, Presiden Esperanza Aguirre mendanai sebuah proyek multi-milyar dolar, yang telah menambah, menggabungkan, atau memperpanjang hampir semua jalur metro. Proyek ini meliputi perpanjangan 90 km dan pembangunan 80 stasiun baru. Jaringan ini telah mengangkut rel bawah tanah ke berbagai distrik yang tidak pernah memiliki layanan Metro sebelumnya (Villaverde, Manoteras, Carabanchel Alto, La Elipa, Pinar de Chamartin) dan ke timur dan selatan (Coslada, San Fernando de Henares, Alcobendas, San Sebastián de los Reyes). Untuk pertama kalinya di Madrid, 3 jalur rel ringan antarurban dibangun menuju wilayah luar barat (Pozuelo de Alcarcón, Boadilla del Monte), ML dan ML3 (ML untuk Metro Ligero) dan menuju distrik utara Sanchinarro dan Las Tablas. Sebuah tambahan terakhir, proyek di jalur 8 menghubungkannya dengan terminal T4 baru di Bandar Udara Madrid Barajas.

Operator[sunting | sunting sumber]

Angkutan cepat ini dioperasikan oleh perusahaan pemilik, dibawah Departemen Pekerjaan Umum, Perencanaan Kota, dan Pengangkutan pemukiman otonomi di Madrid. Penyeberangan antara Puerta de Arganda (Jalur 9) dan Arganda del Rey (Jalur 9) dioperasikan oleh Transportes Ferroviarios de Madrid (TFM). Seluruh sistem angkutan cepat Madrid merupakan anggota Consorcio Regional de Transportes, yang menjual tiket bulanan untuk penggunaan tak terbatas terhadap metro, bus dan jaringan kereta komuter di wilayah yang dicakup oleh tiket itu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Madrid". Metro Bits. Diakses 2008-03-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]