Brussels Metro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Brussels Metro
Info
Wilayah Brussels
Jenis Angkutan cepat
Jumlah jalur 7
Jumlah stasiun 68
Operasi
Dimulai 1976
Operator STIB/MIVB
Teknis
Panjang sistem 40,5 km (25 mi)

Brussels Metro (bahasa Perancis: Métro de Bruxelles, bahasa Belanda: Brusselse metro) adalah sebuah sistem angkutan cepat yang melayani sebagian besar dari Wilayah Ibukota Brussels di Belgia. Sistem ini terdiri dari sebuah jaringan dengan empat jalur metro yang melayani beberapa bagian secara bercama. Metro ini memiliki jaringan sepanjang 49,9 km dan 59 stasiun. Jaringan premetro di Brussels terdiri dari dua bagian bawah tanah yang digunakan untuk jalur Brussels tram terbuka dan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat diubah menjadi jalur metro konvensional. Stasiun bawah tanah di jaringan premetro memiliki rancangan yang sama dengan stasiun metro. Sebagai tambahan terdapat sebagian kecil jalur trem bawah tanah yang masih beroperasi, yang membuat jalur menjadi sepanjang 51,9 km dengan gabungan sistem metro dan tren dengan 69 stasiun metro dan premetro pada tahun 2008.[1]

Sebagian besar jalur yang dikenal di dua jalur metro pertama (antara Stasiun metro De Brouckère dan Stasiun Schuman) diresmikan pada 17 Desember 1969 sebagai premetro[2] (bersama dengan jalur trem), dan diubah pada tahun 1976 menjadi dua jalur pertama metro secara penuh (yang dianggap sebagai satu jalur yang memiliki dua cabang) antara De Brouckère dan Tomberg dan De Brouckère dengan Beaulieu.[3] Brussels metro diatur oleh STIB/MIVB (bahasa Perancis: Société des Transports Intercommunaux de Bruxelles, bahasa Belanda: Maatschappij voor het Intercommunaal Vervoer te Brussel). Tahun 2008 Brussels metro telah digunakan oleh total sebanyak 135,5 kali perjalanan.[4] Brussels metro menjadi bagian penting dalam transportasi di Brussels, yang menghubungkan 6 stasiun kereta api milik Perusahaan Kereta Api Nasional Belgia, besama dengan bayak perhentian trem dan bus yang dioperasikan oleh STIB/MIVB bersama dengan Flanders De Lijn dan Walloon TEC.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dari Brussels metro hingga tahun 2006

STIB/MIVB didirikan pada tahun 1954. Jalur trem bawah tanah pertama (atau premetro) dibangun antara tahun 1965 dan 1969; yang berjalan dari Schuman hingga De Brouckère. Pada tahun 1970 jalur kedua dibuka, antara Madou dan Porte de Namur/Naamsepoort. Sebuah stasiun bawah tanah di Diamant dibuka pada tahun 1972 dan jalur "cincin luar" diperpanjang dari Diamant hingga Boileau pada tahun 1975. Sejak saat itu, bagian jalur trem bawah tanah ini tidak dikembangkan lebih lanjut. Saat ini jalur ini digunakan untuk trem jalur 23, 24 dan 25. Rogier station diresmikan pada tahun 1974.

Pada 20 September 1976, jalur metro pertama diresmikan. Salah satu cabang berjalan dari De Brouckère menuju Beaulieu (di Auderghem), dan yang satu menghubungkan De Brouckère dengan Tomberg (di Woluwe-Saint-Lambert). Pada tahun yang sama, Jalur Utara Selatan (premetro) dibuka antara Stasiun Utara dan Lemonnier. Pada tahun 1977 dua stasiun baru dibangun: Sainte-Catherine/Sint-Katelijne yang menggantikan De Brouckère sebagai perhentian terakhir di wilayah kota Brussels, dan Demey yang menggantikan Beaulieu sebagai perhentian terakhir di cabang selatan.

Langkah berikutnya dalam pengembangan metro adalah pembukaan tiga stasiun metro di Molenbeek-Saint-Jean (bernama Beekkant, titik akhir baru bagi jalur metro, Etangs Noirs/Zwarte Vijvers dan Comte de Flandre/Graaf van Vlaanderen). pada tahun 1982, jalur 1 dipisah menjadi dua jalur yang berbeda: jalur 1A yang berjalan dari Bockstael (di Laeken, bekas kota yang bergabung dengan Brussels) menuju Demey (Auderghem) dan jalur 1B yng berjalan dari Saint-Guidon/Sint-Guido (di Anderlecht) menuju Alma (di kampus Université catholique de Louvain di Woluwe-Saint-Lambert). Tiga tahun kemudian jalur 1A diperpanjang menuju Heysel (di dekat situs 1958 World Fair dan Stasion Heysel) di satu titik dan menuju Herrmann-Debroux dititik akhir lainnya. Pada tahun tersebut juga terjadi pembukaan stasiun Veeweyde pada jalur 1B, bersama dengan Louise/Louiza di jalru premetro yang digali di bawah lingkar kecil (dari Louise/Louiza menuju Rogier).

Jalur ini diperpanjang menuju Simonis pada tahun berikutnya dan secara resmi dibuka sebagai sebuah sistem metro pada tahun 1988, dengan nama jalur 2, yang berjalan dari Simonis menuju Stasiun Selatan. Stasiun Kraainem/Crainhem dan Stockel/Stokkel juga diresmukan pada tahun 1988 pada jalur 1B. DI titik akhir dari jalur ini, Stasiun Bizet dibuka pada tahun 1992. Kemudian jalur 2 diperpanjang hingga mencapai Clemenceau pada tahun 1993. Bagian premetro yang dikenal sebagai jalur Utara-Selatan, kadang pula disebut Jalur 3, juga diperpanjang hingga Albert pada tahun tersebut bersama dengan 5 stasiun premetro (Stasiun Selatan, Porte de Hal/Hallepoort, Parvis de Saint-Gilles/Sint-Gillis Voorplein, Horta dan Albert).

Pada tahun 1998 sebuah stasiun baru dibuka di Roi Baudouin/King Boudewijn (Brussels, jalur 1A). Empat stasiun baru diresmikan pada tahun 20003 pada jalur 1B: La Roue/Het Rad, CERIA/COOVI, Eddy Merckx dan Erasme/Erasmus. Dengan peresmian stasiun baru Delacroix pada September 2006, jalur 2 diperpanjang hingga melewati Clemenceau. Perpanjangan lebih lanjut menuju Gare de l'Ouest/Stasiun Barat pada April 2009 menutup jalur lingkar dari jalur 2 dan memulai restrukturisasi besar sari layanan metro.

Jalur dan stasiun[sunting | sunting sumber]

Kereta api Brussels metro di stasiun Rogier

SIstem metro ini memiliki 4 jalur metro konvensional. Pada tahun 2008, terdapat 59 stasiun dalam jaringan metro (tidak termasuk premetro). Sebagian besar stasiun berada di bawah tanah meskipun beberapa stasiun di jalur 5 dan 6 berada di permukaan tanah. Pada 4 April 2009, hubungan antara Gare de l'Ouest/Stasiun Barat yang memungkinkan jalur 2 membentuk jalur lingkat mulai beroperasi. Sebagai konsekuensinya, jaringan metro secara signifikan direorganisasi. Rencana pengembangan untuk perubahan ini dan segala sesuatu yang berhubungan dengan jaringan bus dan trem disetujui dewan Wilayah Ibukota Brussels pada bulan Juli 2005.

Pada 4 April 2009, empat jalur tersebut adalah:

  • Jalur 1 berjalan dari Gare de l'Ouest/Stasiun barat dari bagian barat Brussels hingga Stockel/Stokkel di ujung timur (bagian ini sebelumnya menjadi bagian dari jalur 1B);
  • Jalur 2 adalah sebuah jalur lingkar yang berawal dan berakhir di Simonis melalui bagian timur dari jalan lngkar kecil (Bagian ini merupakan perpanjangan dari bekas jalur 2 dari Delacroix mengarah ke utara menuju Simonis);
  • Jalur 5 berjalan dari Erasme/Erasmus di bagian barat daya Brussels menuju Herrmann-Debroux di bagian tenggara (bagian ini merupakan gabungan dari bekas jalur 1A dan 1B);
  • Jalur 6 berjalan dari Roi Baudouin/Koning Boudewijn di bagian barat laut Brussels menuju Simonis (termasuk jalur lingkar di jalur 2 yang baru diperpanjang; menjadi gabungan dari jalur 2 lama, koneksi baru, dan cabang dari jalur 1A lama).


Jalur 3 dan Jalur 4 sebenarnya merupakan jalur trem yang menggunakan terowongan utara-selatan yang melintasi pusat kota dari Stasiun Kereta Api Brussels Utara menuju Stasiun Kereta Api Brussels Selatan dan lebih lanjut hingga Stasiun premetro Albert. Jalur 3 berjalan dari perhentian Churchill di selatan Brussels menuju perhentian Esplanade di ujung utara Brussels. Jalur 4 bjalan dari Stasiun Kereta Api Brussels Utara menuju parkir mobil Stalle di ujung selatan.

Jalur 7 merupakan jalur utama bagi cincin besar Brussels, menggantikan rute Trem 23 dan Trem 24 pada 14 Maret 2011. Rute ini melayani Heysel/Heizel, berjalan di bawah Laeken Parc dan kemudian melalui seluruh bagian cincin menuju terminus dari Jalur 3 dan berhenti di stasiun berikutnya di Vanderkindere yang menawarkan layanan menuju jalur trem 3, 4 dan 92.

Jalur 1 (M) Jalur 2 (M) Jalur 3 (T)
  • Esplanade
  • Churchill
Line 4 (T) Line 5 (M) Line 6 (M)
Line 7 (T)

Tiket[sunting | sunting sumber]

MoBIB adalah kartu pintar bagi STIB/MIVB, yang diperkenalkan tahun 2007. Sistem ini menggunakan teknologi bebas kontak yang berbasis dari sistem Calypso. Sistem ini sebanding dengan London Oyster card. Seluruh stasiun metro, bus, dan trem sekarang dilengkapi dengan pembaca. Saat ini, tersedia layanan tiket bulanan, tahunan, 1 kali, dan 10 kali perjalanan dan tiket harian dan 3 hari. Dari semua tiket tersebut, hanya tiket tahunan yang dapat dibeli melalui internet. Selain itu terdapat mesin penyedia tiket yang hanya menerima koin dan kartu debit lokal.

Masa depan[sunting | sunting sumber]

STIB berencana membuat jalur 1 dan 5 otomatis sepenuhnya pada tahun 2016. [5] Pemerintah Brussels telah memerintahkan pembuatan jalur metro baru dari Stasiun kereta api Brussels-Utara menuju Schaerbeek. Tahap awal direncanakan selesai pada tahun 2018 dan akan berhenti di Verbroeckoven. Pembangunan akan dimulai pada tahun 2012. Pengembangan lebih lanjut direncanakan akan mencapai Evere. Dalam jangka panjang diharapkan ini akan menghubungkan dengan jalur yang menuju selatan di Uccle. [6]

Pada tahun 2004, STIB meluncurkan sebuah dokumen rencana yang disebut STIB 2020. Satu saran termasuk pembangunan cabang baru, atau jalur dari stasiun Merode menuju Troon melalui Stasiun Brussels-Luxembourg. Hali ini diharapkan mengurangi kepadatan di bagian tengah dari jalur 1/5. Kemungkinan juga akan terdapat jalur metro yang berjalan dari selatan ke barat dari Stasiun Brussels-Luxembourg Station yang akan melewati Ixelles, Chaussee de Waterloo, dan Vanderkindere. Dalam kasus ini, Stasiun Brussels-Luxembourg akan menjadi salah satu titik transfer utama dari sistem metro Brussels. Namun, rencana ini masih teoritis. Rencana ini juga menyebabkan stasiun dari masing-masing tempat saling terkoneksi, memungkinkan transfer yang lebih mudah dari Stasiun Kereta Api Brussels-Selatan, Stasiun Schuman, dan Luxembourg. [7]

Brussels Metro akan dilengkapi sebuah jaringan RER yang melayani wilayah metropolitan lebih luas dan diperkirakan beroperasi mulai tahun 2017. [8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]