Budapest Metro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Budapest Metro
BKV metro.svg
Info
Pemilik BKV (perusahaan terbuka)
Wilayah Budapest
Jenis Angkutan cepat
Jumlah jalur 4
Jumlah stasiun 52)
Penumpang harian 828.493 (2011)
Penumpang tahunan 302,4 juta (2011)[1]
Situs web BKV Zrt. (Hungaria)
Operasi
Dimulai 1896
Operator BKV
Teknis
Panjang sistem 308 km (191.4 mil)[2]
74 km (46.0 mil) under construction[3]
Sepur rel 1,435 mm (4 ft 8+12 in)
standard gauge

Budapest Metro (Hungarian: Budapesti metró) adalah sistem angkutan cepat di ibukota Hungaria Budapest. Ini merupakan sistem kereta bawah tanah listrik tertua kedua di dunia setelah City & South London Railway (sekarang bagian dari London Underground) pada tahun 1890.[4] Jalur 1-nya yang ikonik, dioperaikan sejak tahun 1896, dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2002.[5][6]

Jalur[sunting | sunting sumber]

Jalur Warna Rute Panjang Stasiun Dibuka
BKV metro.svgBKV m 1 jms.svg Kuning Vörösmarty térMexikói út 4,2 km[rujukan?] 11 1896
BKV metro.svgBKV m 2 jms.svg Merah Déli pályaudvarÖrs vezér tere 10,3 km[rujukan?] 11 1970
BKV metro.svgBKV m 3 jms.svg Biru Újpest-KözpontKőbánya-Kispest 16,4 km[rujukan?] 20 1976
BKV metro.svgBKV m 4 jms.svg Hijau Kelenföld vasútállomásKeleti pályaudvar 7,4 km[rujukan?] 10 2014

Metro terdiri dari tiga jalur, masing-masing dikenali dengan nomor dan warna. Metro Jalur 4 saat ini masih dalam pembangunan; bagian pertama direncanakan dibuka pada tahun 2014.

Jalur BKV metro symbol.svgBKV m 1 jms.svg berjalan ke arah timur laut dari pusat kota menuju Taman Kota sepanjang Jalan Raya Andrássy.

Jalur BKV metro symbol.svgBKV m 2 jms.svg berjalan dari timur ke barat dari hub transit Örs vezér tere di bagian timur kota, dan menyediakan penghubung antara Stasiun kereta api Keleti dan Stasiun kereta api Déli melalui pusat kota.

Jalur BKV metro symbol.svgBKV m 3 jms.svg berjalan ke arah barat laut dari hub transit Kőbánya-Kispest di bagian tenggara kota, melewati Üllői út menuju pusat kota, dan kemudian mengarah ke utara menuju distrik Újpest.

Kecuali untuk jalur pendek di dekat depo di masing-masng stasiun, sistem hampir seluruhnya di bawah tanah. Semua jalur berkumpul di Deák Ferenc tér di pusat kota, membuatnya menjadi satu-satunya stasiun transfer bagi sistem. Leher botol ini akan dapat dilonggarkan setelah pembanguna jalur 4, yang akan berpotongan dengan jalur 2 dan 3 di stasiun yang berbeda.

Jalur BKV metro symbol.svgBKV m 4 jms.svg akan berjalan dari barat daya meuju timulaut dari hub transit di Stasiun kereta api Budapest Kelenföld di distrik paling padat Újbuda memotong distrik dalam kota Józsefváros menuju Stasiun kereta api Keleti.

Metro membentuk sistem yang terpisah dari kereta api komuter Budapest HÉV, meskipun Jalur 2 dari Metro menyediakan transfer menuju terminal di dua dari empat jalur HÉV. Integrasi dari sistem HÉV yang tidak sesuai dengan Metro adalah jutuan jangka panjang, dan menjadi basis dari rencana Jalur 5.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jalur metro pertama dibangun dengan tujuan untuk membawa penumpang dari pusat kota menuju Taman Kota tanpa melalui transportasi permukaan di Jalan Raya Andrássy. Diet Hungaria menyetujui proyek metro tersebut pada tahun 1870. Pembangunan dimulai pada tahun 1894 dan dilakukan oleh firma Jerman Siemens & Halske AG, mempekerjakan 2.000 pekerja dengan menggunakan perlengkapan tercanggih saat itu. Jalur dibangun seluruhnya dari permukaan dengan menggunakan metode potong dan tutup. Selesai tepat waktu, metro doresmikan pada 2 Mei 1896 (tahun perayaan seribu tahun kedatangan Magyar) oleh Kaisar Franz Joseph.

Jalur asli mengikuti rute tenggara-barat laut sepanjang Jalan Raya Andrássy dari Vörösmarty Square menuju Taman Kota, dengan jarak 37 kilometer (23 mil). Terdapat total sebelas stasiun, dengan sembilan di bawah tanah, dan dua di permukaan tanah; dengan terminus di Kebun Binatang sebelum diganti. Dengan interval kereta setiap dua menit, jalur ini mampu mengangkut 35.000 penumpang setiap hari. (Hari ini mampu menangani 103.000 penumpang pada hari kerja.) Salah satu gerbong pertama yang digunakan telah disimpan di Museum Seashore Trolley.

Gambar lama mengenai jalur metro pertama di Jalan Raya Andrássy
Sebuah kereta pada tahun 1896

Rencana untuk dua jalur metro berikutnya dilakukan sejak awal pada tahun 1985, dengan meyatakan rute umum utara-selatan dan barat-timur. Rencana lebih rinci dilakukan pada tahun 1942 dan pembangunan dimulai pada tahun 1950 dengan dekrit dari Dewan Menteri. Jalur sebenarnya direncanakan untuk selesai pada tahun 1955, namun pembangunan dihentikan pada tahun 1953 sampai 1963 karena permasalahan finansial dan politik. Jalur 2 dibangun dengan bantuan dari ahli Soviet dan akhirnya dibuka dengan tujuh stasiun pada 4 April 1970 (sebuah hari libur Komunis). Jalur ini mengikuti rute timur-barat, menghubungkan stasiun Keleti (Timur) dan Déli (selatan) yang besar. Stasiun ini juga memiliki stasiun bersama dengan jalur yang pertama di Deák Ferenc Square, yang kemudian juga menjadi titik transfer bagi jalur ketiga juga. Pada tahun 2010 Jalur 2 adalah satu-satunya yang melntasi sungan Danube dan mencapai Buda, bagian barat dari Budapest.

Jalur pertama mengalami perbaikan antara tahun 1970 dan 1973, yang meliputi juga penggantian kereta penggerak dan penggantian dari kemudi kiri ke kemudi kanan untuk konsistensi. Pada tahun 1973 kedua jalur diperpanjang—yang pertama dengan satu stasiun dan yang kedua dengan empat stasiun. Jalur ini mencapai panjang saat ini 42 kilometer (26 mil) dan 103 kilometer (64 mil). Budapest Transport Company (BKV) mengambil alih operasi metro pada tahun yang sama.

Rencana untuk jalur 3 dimulai pada tahun 1963 dan pembangunan dimulai pada tahun 1970 dengan batuan dari tenaga ahli Soviet. Bagian pertama, terdiri dari enam stasiun, dibuka pada tahun 1976. Sistem ini diperpanjang ke selatan pada tahun 1980 dengan tambahan lima stasiun, dan ke utara pada tahun 1981, 1984, dan 1990, dengan sembilan stasiun tambahan. Dengan panjang 17 kilometer (11 mil) dan total 20 stasiun, jalur ini merupakan yang terpanjang di Budapest. Bersamaan dengan pembukaan Jalur 3, metro mengadopsi skema kode warna untuk mempermudah identifikas jalur. Jalur pertama mendapat warna kuning, jalur kedua merah, dan jalur ketiga biru. Sebagai tambahan, warna hijau digunakan untuk menandai kereta api komuter (HÉV) di dalam dan sekitar Budapest.

Pada tahun 1980an dan 1990an, Jalur 1 mengalami rekonstruksi besar. Dari 11 stasiun, delapan adalah asli dan tiga ditambahkan saat rekonstruksi. Tampilan asli dari satiun yang lama tetap dipertahankan, dan setiap stasiun menampilkan foto bersejarah beserta informasinya. Selain itu terdapat juga Museum Millennium Underground di dalam persimpangan Deák Ferenc Square di mana terdapat banyak artifak dari sejarah awal metro yang dapat dilihat.

Jalur 4 (umasih dalam pembangunan pada tahun 2012) memiliki sejarah panjang, dimulai pada tahun 1972. Dalam tahap perencanaan, kesulitan muncul dari mata air pengobatan (sebagai contoh, Gellért Baths) di sekitar rute yang diencanakan. Terdapat perdebatan panjang apakah pembangunannya akan aman, bagian apa yang dapat dibayai oleh pemerintah dan kota, apakah dapat dibayai dari pinjaman Rusia untuk Hungaria, apakah rute dan panjangnya pantas, dan apakah jalur penghubung (lihat M5 di bawah) merupakan penggunaan dana yang lebih baik. Jika jalur tersebut selesai pada tahun 2014 (yang merupakan prediksi tercepat), di mana perencanaan dan pembangunan akan memakan waktu selama 42 tahun, paling lama dibandingkan jalur Budapest yang lain.

Rencana dan pengembangan masa depan[sunting | sunting sumber]

Peta dari Metro dan sistem kereta api suburban

Rekonstruksi Jalur 2[sunting | sunting sumber]

Jalur 2 sedang melakukan rekonstruksi besar, dengan sebgaian besar jalur dan delapan stasiun telah selesai. Blaha Lujza tér dan Kossuth Lajos tér telah direnovasi pada tahun 2004; Batthyány tér, Astoria, dan Keleti pályaudvar tahun 2005; dan Déli pályaudvar, Moszkva tér (nama dikembalikan menjadi Széll Kálman tér pada 12 Mei 2011), dan Deák Ferenc tér pada tahun 2006. Stasiun tersebut merupakan stasiun paling modern di Budapest. Elevator akan dipasang di Kossuth Lajos tér, Blaha Lujza tér, Keleti pályaudvar, dan Astoria. Kereta api Soviet yang sudah tua saat ini digantikan oleh gerbong Alstom Metropolis baru dengan pendingin udara.

Saat ini, Asosiasi Transit Urban dan Suburban (Városi és Elővárosi Közlekedési Egyesület) mempresentasikan rencana untuk menggabungkan jalur 2 dengan HÉV dari Gödöllő. Pemerintah kota tidak sepenuhnya menyetujui rencana tersebut, namun masih akan memproses rencana tersebut setelah tahun 2015.

Jalur 4[sunting | sunting sumber]

Jalur 4 akan menghubungan Budapest barat daya (Buda) menuju Budapest timur laut (Pest). Bagian pertama antara Stasiun Kereta Api Kelenföldi dan Stasiun kereta Api Timur, dengan panjang 7,4 kilometer (4.6 mil), akan selesai pada bulan Maret 2014, terdiri dari 10 stasiun. Pembangunan dari bagian kedua (dengan empat stasiun) antara Stasiun Kereta Api Timur dan Bosnyák Square, dengan panjang 3 kilometer (1.9 mil), masih belum dimulai. Persiapan lokasi di Jalan Bartók Béla dan Jalan Fehérvári dilakukan antara tahun 2002 dan 2004. Jalur pejalan kaki bawah tanah, yang akan jadipersimpangan metro, dibangun di Móricz Zsigmond körtér dan Bocskai út.

Pada tahun 2005 pembangunan dimulai di Baross tér, pelataran di depan Stasiun Kereta Api. Pintu keluar stasiun baru dan jalur bawah tanah telah dibangun, menghubungkan stasiun Jalur 2 dan permukaan tanah di wilayah ruang parkir. Pintu keluar baru dibutuhkan untuk memenuhi peningkatan signifikan dari permintaan lalu lintas yang diharapkan di masa depan (diharapkan ada tambahan 600.000 penumpang per hari dengan pembukaan jalur baru). Pintu keluar baru saat ini juga membuat pintu keluar lama bisa ditutup untuk pembangunan stasiun baru. Pekerjaan selesai pada bulan Desember 2005.

Jalur 5[sunting | sunting sumber]

Jalur 5 masih dalam tahap perencanaan awal. Kemungkinan besar akan menyusuri pinggiran sungai Danube (menyeberang di Pulau Margaret), menghubungkan kereta api suburban yang berjalan dari utara ke selatan. Saat ini belum ada tanggal pasti untuk memulai pembangunan.

Perpanjangan Jalur 3[sunting | sunting sumber]

Terdapat rencana untuk memperpanjang Jalur 3 ke arah utara (Káposztásmegyer) dan tenggara (Bandar Udara Ferenc Liszt), kemunkinan dalam dekade ini. Sebuah perpanjangan menuju Bandara Ferenc Liszt menjadi lebih tidak mungkin dilakukan karena sekarang terdapat rencana untuk sebuah kereta api penghubung antara bandara dengan Stasiun Kereta Api Barat.[rujukan?]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Informasi umum[sunting | sunting sumber]

Kereta api Alstom Metropolis di stasiun Keleti pályaudvar

Saat ini, satu-satunya titik transfer antar jalur adalah di Deák tér, namun jalur berikutnya akan memiliki stasiun transfer yang lain. Jalur 4 akan melintasi jalur 2 dan 3 di satsiun yang berbeda.

Tiket divalidasi di pintu masuk stasiun sebelum eskalator, dan harus tetap dibawa hingga meniggalkan metro. Saat validasi, tanggal dan waktu saat ini dicetak pada tiket bersama dengan informasi stasiun. Tiket diperiksa secara manual oleh pengendali pintu masuk, yang umumnya berada di stasiun di dekat eskalator, namun dapat juga memeriksa tiket dimanapun di dalam sistem metro; tiket atau kartu pass harus diberikan kepada mereka saat diminta. Pengendali menggunakan pita biru dengan tulisan emas di lengan mereka, namun mereka bisa menyembunyikannya sebelum pemeriksaan dilakukan. (Sebuah sistem pintu masuk otomatis bagi metro telah direncanakan sejak lama, bersama dengan bentuk transportasi umum Budapest painnya, namun hingga tahun 2007, perusahaan mash belum memberikan detail pelaksanaannya.)

Platform dapat diidentifikasi berdasarkan terminus pada setiap jalur; untuk itu terdapat rambu pada pintu masuk, umumnya pada eskalator, dan dinding terowongan di kedua arah.

Tidak satu stasiunpun di jalur 2 dan 3 yang telah dibuat untuk diakses oleh kalangan difabel, termasuk stasiun yang baru direnovasi. Jalur 4 akan memiliki stasiun yang dapat diakses dari permukaan tanah dengan elevator, namun pengguna kursi roda tidak bisa melewati jalan bawah tanah saat menyeberangi jalan. Pada jalur 1 hanya tiga stasiun yang dapat diakses dengan menggunakan kursi roda.

Stasiun Pöttyös utca pada metro Jalur 3

Aturan pengguna hampir sama pada seluruh kedaraan yang dioperasikan BKV, dan tersedia at the website of the transport company. Aturan ini meliputi usia dan kondisi kesehatan pengguna, ukuran bagasi (beberapa zat kimia dilarang dibawa), kondisi transportasi bagi anjing (dibutuhkan tiket, pelindun mulut, dan rantai dibutuhkan), larangan merokok.

Jalur Metro berjalan mulai sekitar 4:30 pagi hingga 11:30 malam setiap hari, meskipun waktu bervariasi bergantung pada jalur.[7]

Armada saat ini[sunting | sunting sumber]

Budapest Metro telah sepenuhnya beroperasi secara elektrik dan menggunakan standard gauge. Ada tiga jenis kendaraan penggerak yang beroperasi saat ini:

  • Unit 3-gerbong yang dibangun secara lokal oleh Ganz pada Jalur 1
  • Metrovagonmash buatan Rusia pada Jalur 3 (yang banyak muncul pada berbagai sistem metro di bekas Blok Soviet)
  • Alstom Metropolis yang beroperasi pada Jalur 2, dan akan dioperasikan pada Jalur 4, dimana akan beroperasi secara otomatis sepenuhnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Annual Report 2011" (pdf) (dalam bahasa English). BKV Zrt. 2011. hlm. 4. Diakses 2013-10-06. 
  2. ^ "Annual Report 2011" (pdf) (dalam bahasa English). BKV Zrt. 2011. hlm. 48. Diakses 2013-10-06. 
  3. ^ http://www.mrl.ucsb.edu/~yopopov/rrt/trackmaps/tm_budapest.html
  4. ^ Kogan Page: Europe Review 2003/2004, fifth edition, Wolden Publishing Ltd, 2003, page 174 [1]
  5. ^ UNESCO Diarsipkan 17 Januari 2010 di WebCite
  6. ^ "Our thematic route with... - Sightseeing along the line of Millennium Underground Railway" (dalam bahasa English). BKV Zrt. Diakses 2013-10-18. 
  7. ^ Metro 2 Timetable

Pranala luar[sunting | sunting sumber]