Kortikotropin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kortikotropin (bahasa Inggris: corticotropin, adrenocorticotropic hormone, ACTH) adalah hormon stimulator hormon dari golongan kortikosteroid, dengan panjang 39 AA dan waktu paruh sekitar 10 menit.

ACTH disintesis dari irisan pre-pro-opiomelanokortin, sebuah polipeptida yang terdiri dari 267 asam amino. Fragmen irisan yang terjadi antara lain ACTH, ACTH, β-lipotropin, γ-lipotropin, MSH, β-endorfin dan peptida opioid. POMC, ACTH dan β-lipotropin disekresi oleh kortikotrop yang terletak pada adenohipofisis dari kelenjar hipofisis setelah distimulasi oleh CRH yang disekresi oleh hipotalamus.[1]

Peran utama ACTH adalah menstimulasi sintesis dan sekresi glukokortikoid dan androgen pada korteks adrenal melalui pencerap ganda protein-G yang bergantung pada mekanisme cAMP.[2] Sebelum berlangsungnya sintesis steroid, ACTH akan meningkatkan konsentrasi kolesterol esterase dan mendifusikan kolesterol melalui membran mitokondria dan meningkatkan sintesis pregnenolon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Adrenocorticotropic Hormone (ACTH)". 
  2. ^ (Inggris)Stephen Nussey; Saffron Whitehead (2001). "Endocrinology: An Integrated Approach". St. George's Hospital Medical School, London, UK (BIOS Scientific Publishers Ltd). hlm. Pituitary control of adrenocortical steroids - ACTH. ISBN 1-85996-252-1. Diakses 2011-05-01.