Prosaposin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Prosaposin, PSAP merupakan salah satu jenis neurotrofin yang ditemukan oleh John S. O'Brien dan Yasuo Kishimoto dalam jumlah besar di dalam otak, baik pada neuron motorik atas dan bawah, yang mempunyai deret peptida Tyr-Lys-Glu-Val-Thr-Lys-Leu-Ile-Asp-Asn-Asn-Lys-Thr-Glu-Lys-Glu-Ile-Leu. PSAP juga merupakan sitokina.

Glikoprotein prosaposin dengan berat 70 kilodalton, merupakan prekursor dari 4 glikoprotein lain yang lebih kecil dan tahan panas, yang diperlukan pada proses hidrolisis glikosfingolipid dengan hidrolase lisosomal. Prosaposin diolah di dalam lisosom, kemudian teriris menjadi 4 macam saposin. Prosaposin, saposin C dan berbagai fragmen irisan saposin C, memiliki kapasitas untuk menstimulasi perkembangan sel neurita in vitro dan meningkatkan proses mielinasi ex vivo.[1] Prosaposin yang tidak terolah, juga ditemukan pada membran integral sel dan sekresi protein dalam air susu ibu, zalir serebrospinal dan plasma seminal.

Prosaposin mengikat lipid pada membran sel yang disebut glikosfingolipid, yaitu sfingolipid yang terdiri dari satu gugus karbohidrat dan dua rantai hidrokarbon, satu rantai berupa asam lemak dan rantai yang lain berupa senyawa organik turunan dari sfingosina. Beberapa jenis glikosfingolipid seperti gangliosida, serebrosida dan sulfatida mempunyai daya ikat yang tinggi terhadap prosaposin. Gangliosida mengandung asam sialat dan memiliki rasio ekspresi paling tinggi pada membran neuron. Walaupun fungsinya belum banyak dipahami, gangliosida ditengarai merupakan stimulan diferensiasi neural, neuritogenesis dan perbaikan sistem saraf.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)"Prosaposin as a neurotrophic factor". John S. O'Brien, Yasuo Kishimoto. Diakses 2010-06-13.