Kerub

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kerubim)

Kerub atau Kerubim (Ibrani כרוב, pl. כרובים, trans kruv, pl. kruvim, dual kruvayim lat. cherub[us], pl cherubi[m]; bahasa Inggris "cherub")[1] adalah sebuah istilah yang muncul dalam Alkitab, misalnya pada Keluaran 25:18–22 dan Yehezkiel 28:12–15, yang artinya adalah kedudukan yang sangat tinggi atau "diurapi" dalam pemerintahan Allah (Kerajaan Surga).[2] Kedudukannya sangat tinggi bahkan dari para Malaikat.[3]

Kerub (jamak: Kerubim) Mahluk surgawi yang bersayap. Mereka menjaga Firdaus (Kejadian 3:24); mendukung kendaraan takhta kemuliaan Tuhan (Yehezkiel 9:3; 10:1). Di atas tutup pendamaian tabut perjanjian Allah (dua loh batu) terdapat dua kerub (Keluaran 25:18–20). Karena itu timbullah sebutan Tuhan yang bersemayam di atas para Kerub (1Samuel 4;4 dan Keluaran 25:22).

Bentuk atau wujud Kerub/Kerubim[sunting | sunting sumber]

Dari penjelasan Alkitab baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru, memiliki empat rupa/bentuk/wujudnya (Yehezkiel 10 dan Wahyu 4):

  • Rupa pertama sama seperti singa
  • Rupa kedua sama seperti anak lembu/atau muka kerub
  • Rupa yang ke tiga, mempunyai muka seperti muka manusia
  • dan rupa yang ke empat sama dengan seperti burung nazar yang sedang terbang/atau muka rajawali.
  • Rupa wajah sangat indah dan dapat menipu mata menjadi binatang

Disamping kerub-kerub itu terdapat empat roda (roda-roda ini kelihatannya seperti permata yaspis), dan ke empat mahluk tersebut masing-masing bersayap enam (dua sayap terdepan mirip seperti ke dua tangan). Ke empat mahluk itu menyokong takhta Anak Domba dan tujuh obor/tujuh Roh Allah.

Persimbolan[sunting | sunting sumber]

Kerub di dalam Alkitab diwakili oleh empat simbol yaitu sapi jantan, singa, rajawali dan malaikat. Keempat simbol ini banyak digunakan pada kitab Yehezkiel, Kitab Yeremia, Kitab Yesaya, Kitab Wahyu. Dalam ikonografi Ibrani dan Kekristenan, keempat simbol ini dianggap suatu simbol yang umum. Sementara gereja menjadikannya suatu simbol yang penting di dalam bidang kesenian dan arsitektur.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "cherub". Random House Webster's Unabridged Dictionary.
  2. ^ Wood, Alice. Of Wings and Wheels: A Synthetic Study of the Biblical Cherubim. hlm. 1. ISBN 978-3-11-020528-2. 
  3. ^ Kosior, Wojciech. "The Angel in the Hebrew Bible from the Statistic and Hermeneutic Perspectives. Some Remarks on the Interpolation Theory". The Polish Journal of Biblical Research. 12 (1 (23)): 56–57. Diakses tanggal 1 December 2013. 
  4. ^ Black, Jonathan (2015). Wiyati, Nunung, ed. Sejarah Dunia yang Disembunyikan [The Secret History of the World]. Diterjemahkan oleh Soekato, I. B., dan Toha, A. Jakarta: PT Pustaka Alvabet. hlm. 60. ISBN 978-602-9193-67-1. 

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Yaniv, Bracha, "The Cherubim on Torah Ark Valances", Jewish Art Department, Bar-Ilan University, diterbitkan dalam Assaph: Studies in Art History, Vol. 4, 1999.
  • R. Gilboa, "Cherubim: An Inquiry into an Enigma", Biblische Notizen, 82, 1996, 59–75. The article looks at the yet unknown nature of the Temple's Cherubim, through linguistic investigation, fauna probabilities and artistic presentations in the ancient Biblical period.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]