Kiryat-Yearim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kiryat-Yearim
Kiryat-Yearim is located in Israel
Kiryat-Yearim
Distrik Distrik Yerusalem
Pemerintahan Local council
Bahasa Ibrani קִרְיַת יְעָרִים
Name meaning Kota hutan
Populasi 3,100 (2005)
Koordinat 31°48′13,53″LU 35°6′9,03″BT / 31,8°LU 35,1°BT / 31.80000; 35.10000Koordinat: 31°48′13,53″LU 35°6′9,03″BT / 31,8°LU 35,1°BT / 31.80000; 35.10000

Kiryat-Yearim (קִרְיַת-יְעָרִים, qiryat-ye'arim; bahasa Yunani: Καριαθιαριμ, bahasa Latin: Cariathiarim; bahasa Inggris: Kiriath-Jearim; "kota hutan") adalah sebuah kota di tanah Kanaan yang disebut 18 kali dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Juga disebut dengan nama Kiryat-Ba'al, Ba'alah dan Ba'ale-Yehuda.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Eusebius mengatakan bahwa kota itu terletak kira-kira 15 km (9.3 mi) dari Yerusalem. Pada zaman sekarang diidentifikasikan dengan Deir el-Azar (Tel Qiryat Yearim).

Kota "Kiryat Ye'arim" modern terletak sekitar 10 kilometer (6.2 mil) di sebelah barat Yerusalem, sedikit di utara jalan raya Tel Aviv-Yerusalem. Di sebelah timur laut Kiryat Ye'arim terletak kota Arab Abu Ghosh. Kiryat Ye'arim berada pada ketinggian antara 661.8 dan 749.5 meter di atas permukaan laut.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kiryat-Yearim mula-mula dicatat sebagai kota orang Hewi dan dihubungkan dengan orang Gibeon (Kitab Yosua pasal 9.[2] Merupakan salah satu tempat penting untuk menandai batas wilayah suku Yehuda dan suku Benyamin (Yosua 15:9 dan Yosua 18:14, 15). Ditulis sebagai di mana Tabut Perjanjian diletakkan setelah dipindahkan dari Bet-Semes (1 Samuel 6:21-7:2). Lebih dari 60 tahun kemudian (20 tahun di bawah jajahan Filistin dan 40 tahun di bawah pemerintahan raja Saul) tabut itu dipindahkan ke Yerusalem oleh Daud dan ditempatkan di kemah di luar istananya.[3]

Perubahan nama Kiryat-Ba'al menjadi Kiryat-Yearim mengindikasikan perubahan penduduk setelah Yosua merebut tanah Kanaan dari suku-suku sebelumnya. Dasar keagamaan untuk peperangan itu dinyatakan dengan perubahan nama; nama Baal dihubungkan dengan allah orang Kanaan dan Allah Israel menyuruh Yosua dan bangsanya untuk menghapuskan penyembahan Baal (Yosua 18:14). Yang menarik, perubahan nama tidak merujuk kepada nama YHWH yaitu Allah dari Israel yang merebut kota itu, melainkan lebih menunjukkan ciri geografisnya.

Alkitab menyebut paling sedikit seorang nabi Allah berasal dari kota ini. Nabi Uria putra Semaya berasal dari Kiryat-Yearim dan bernubuat terhadap Yerusalem pada zaman raja Yoyakim (609-598 SM) seperti tertulis dalam Kitab Yeremia pasal 26.[4] Raja Yoyakim menjadi marah dan bermaksud membunuhnya. Uria melarikan diri ke Mesir, tetapi ditangkap oleh pembantu-pembantu raja dan dibawa ke Yerusalem untuk dibunuh dan dikuburkan di makam yang tidak bertanda.[5]

Keturunan penduduk Kiryat-Yearim termasuk orang Yahudi yang kembali ke Yudea dari pembuangan di Babel bersama Zerubabel (lihat Nehemia 7:29).

Penulis Kitab 1 Tawarikh mencatat bahwa Sobal (keturunan Kaleb) adalah "Bapa Kiryat-Yearim", dalam artian pendiri kota ini.[6].

Zaman modern[sunting | sunting sumber]

Kota modern "Kiryat Ye'arim" diberi nama menurut nama kunonya dan terletak di lokasi kuta kuno tersebut. Merupakan sebuah kota Israel (local council) di dalam distrik Yerusalem. Menurut data sensus "Israel Central Bureau of Statistics" (CBS), di akhir tahun 2005 penduduk Kiryat Ye'arim berjumlah 3.100, umumnya orang Yahudi, dengan angka pertumbuhan 1.2%. Hampir seluruhnya adalah Yudaisme Haredi, dengan persentase tinggi imigran dari Amerika Utara, Eropa dan Afrika Selatan. Juga dikenal sebagai Telz-Stone untuk menghormati pendiri perusahaan American Greetings, Irving I. Stone, yang memberi sumbangan besar untuk pembangunan kota ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]