Kelenjar pineal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Diagram kelenjar pineal

Kelenjar pineal (juga disebut badan pineal, epiphysis cerebri, epiphysis, conarium atau "Mata ketiga") adalah sebuah kelenjar endokrin pada otak vertebrata. Ia memproduksi serotonin turunan dari melatonin, sebuah hormon yang mempengaruhi modulasi pola bangun/tidur dan fungsi musiman. Bentuknya mirip dengan sebuah buah pohon cemara mungil (namanya karenanya), dan dia terletak dekat dengan pusat otak, di antara dua belahan, terselip di sebuah alur di mana dua badan thalamus bulat bergabung.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Kelenjar pineal berwarna abu-abu kemerahan dan sekitar ukuran sebutir beras (5–8 mm) pada manusia, berlokasi hanya di rostro-dorsal dengan superior colliculus dan dibelakang dan dibawah stria medullaris, di antara berposisi lateral badan thalamus. Dia adalah bagian dari epithalamus.

Kelenjar pineal adalah struktur berbentuk garis tengah seperti buah pohon cemara [1] , dan sering terlihat di tengkorak X-ray, seperti yang sering kalsifikasi.

Struktur dan komposisi[sunting | sunting sumber]

Kelenjar pineal parenchyma dengan kalsifikasi.
Mikrograf dari kelenjar pineal yang normal

Tubuh kelenjar pineal pada manusia terdiri atas lobular parenkim dari pinealocytes dikelilingi oleh ruangan jaringan pengikat. Permukaan kelenjar itu ditutupi oleh sebuah kapsul pial.

Kelenjar pineal terdiri utamanya dari pinealocytes, tetapi empat tipe sel telah teridentifikasi. Karena Kelenjar pineal merupakan agak selular (dalam kaitan ke korteks dan zat putih) itu mungkin keliru dari sebuah neoplasma.[2]

Jenis sel Deskripsi
Pinealocytes Pinealocyte terdiri atas sel dengan 4-6 proses muncul. Mereka memproduksi dan mengeluarkan melatonin.
Interstitial cells Interstitial cells terletak di antara pinealosit. Mereka memiliki nukleus memanjang dan sitoplasma yang berwarna lebih gelap dari pada pinealosit itu sendiri.
Perivascular phagocyte Ada banyak pembuluh dan phagosit di dalam kelenjar itu. Perivaskular terletak dekat dengan pembuluh darah. Phagosit perivaskular adalah suatu antigen yang menghadirkan sel - sel.
Neuron pineal Pada vertebrata tingkat lebih tinggi, neuron terletak dalam kelenjar pineal. Namun, ini tidak ditemukan pada binatang mengerat (rodents).
peptidergic neuron-like cells Pada sejumlah spesies, ditemukan adanya sel-sel neuronal-like peptidergic. Sel-sel ini dapat memiliki fungsi pengaturan paracrine.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bowen, R. "The Pineal Gland and Melatonin". Diakses 14 October 2011. 
  2. ^ Kleinschmidt-DeMasters BK, Prayson RA (November 2006). "An algorithmic approach to the brain biopsy—part I". Arch. Pathol. Lab. Med. 130 (11): 1630–8. doi:10.1043/1543-2165(2006)130[1630:AAATTB]2.0.CO;2. PMID 17076524. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]