Pankreas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potongan depan perut, menunjukkan pankreas dan duodenum.

Pankreas adalah organ pada sistem pencernaan yang memiliki dua fungsi utama: menghasilkan enzim pencernaan (fungsi eksokrin) serta menghasilkan beberapa hormon (fungsi endokrin). Pankreas terletak pada kuadran kiri atas perut [1] dan bagian kepalanya menempel pada organ duodenum. Produk enzim disalurkan dari pankreas ke duodenum melalui saluran pankreas utama.

Beberapa fungsi dari pankreas adalah:

  • Mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glukagon, yang menambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasan dari hati.
  • Meregulasi gula darah[2] Pengurangan kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yang mana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot. Insulin juga merangsang hati untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya di dalam sel-selnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Scanlon, Valerie C. and Sanders, Tina (2007). Essentials of Anatomy and Physiology fifth edition. FA Davis Company. ISBN 978-0-8036-1546-5. 
  2. ^ "The Pancreas and Its Functions | Columbia University Department of Surgery". columbiasurgery.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-26. Diakses tanggal 2020-05-09.