Tulang pengumpil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Susunan tulang hasta (radius) terhadap tulang pengumpil (ulna).

Tulang hasta atau radius adalah tulang lengan bawah yang menyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari. Tulang hasta terletak di sisi lateral tulang pengumpil (radius). Bentuk badan tulang hasta semakin ke bawah semakin membesar yang akan membentuk persendian pergelangan tangan.

Persendian[sunting | sunting sumber]

Ujung atasnya bersendi dengan tulang lengan atas (humerus) pada persendian siku dan dengan tulang pengumpil di persendian radioulnaris superior. Ujung bawahnya bersendi dengan tulang scaphoideum dan lunatum (salah satu tulang pergelangan tangan), serta dengan tulang hasta pada persendian radioulnaris inferior.

Bagian-bagian[sunting | sunting sumber]

Pada ujung atas terdapat bagian yang sangat khas yaitu bonggol tulang yang bundar, disebut caput radii (kepala radius). Permukaan caput akan bersendi dengan capitulum di tulang lengan atas. Keliling caput akan bersendi dengan tulang hasta. Di dekat caput, terdapat struktur kasar yang disebut tuberositas radii.

Badan tulang pengumpil memiliki pinggir interosseus (yang menghadap ke tulang hasta) yang tajam.

Pada ujung bawah terdapat penonjolan processus styloideus ke arah distal. Di permukaan posterior, terdapat struktur kasar yang kecil yang disebut tuberculum dorsalis.

Tulang hasta tampakan depan
Tulang hasta tampakan belakang

Perlekatan otot[sunting | sunting sumber]

Otot-otot yang melekat pada tulang hasta:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]