Islam di Sierra Leone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Artikel ini merupakan bagian dari seri
Islam menurut negara

Allah1.png

Sierra Leone terakhir melakukan sensus tahun 2008 dan memperkirakan ada 4.059.000 Muslim di Sierra Leone. Hal ini menunjukkan 71% dari total populasi negara itu adalah Muslim.[1] Ada 18 kelompok etnis di negara ini, dua yang terbesar adalah Temne dan Mende. Temnes adalah suku utama di utara dan mayoritas Muslim. Setidaknya sembilan dari enam belas kelompok etnis Sierra Leone mayoritas Muslim.

Pada awal abad ke-18 Fulani dan suku berbahasa Mande dari Fouta Djallon (wilayah masa kini Guinea) beralih memeluk Islam karena orang Temne dari utara Sierra Leone. Selama periode penjajahan Inggris, upaya untuk menyebarkan agama Kristen sebagian besar tidak efektif.

Islam terus menyebar setelah kemerdekaan pada tahun 1961, pada tahun 1960 populasi Muslim sekitar 35 persen dan tumbuh 60 persen pada tahun 2000, dan kemudian menjadi 71% pada tahun 2008. Memang sulit bagi orang-orang dari Sierra Leone untuk melakukan perjalanan ke Mekkah dalam rangka ibadah haji, pilar kelima Islam, karena jarak antara dua tempat dan biaya perjalanan yang di luar kemampuan warga Sierra Leone kebanyakan.

Perang saudara baru-baru ini di Sierra Leone ini sekuler menampilkan anggota Kristen, Islam, dan agama suku berjuang di kedua sisi konflik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]