Islam di Niger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Masjid Agung di Niamey, Niger negara di mana setidaknya 90% dari populasi adalah Muslim.

Islam di Niger menyumbang sebagian besar dari pemeluk agama negara itu. Keyakinannya dipraktikkan oleh lebih dari 90% dari populasi,[1] meskipun angka ini bervariasi menurut sumber dan persentase penduduk yang diklasifikasikan sebagai animisme. Banyak dari masyarakat yang masih melanjutkan praktik atau ritual yang bersumber dari kepercayaan tradisional dalam kerangka sinkretis keyakinan Islam, membuat statistik menjadi sulit untuk disepakati. Islam di Niger, meskipun datang kembali lebih dari satu milenium, mendapatkan dominasi atas agama-agama tradisional hanya pada abad ke-20 dan awal abad ke-19, dan telah ditandai dengan pengaruh dari masyarakat tetangga. Persaudaraan Sufi telah menjadi organisasi Muslim yang dominan, seperti banyak dari Afrika Barat. Meskipun demikian, berbagai interpretasi Islam hidup berdampingan dalam damai-terutama-dengan satu sama lain serta dengan minoritas agama lain. Pemerintah Niger merupakan sekuler dalam bidang hukum seraya mengakui pentingnya Islam bagi sebagian besar warga negaranya.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Artikel ini merupakan bagian dari seri
Islam menurut negara

Allah1.png

Mayoritas Muslim di Niger adalah Sunni dengan banyak dari mereka yang terkait dengan Tarekat Sufi Tijaniya. Sekitar 7% adalah Syi'ah dan 6% Ahmadi.[2][1] Sekte Hammallisme dan Sanusiya memiliki pengaruh bersejarah di ujung barat laut dan jauh dari daerah di masa kolonial, sedangkan bagian dari sufi Nyassist dan pengikut Arab Wahhabite telah muncul dalam tiga puluh tahun terakhir.[3] Ahmadiyah Muslim Community juga hadir, didirikan di negara itu pada tahun 1956.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b International Religious Freedom Report 2007: Niger. United States Bureau of Democracy, Human Rights and Labor (September 14, 2007). This article incorporates text from this source, which is in the public domain.
  2. ^ "The World's Muslims: Unity and Diversity". Pew Forum on Religious & Public life. August 9 2012. Diakses August 14 2012. 
  3. ^ Decalo (1997) p. 261-2, 158, 230