Islam di Rumania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Artikel ini merupakan bagian dari seri
Islam menurut negara

Allah1.png

Islam di Rumania memiliki persentasi sebesar 0.3 persen dari jumlah penduduk di Rumania setara dengan sekitar 60.000 jiwa. Kebanyakan penganut Islam di Rumania merupakan orang beretnis Tatar dan Turki dan menganut Islam Sunni. Agama Islam merupakan salah satu dari 16 agama yang diakui oleh Rumania.

Islam sudah ada di wilayah Dobrogea Utara (sebuah wilayah di pantai Laut Hitam) selama 700 tahun. Kehadiran Islam di Dobrogea Utara dipengaruhi oleh imigrasi Kesultanan Utsmaniyah, tetapi pelan-pelan berkurang pada akhir abad ke-19.

Setelah Revolusi Romania 1989, Romania meninggalkan blok Timur yang Komunis, rakyat Romania memiliki kesempatan untuk menemukan Islam dan merasakan hasilnya. Saat in ada sebanyak 3.000 orang masuk Islam dan jumlah ini meningkat dari hari ke hari. Dengan menjadi mualaf mereka menghadapi masalah tertentu dalam masyarakat yang tidak siap untuk menerima mereka. Sebagian besar kelompok di Romania memiliki sedikit keinginan untuk mendukung kaum muslim pada umumnya. Karena alasan ini umat Islam di Romania mendirikan Aliansi Islam Romania untuk melindungi dan membela umat dan Islam di Romania.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]