Islam di Benin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Artikel ini merupakan bagian dari seri
Islam menurut negara

Allah1.png
Masjid Agung Porto-Novo, ibukota Benin

Islam di Benin dibawa dari utara oleh Bangsa Arab, Hausa, dan pedagang Songhai-Dendi. Islam merupakan Agama terbesar kedua di Benin setelah Katolik Roma. Hampir semua Muslim mengikuti pandangan Islam Sunni.[1] Beberapa Muslim Syiah, terutama Timur Tengah adalah ekspatriat.[1] Ada juga kehadiran yang relatif besar dari Komunitas Muslim Ahmadiyah, yang baru-baru ini meresmikan masjid terbesar di Benin, Masjid Al Mahdi pada tahun 2006. Banyak juga Muslim yang mempraktikkan kepercayaan tradisional agama setempat.

Pada Tahun 2012 ada sekitar 4000 orang jemaah haji dari Benin, mereka rela mengeluarkan dana sebesar 1,9 juta Franc CFA untuk biaya perjalanan dari Benin ke Saudi pulang pergi serta biaya akomodasi selama di Saudi Arabia. Jemaah haji dari Benin ini menggunakan jasa penerbangan Ethiopian Airlines

Merujuk kepada situs CIA world fact book, rasio pemeluk agama di Benin adalah ; pemeluk agama Katholik 27.1%, Islam 24.4%, Vodoo 17.3%, Protestan 10.4% (Celestial 5%, Methodist 3.2%, lain lain 2.2%), Ajaran Kristen Lain-nya 5.3%, Lain lain 15.5% (hasil sensus tahun 2002)

Referensi[sunting | sunting sumber]