Hidayah (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hidayah
SutradaraMonty Tiwa
ProduserRajesh Punjabi
SkenarioBaskoro Adi Wuryanto
Berdasarkan
Hidayah
Pemeran
Penata musikAndi Rianto
SinematograferJimmy Fajar
PenyuntingWawan I. Wibowo
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
  • 12 Januari 2023 (2023-01-12) (Indonesia)
Durasi88 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia

Hidayah adalah film horor religi Indonesia tahun 2023 yang disutradarai oleh Monty Tiwa serial berjudul sama.[1] Film produksi Pichouse Films serta Clockwork Films ini dibintangi oleh Ajil Ditto, Givina, dan Alif Joerg. Hidayah tayang perdana di bioskop Indonesia pada 12 Januari 2023.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Mengisahkan tentang perjalanan kehidupan religi Bahri, mantan narapidana yang ingin mengubur masa lalunya. Demi melupakan masa lalunya yang kelam, ia memutuskan untuk pindah dari tempat tinggalnya di kota ke sebuah desa yang bernama Mekarwangi. Kepindahan Bahri ke Desa Mekarwangi ini karena permintaan sang sahabat, Hasan yang ingin meminta bantuannya. Desa Mekarwangi kabarnya mengalami gangguan gaib, yang dipercaya disebabkan oleh Ratna, teman lama Bahri. Ketika datang ke desa, Bahri menemukan Ratna, teman lamanya yang kesakitan akibat suatu penyakit parah, tetapi ia tak kunjung menemui ajalnya.

Sehingga, Ratna selalu merasakan kesakitan dan teriakan kesakitan Ratna selalu menghantui keheningan desa setiap malam. Tak hanya diganggu oleh teriakan Ratna, desa tersebut ternyata diganggu dengan makhluk gaib yang menghantui warga. Hingga akhirnya, Ratna ditemukan meninggal dunia akibat kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Namun, Bahri dituntut untuk bertanggung jawab atas semua masalah yang terjadi. Meski demikian, alih-alih merasa marah akibat diusir dari desa, Bahri meminta hidayah dan memperteguh imannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Judul lagu Penyanyi Pencipta Produksi
"Hidayah" Avia Athalia Chossy Pratama MD Music

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Budhi, Aiz (6 Januari 2023). "Film Hidayah, Versi Layar Lebar Serial Religi Populer di Tahun 2000-an". VIVA.co.id. Diakses tanggal 8 Januari 2023. 
  2. ^ C. Rantung, Revi (6 Januari 2023). "Film Hidayah Tayang 12 Januari 2023 di Bioskop, Dibintangi Ajil Ditto hingga Givina". Kompas.com. Diakses tanggal 8 Januari 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]