HeartCatch PreCure!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Heartcatch PreCure!
Genre Action, Comedy, Magical girl
Anime
Sutradara  Tatsuya Nagamine
Studio Toei Animation
Rilis 7 Februari 2010 – sekarang
Portal Anime dan Manga

HeartCatch PreCure! (ハートキャッチプリキュア! HātoKyatchi PuriKyua!?) atau HeartCatch Pretty Cure! adalah seri anime Jepang dan seri ke-7 dari serial Pretty Cure buatan Izumi Todo. Diproduksi oleh Toei Animation, seri ini disutradarai oleh Tatsuya Nagamine, dan ditulis oleh Takashi Yamada. Desain karakter yang resmi dibuat oleh Yoshihiko Umakoshi. Seri perdana ditayangkan pada tanggal 7 Februari 2010 dan berakhir pada 30 Januari 2011, yang kemudian diikuti oleh Suite PreCure.

Seri ini memiliki 2 tema utama. Salah satunya adalah fashion, menunjukkan Tsubomi yang bergabung dengan klub fashion, yang merupakan bagian dari alur cerita. Yang kedua adalah bunga, yang menonjol dalam penamaan berbagai tokoh dan barang, serta dalam alur cerita utama. Selain itu, sebagian episode mengandung setidaknya satu petunjuk ke dalam bahasa bunga.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Setiap orang memiliki Bunga Hati yang terhubung ke Pohon Hati besar yang mengawasi semua orang. Yang melindungi pohon ini adalah para HeartCatch Pretty Cure yang berusaha untuk memertahankannya dengan melawan Rasul Gurun, yang berencana untuk membuat segala sesuatu di dunia menjadi layu dan berubah menjadi padang pasir. Namun, Pretty Cure pada saat itu, Cure Moonlight, berhasil dikalahkan dalam pertempuran sehingga Pohon Hati kehilangan bunganya. Dia kemudian mengirimkan dua peri, Chypre dan Coffret ke permukaan untuk mencari penggantinya. Mereka menemukan Tsubomi Hanasaki, gadis pemalu pecinta bunga yang baru saja pindah ke kota bersama keluarganya, yang diberi kekuatan untuk menjadi Cure Blossom. Bergabung dengan teman barunya, Erika Kurumi, yang menjadi Cure Marine, mereka berperang melawan Rasul Gurun yang mengubah Bunga Hati orang-orang menjadi layu karena monster yang dikenal sebagai Desertarians. Dengan mengalahkan monster tersebut, mereka akan mendapatkan Benih Hati yang memungkinkan Pohon Hati untuk menjadi lebih sehat lagi. Maka, pertempuran di musim ke-7 dari serial Pretty Cure pun dimulai sekarang.

Karatker[sunting | sunting sumber]

Heartcatch Pretty Cure[sunting | sunting sumber]

Tsubomi Hanasaki (花咲 つぼみ Hanasaki Tsubomi?) / Cure Blossom (キュアブロッサム Kyua Burosamu?)
Pengisi suara: Nana Mizuki

Tsubomi adalah gadis kelas 2 SMP berusia 14 tahun yang bersekolah di cabang Sekolah Menengah Akademi Myōdō. Dia sangat menyukai semua tanaman dan ingin bergabung dengan klub perkebunan, tapi kemudian dia dimasukkan ke klub fashion oleh Erika. Rumahnya adalah sebuah toko bunga yang disebut "Hanasaki Flower Shop". Dia adalah orang yang jujur, tetapi juga pemalu dan pendiam, yang hampir membuat dirinya menjadi rumit. Dia melihat sekolah barunya sebagai kesempatan untuk mengubah dirinya sendiri. Memang, setelah dia bertemu Erika, dia perlahan-lahan mulai berubah. Pertama kali ketika Erika dikuasai oleh Desertrian, dia ingin menyelamatkan Erika dan setengah dipaksa oleh peri untuk menjadi Pretty Cure. Sebagai Cure Blossom, rambut merah gelapnya berubah menjadi merah muda, warna temanya adalah merah muda dan simbol bunganya adalah bunga sakura. Kekuatannya berhubungan dengan bunga dan dia bisa menggunakan serangan tambahan seperti Blossom Flower Storm dan Blossom Double Impact selain serangan finishing-nya. Slogannya adalah "Aku sudah tidak tahan lagi!" (私、堪忍袋の緒が切れました! Watashi, kanninbukuro no o ga kiremashita!?). Tidak seperti Pretty Cure yang lain, dia tidak serakah dengan makanan dan ia suka belajar.

Dia memerkenalkan dirinya sebagai "Bunga yang menyebar di seluruh negeri, Cure Blossom!" (大地に咲く一輪の花、キュアブロッサム! Daichi ni saku ichirin no hana, Kyua Burossamu!, Kyua Burossamu!?).

Erika Kurumi (来海 えりか Kurumi Erika?) / Cure Marine (キュアマリン Kyua Marin?)
Pengisi suara: Fumie Mizusawa

Erika adalah gadis berusia 13 tahun dan teman sekelas sekaligus tetangga Tsubomi. Dia adalah putri dari pemilik toko fashion yang disebut "Fairy Drop". Selain itu, dia adalah ketua klub fashion. Dia mencintai fashion dan merancang pakaiannya sendiri. Dia sangat cemburu terhadap kakak perempuannya yang sudah menjadi model fashion yang cantik dan modis meskipun masih SMA. Dia adalah gadis yang enerjik dan blak-blakan mengatakan apa yang dipikirkannya, meskipun ia juga mulai berubah setelah bertemu Tsubomi. Dia membuat Tsubomi bergabung dengan klub fashion setelah semua anggota lama keluar. Setelah dia diminta untuk menjadi Pretty Cure, dia setuju untuk membantu Tsubomi dalam pertempuran. Sebagai Cure Marine, rambut biru gelapnya berubah menjadi biru muda, warna temanya adalah biru dan simbol bunganya adalah daisy biru. Dia memiliki kekuatan yang berhubungan dengan laut dan dapat menggunakan serangan tambahan seperti Marine Shoot dan Marine Dynamite selain serangan finishing-nya. Slogannya adalah"Aku, dengan hati yang lebih luas daripada laut, telah mencapai batasnya!" (海より広いあたしの心も、ここらが我慢の限界よ! Umi yori hiroi atashi no kokoro mo, kokora ga gaman no genkai yo!?).

Dia memerkenalkan dirinya sebagai "Bunga yang berkibar di angin laut, Cure Marine!" (海風に揺れる一輪の花、キュアマリン! Umikaze ni yureru ichirin no hana, Kyua Marin!?)

Itsuki Myōdōin (明堂院 いつき Myōdōin Itsuki?) / Cure Sunshine (キュアサンシャイン Kyua Sanshain?)
Pengisi suara: Houko Kuwashima

Itsuki adalah siswi tahun kedua yang menjabat sebagai ketua OSIS dan cucu dari kepala sekolah Akademi Myōdō. Itsuki tampil seperti anak laki-laki yang lemah lembut, tampan dan atletik dengan sikap seperti bangsawan yang menarik banyak penggemar. Pada awalnya, Tsubomi sangat mengagumi Itsuki sampai pada akhirnya dia mengetahui bahwa jenis kelamin Itsuki adalah perempuan. Dia melakukan crossdress karena dia harus menggantikan kedudukan kakanya yang sedang sakit sebagai pewaris sekolah dan dojo. Namun, dia tetap menyukai hal-hal yang imut, karena itu, ia yakin untuk bergabung dengan klub fashion. Dia kemudian menjadi Cure Sunshine untuk menyelamatkan Tsubomi dan Erika dari bahaya dengan Potpourri sambil menyelamatkan Hati Bunga kakaknya. Sebagai Cure Sunshine, rambut cokelat pendeknya menjadi lebih panjang dan berubah warna menjadi warna emas, warna temanya adalah kuning/emas dan simbol bunganya adalah bunga matahari. Kekuatannya berhubungan dengan matahari dan dapat menggunakan serangan tambahan seperti Sunflower Aegis dan Sunshine Flash selain serangan finishing-nya. Slogannya adalah "Kegelapan hati itu, akan kusembuhkan dengan cahayaku!" (その心の闇、私の光で照らしてみせる! Sono kokoro no yami, watashi no hikari de tera shitemiseru!?).

Dia memerkenalkan dirinya sebagai "Bunga yang bermandikan sinar matahari, Cure Sunshine!" (陽の光浴びる一輪の花、キュアサンシャイン! Hi no hikari abiru ichirin no hana, Kyua Sanshain!?)

Yuri Tsukikage (月影 ゆり Tsukikage Yuri?) / Cure Moonlight (キュアムーンライト Kyua Mūnraito?)
Pengisi suara: Aya Hisakawa

Yuri adalah gadis berusia 17 tahun sekaligus teman Momoka yang juga bersekolah di cabang SMA kels 2 Akademi Myōdō. Dia berbagi catatan dengan Momoka ketika tidak dapat menghadiri kelas karena pekerjaannya, dia juga memimpin daftar calon sukses di kelas. Ayahnya hilang selama melakukan penyelidikan Pohon Hati di Perancis. Pada awal cerita, ia dikalahkan selama perang melawan Dark Pretty Cure, menyebabkan Benih Pretty Cure-nya rusak sehingga Pohon Hati menjadi layu. Karena itu, perinya, Cologne, meninggal, dia tidak bisa berubah lagi karena Benih Pretty Cure-nya telah rusak. Terluka akan hal ini, dia tidak bersedia untuk membantu Pretty Cure yang baru. Tetapi kemudian, Pohon Hati dan Pot Hati memulihkan Benih Pretty Cure-nya sehingga ia dapat menjadi Pretty Cure lagi. Sebagai Cure Moonlight, rambut ungu tuanya berubah warna menjadi lebih muda, warna temanya adalah ungu/perak dan simbol bunganya adalah mawar. Cure Moonlight memiliki kekuatan yang berhubungan dengan bulan dan dapat menggunakan serangan tambahan di samping serangan finishing-nya. Slogannya adalah "Demi hati semua orang, aku akan tetap berjuang!" (全ての心が満ちるまで、私は戦い続ける! Subete no kokoro ga michiru made, watashi wa tatakai tsudzukeru!?).

Dia memerkenalkan dirinya sebagai "Bunga yang berkilau ditimpa cahaya bulan, Cure Moonlight!" (月光に冴える一輪の花、キュアムーンライト! Gekkō ni saeru ichirin no hana, Kyua Mūnraito!?)

Maskot[sunting | sunting sumber]

  • Chypre
Pengisi Suara: Taeko Kawata

Seorang peri yang seharusnya melindungi "Kokoro no Taiju (Heart Tree)". Dalam rangka untuk menyelamatkan Kokoro no Taiju dari bahaya, ia pergi untuk mencari PreCure baru. Kemudian ia bertemu dengan Tsubomi, yang merupakan salah satu calon Kesatria Legenda Precure dipilih oleh Kokoro no Taiju, dan memberikan "PreCure Seed" agar dia bisa berubah menjadi Cure Blossom. Ia sering menyamar sebagai boneka binatang. Dia memiliki kekuatan untuk melahirkan "Heart Seeds". Konon katanya bila semua Heart Seeds berhasil dikumpulkan, sebuah keajaiban akan terjadi. Chypre memiliki karakter tenang. Dia sering berperilaku seperti dia adalah kakak perempuan bagi Tsubomi.

  • Coffret
Pengisi Suara: Motoko Kumai

Sama seperti Chypre, dia juga datang untuk mencari PreCure baru guna menyelamatkan Kokoro no Taiju dari bahaya. dia juga memberikan "PreCure Seed" pada Erika dan menjadikannya Cure Marine. Coffert memiliki sifat yang bertolak belakang dengan Chypre namun sangat baik terhadap orang lain. Dia sering berlaku seperti adik laki-laki kecil Erika.

  • Potpourri
Pengisi Suara: Kokoro Kikuchi

Sama seperti Chypre, dia juga datang untuk mencari PreCure baru guna menyelamatkan Kokoro no Taiju dari bahaya. dia juga memberikan "PreCure Seed" pada Itsuki dan menjadikannya Cure Sunshine.

  • Colonge
Pengisi Suara: Akira Ishida

Sama seperti mereka, Colonge adalah peri milik Cure Moonlight, namun, ketika Cure Moonlight sedang melawan Dark Precure, ia mati karena melindungi Cure Moonlight dari serangan Professor Sabaaku. pada episode 33, terjadi keajaiban, Colonge menampakkan dirinya di Pohon Besar lambang Hati untuk mendengarkan perasaan sesungguhnya Yuri.

  • Coupé-sama
Pengisi suara: Ken'yū Horiuchi

Seorang peri, sama seperti Chypre dan Coffret. Dia tinggal di Botanical Garden milik nenek Tsubomi. Walau hanya diam saja, tapi dia selalu mengamati Tsubomi dan Erika. Dia adalah seorang peri legendaris yang sangat dikagumi oleh Chypre dan Coffret. Dikatakan pula bahwa dia adalah peri pendukung Cure Flower pada masa lalu.

Dessert Appostels[sunting | sunting sumber]

  • Profesor Sabaku
Pengisi Suara: Taiten Kusunoki

Bos dari Desert Appostels yang selalu mengenakan topeng dan tidak pernah menunjukkan wajahnya. Tujuannya adalah membuat Kokoro no Taiju layu agar ia dapat menguasai dunia.

  • Dark PreCure
Pengisi Suara: Minami Takayama

Tangan kanan Profesor Sabaku. Dia memiliki Dark Tact. Dia juga memilki bola mata yang berbeda. Dia jugalah yang mengalahkan Cure Moonlight. Sifatnya sepertinya sangat kejam.

Jurus: Dark Forte Wave!
Jurus (Power Fortissimo): Precure Dark Power Fortissimo!!
  • Sasorina
Pengisi Suara: Urara Takano

Salah satu dari 3 Dessert Cadets. Memiliki gaya rambut dan berpakaian yang aneh. Dia selalu menyerang PreCure sekuat tenaga, saat menyerang, rambutnya akan berubah menyerupai ekor Kalajengking.

  • Kumojacky
Pengisi Suara: Eiji Takemoto

Seorang lelaki yang juga merupakan salah satu dari 3 Dessert Cadets. Dia berbicara dengan logat Tosa (logat Shikoku dari bagian barat Jepang). Tipe orang yang gemar bertarung dan selalu melakukan serangan-serangan dahsyat!

  • Cobraja
Pengisi Suara: Hirofumi Nojima

Anggota 3 Dessert Cadets yang paling narsis, dan beranggapan bahwa dirinya adalah lelaki terindah seantero jagad. Bertarung dengan memerintah Sunacky, dan tetap berusaha tampil seindah mungkin dalam kondisi apapun.

  • Sunacky

Bawahan 3 Dessert Cadets. Selalu bekerja dengan keras.

  • Desertrians

Monster of The Week dalam serial Heartcatch PreCure! Diciptakan oleh para Dessert Cadets dengan menggabungkan sebuah benda dengan Kokoro no Hana milik orang yang dirampasnya menjadi sesosok monster yang siap menyerang para PreCure.

Desertrian 001 muncul pada episode 01 dan 02, tercipta dari Kokoro no Hana milik Erika dan sebuah boneka kecil. Sebuah monster boneka raksasa.
Desertrian 002 muncul pada episode 03, tercipta dari Kokoro no Hana milik Sayaka dan sebuah bola sepak. Sebuah monster bola sepak raksasa.
Desertrian 003 muncul pada awal episode 04, bentuknya menyerupai monster mesin pembersih (menggunakan Kokoro no Hana milik seseorang yang tidak dimunculkan dalam episode ini).
Desertrian 004 muncul pada pertengahan episode 04, tercipta dari Kokoro no Hana milik Mao dan sebuah vaccum cleaner. Sebuah monster caccum cleaner raksasa.
Desertrian 005 muncul pada episode 05, tercipta dari Kokoro no Hana milik Akira dan semangkok ramen. Sebuah monster Ramen raksasa.

Karakter Lain[sunting | sunting sumber]

  • Kaoruko Hanasaki
Pengisi suara: Chika Sakamoto

Nenek Tsubomi yang merupakan PreCure lengendaris, dahulu wujud lain Nenek Kauroko adalah Cure Flower. Maka tidak perlu dipertanyakan mengapa Coupé-sama bisa bersamanya hingga sekarang, karena Coupé-sama adalah partnernya. Dia adalah pengurus Botanical Garden yang juga merupakan tempat tinggal bagi Coupé-sama.

  • Mizuki Hanasaki
Pengisi suara: Katō Yōko

Ibu Tsubomi yang juga seorang penjual bunga di Hanasaki Flower Shop.

  • Yōichi Hanasaki
Pengisi suara: Nobuaki Takemitsu
Ayah Tsubomi yang juga seorang florist di Hanasaki Flower Shop.
  • Momoka Kurumi
Pengisi suara: Shizuka Ito

Kakak perempuan Erika yang sejauh ini diketahui sebagai seorang model. Ia bersekolah di SMA Myōdō.

  • Sakura Kurumi
Disuarakan: Hyo-sei
Ibu Erika seorang fashion designer yang memiliki butik Fairy Drop di sebelah rumah Tsubomi.
  • Ryūnosuke Kurumi
Pengisi suara: Kouichi Touchika

Ayah Erika yang bekerja sebagai fotografer.

  • Tsurusaki
Pengisi suara: Hiroko Ushida

Wali Kelas Tsubomi dan Erika, galak tapi dapat diandalkan.

  • Nanami Shiku
Pengisi suara: Yukiyo Fujii

Teman sekelas Tsubomi dan Erika, fans gila Itsuki.

Theme Song[sunting | sunting sumber]

  • 1st OP Alright Heartcatch Precure!
Artis: Aya Ikeda
Pencipta: Sumiyo Mutsumi, Hideaki Takatori, Hiroshi Masashi
  • 1st ED Heartcatch ☆ Paradise
Artis: Mayu Kudou
Pencipta: Sumiyo Mutsumi, marhy, Mitsutaro Kubota

Daftar Episode[sunting | sunting sumber]

Ini adalah daftar dari episode-episode HeartCatch PreCure! .

Episode # Judul Tanggal Tayang Ringkasan Cerita
01 Watashi, Kawarimasu! Kawatte Misemasu! (私、変わります!変わって見せます!!) 7 Februari 2010 Chypre dan Coffret yang berhasil menyelamatkan diri atas bantuan Cure Moonlight dari dunia peri bertemu dengan Tsubomi yang pemalu. Untuk mengembalikan Kokoro no Hana milik Erika yang dirampas oleh Sasorina, Tsubomi berubah wujud menjadi Cure Blossom!
02 Watashitte Shijou Saijaku no Purikyua desu ka?? (私って史上最弱のプリキュアですか??) 14 Februari 2010 Cure Blossom malah tidak berani menghadapi Desertrian yang memiliki Kokoro no Hana milik Erika, sampai ia ditolong oleh pemuda tampan misterius dan terbangun di Botanical Garden milik neneknya. Setelah berbincang dengan neneknya, Tsubomi memiliki keinginan kuat untuk menyelamatkan Erika, akhirnya Cure Blossom dapat bertarung dan mendapatkan Blossom Tact!
03 Futarime no Purikyua wa Yaruki Manman desu! (2人目のプリキュアはやる気まんまんです!) 21 Februari 2010 Erika menceritakan mimpinya tentang Kokoro no Taiju pada Tsubomi, Chypre dan Coffret lantans langsung menyatakan bahwa Erika sudah memiliki persyaratan sebagai PreCure yang kedua. Namun Erika tidak begitu menghiraukannya. Saat Sasorina beraksi dan mengambil Kokoro No Hana milik Sayaka dan membuat Tsubomi kewalahan, Erika memutuskan untuk berubah menjadi Cure Marine!
04 Hayaku mo Purikyua Konbi Kaisan Desuka? (早くもプリキュアコンビ解散ですか?) 28 Februari 2010 Cure Blossom putus asa karena dirinya tidak dapat mengimbangi kekuatan Cure Marine, bahkan keteledoran Cure Blossom diketahui oleh Kumojacky, musuh baru mereka. Disaat yang bersamaan, sepasang sahabat Mao dan Ayumi juga memiliki masalah yang sama dengan masalah Cure Blossom dan Cure Marine. Kumojacky merampas Kokoro no Hana milik Mao, dengan Floral Power Fortissimo, Cure Blossom dan Cure Marine yang sudah dapat menyatukan hati, berhasil mengembalikan Kokoro no Hana milik Mao.
05 Kyohi Sareta Rāmen! Oyako no Kizuna Naoshimasu! 7 Maret 2010 Toko ramen keluarga Miura yang kedua telah dibuka, namun Miura Akira tidak ingin Erika dan Tsubomi mengunjungi toko keluarganya itu. Chypre dan Coffret kelaparan, dan Erika menemukan Cure Full Mix dari dalam perut Coupe-sama untuk mengatasinya. Cobraja muncul menggantikan Kumojacky dan merampas Kokoro no Hana milik Akira. Sebelum Desertrian dari Kokoro no Hana milik Akira menghancurkan toko ramen keluarganya, Cure Blossom dan Cure Marin datang untuk menyelamatkan segalanya.
06 "Sukūpu!Purikyua no Shoutai Barechaimasu!?" (スクープ!プリキュアの正体ばれちゃいます!?) 14 Maret 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]