HeartCatch PreCure!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Heartcatch PreCure!
Genre Action, Comedy, Magical girl
Anime
Sutradara Tatsuya Nagamine
Studio Toei Animation
Rilis 7 Februari 201030 Januari 2011
Portal Anime dan Manga

HeartCatch PreCure! (ハートキャッチプリキュア! HātoKyatchi PuriKyua!?) atau HeartCatch Pretty Cure! adalah seri anime Jepang dan seri ke-7 dari serial Pretty Cure buatan Izumi Todo. Diproduksi oleh Toei Animation, seri ini disutradarai oleh Tatsuya Nagamine, dan ditulis oleh Takashi Yamada. Desain karakter yang resmi dibuat oleh Yoshihiko Umakoshi. Seri perdana ditayangkan pada tanggal 7 Februari 2010 dan berakhir pada 30 Januari 2011, yang kemudian diikuti oleh Suite PreCure.

Seri ini memiliki 2 tema utama. Salah satunya adalah fashion, menunjukkan Tsubomi yang bergabung dengan klub fashion, yang merupakan bagian dari alur cerita. Yang kedua adalah bunga, yang menonjol dalam penamaan berbagai tokoh dan barang, serta dalam alur cerita utama. Selain itu, sebagian episode mengandung setidaknya satu petunjuk ke dalam bahasa bunga.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Setiap orang memiliki Bunga Hati yang terhubung ke Pohon Hati besar yang mengawasi semua orang. Yang melindungi pohon ini adalah para HeartCatch Pretty Cure yang berusaha untuk memertahankannya dengan melawan Rasul Padang Pasir, yang berencana untuk membuat segala sesuatu di dunia menjadi layu dan berubah menjadi padang pasir. Namun, Pretty Cure pada saat itu, Cure Moonlight, berhasil dikalahkan dalam pertempuran sehingga Pohon Hati kehilangan bunganya. Dia kemudian mengirimkan 2 orang peri, Chypre dan Coffret ke permukaan untuk mencari penggantinya. Mereka menemukan Tsubomi Hanasaki, gadis pemalu pecinta bunga yang baru saja pindah ke kota bersama keluarganya, yang diberi kekuatan untuk menjadi Cure Blossom. Bergabung dengan teman barunya, Erika Kurumi, yang menjadi Cure Marine, mereka berperang melawan Rasul Padang Pasir yang mengubah Bunga Hati orang-orang menjadi layu karena monster yang dikenal sebagai Desertarian. Dengan mengalahkan monster tersebut, mereka akan mendapatkan Benih Hati yang memungkinkan Pohon Hati untuk menjadi lebih sehat lagi. Maka, pertempuran di musim ke-7 dari serial Pretty Cure pun dimulai sekarang.

Karatker[sunting | sunting sumber]

Heartcatch Pretty Cure[sunting | sunting sumber]

Dari kanan ke kiri; Cure Blossom (merah muda), Cure Marine (biru), Cure Sunshine (kuning), dan Cure Moonlight (perak/ungu)
Tsubomi Hanasaki (花咲 つぼみ Hanasaki Tsubomi?) / Cure Blossom (キュアブロッサム Kyua Burossamu?)
Pengisi suara: Nana Mizuki

Tsubomi adalah gadis kelas 2 SMP berusia 14 tahun yang bersekolah di cabang Sekolah Menengah Akademi Myōdō. Dia sangat menyukai semua tanaman dan ingin bergabung dengan klub perkebunan, tapi kemudian dia dimasukkan ke klub fashion oleh Erika. Rumahnya adalah sebuah toko bunga yang disebut "Hanasaki Flower Shop". Dia adalah orang yang jujur, tetapi juga pemalu dan pendiam, yang hampir membuat dirinya menjadi rumit. Dia melihat sekolah barunya sebagai kesempatan untuk mengubah dirinya sendiri. Memang, setelah dia bertemu Erika, dia perlahan-lahan mulai berubah. Pertama kali ketika Erika dikuasai oleh Desertrian, dia ingin menyelamatk an Erika dan setengah dipaksa oleh perinya untuk menjadi Pretty Cure. Sebagai Cure Blossom, rambut merah gelapnya berubah menjadi merah muda, warna temanya adalah merah muda dan simbol bunganya adalah bunga sakura. Kekuatannya berhubungan dengan bunga dan dia bisa menggunakan serangan tambahan seperti Blossom Flower Storm dan Blossom Double Impact selain serangan finishing-nya. Slogannya adalah "Aku sudah tidak tahan lagi!" (私、堪忍袋の緒が切れました! Watashi, kanninbukuro no o ga kiremashita!?). Tidak seperti Pretty Cure yang lain, dia tidak serakah dengan makanan dan ia suka belajar.

Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Bunga yang menyebar di seluruh negeri, Cure Blossom!" (大地に咲く一輪の花、キュアブロッサム! Daichi ni saku ichirin no hana, Kyua Burossamu!?).

Erika Kurumi (来海 えりか Kurumi Erika?) / Cure Marine (キュアマリン Kyua Marin?)
Pengisi suara: Fumie Mizusawa

Erika adalah gadis berusia 13 tahun dan teman sekelas sekaligus tetangga Tsubomi. Dia adalah putri dari pemilik toko fashion yang disebut "Fairy Drop". Selain itu, dia adalah ketua klub fashion. Dia mencintai fashion dan merancang pakaiannya sendiri. Dia sangat cemburu terhadap kakak perempuannya yang sudah menjadi model fashion yang cantik dan modis meskipun masih SMA. Dia adalah gadis yang enerjik dan blak-blakan mengatakan apa yang dipikirkannya, meskipun ia juga mulai berubah setelah bertemu Tsubomi. Dia membuat Tsubomi bergabung dengan klub fashion setelah semua anggota lama keluar. Setelah dia diminta untuk menjadi Pretty Cure, dia setuju untuk membantu Tsubomi dalam pertempuran. Sebagai Cure Marine, rambut biru gelapnya berubah menjadi biru muda, warna temanya adalah biru dan simbol bunganya adalah daisy biru. Dia memiliki kekuatan yang berhubungan dengan laut dan dapat menggunakan serangan tambahan seperti Marine Shoot dan Marine Dynamite selain serangan finishing-nya. Slogannya adalah"Bahkan aku, dengan hati yang lebih luas daripada laut, telah mencapai batasnya!" (海より広いあたしの心も、ここらが我慢の限界よ! Umi yori hiroi atashi no kokoro mo, kokora ga gaman no genkai yo!?).

Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Bunga yang berkibar di angin laut, Cure Marine!" (海風に揺れる一輪の花、キュアマリン! Umikaze ni yureru ichirin no hana, Kyua Marin!?)

Itsuki Myōdōin (明堂院 いつき Myōdōin Itsuki?) / Cure Sunshine (キュアサンシャイン Kyua Sanshain?)
Pengisi suara: Hōko Kuwashima

Itsuki adalah siswi tahun kedua yang menjabat sebagai ketua OSIS dan cucu dari kepala sekolah Akademi Myōdō. Itsuki tampil seperti anak laki-laki yang lemah lembut, tampan dan atletik dengan sikap seperti bangsawan yang menarik banyak penggemar. Pada awalnya, Tsubomi sangat mengagumi Itsuki sampai pada akhirnya dia mengetahui bahwa jenis kelamin Itsuki adalah perempuan. Dia melakukan crossdress karena dia harus menggantikan kedudukan kakanya yang sedang sakit sebagai pewaris sekolah dan dojo. Namun, dia tetap menyukai hal-hal yang imut, karena itu, ia yakin untuk bergabung dengan klub fashion. Dia kemudian menjadi Cure Sunshine untuk menyelamatkan Tsubomi dan Erika dari bahaya dengan Potpourri sambil menyelamatkan Hati Bunga kakaknya. Sebagai Cure Sunshine, rambut cokelat pendeknya menjadi lebih panjang dan berubah warna menjadi warna emas, warna temanya adalah kuning/emas dan simbol bunganya adalah bunga matahari. Kekuatannya berhubungan dengan matahari dan dapat menggunakan serangan tambahan seperti Sunflower Aegis dan Sunshine Flash selain serangan finishing-nya. Slogannya adalah "Kegelapan hati itu, akan kusembuhkan dengan cahayaku!" (その心の闇、私の光で照らしてみせる! Sono kokoro no yami, watashi no hikari de tera shitemiseru!?).

Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Bunga yang bermandikan sinar matahari, Cure Sunshine!" (陽の光浴びる一輪の花、キュアサンシャイン! Hi no hikari abiru ichirin no hana, Kyua Sanshain!?)

Yuri Tsukikage (月影 ゆり Tsukikage Yuri?) / Cure Moonlight (キュアムーンライト Kyua Mūnraito?)
Pengisi suara: Aya Hisakawa

Yuri adalah gadis berusia 17 tahun sekaligus teman Momoka yang juga bersekolah di cabang SMA kels 2 Akademi Myōdō. Dia berbagi catatan dengan Momoka ketika tidak dapat menghadiri kelas karena pekerjaannya, dia juga memimpin daftar calon sukses di kelas. Ayahnya hilang selama melakukan penyelidikan Pohon Hati di Perancis. Pada awal cerita, ia dikalahkan selama perang melawan Dark Pretty Cure, menyebabkan Benih Pretty Cure-nya rusak sehingga Pohon Hati menjadi layu. Karena itu, perinya, Cologne, meninggal, dia tidak bisa berubah lagi karena Benih Pretty Cure-nya telah rusak. Terluka akan hal ini, dia tidak bersedia untuk membantu Pretty Cure yang baru. Tetapi kemudian, Pohon Hati dan Pot Hati memulihkan Benih Pretty Cure-nya sehingga ia dapat menjadi Pretty Cure lagi. Sebagai Cure Moonlight, rambut ungu tuanya berubah warna menjadi lebih muda, warna temanya adalah ungu/perak dan simbol bunganya adalah mawar. Cure Moonlight memiliki kekuatan yang berhubungan dengan bulan dan dapat menggunakan serangan tambahan di samping serangan finishing-nya. Slogannya adalah "Demi hati semua orang, aku akan tetap berjuang!" (全ての心が満ちるまで、私は戦い続ける! Subete no kokoro ga michiru made, watashi wa tatakai tsudzukeru!?).

Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Bunga yang berkilau ditimpa cahaya bulan, Cure Moonlight!" (月光に冴える一輪の花、キュアムーンライト! Gekkō ni saeru ichirin no hana, Kyua Mūnraito!?)

Peri[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan peri-peri lain dalam seri Pretty Cure sebelumnya, peri di HeartCatch Pretty Cure lahir di Pohon Hati dengan perintah. Masing-masing bisa menemukan pasangan Pretty Cure-nya sendiri. Tidak seperti peri sebelumnya yang mengakhiri kalimat mereka dengan kata yang biasanya mengacu pada nama mereka masing-masing, semua peri di seri ini mengakhiri kata-kata mereka dengan "desu".

Chypre (シプレ Shipure?)
Pengisi suara: Taeko Kawata

Peri yang menjaga Pohon Hati. Dalam tugas untuk menjaganya dari bahaya, dia datang untuk mencari Pretty Cure, ksatria legendaris yang dipilih oleh Pohon Hati. Dia memberikan Benih Pretty Cure kepada Tsubomi dengan perintah untuk mengaktifkan Parfum Hati, yang memungkinkan dirinya untuk berubah menjadi Cure Blossom. Dia sering menyamarkan dirinya sebagai boneka binatang. Dia memiliki kekuatan untuk menghasilkan Benih Hati. Dikatakan bahwa jika kau mengumpulkan mereka, maka keajaiban akan terjadi. Chypre cenderung lebih tenang daripada rekan perinya, Coffret. Dia sering berperilaku seolah-olah dia adalah adik perempuan Tsubomi. Namanya diambil dari parfum dari keluarga parfum floral, yaitu chypre.

Coffret (コフレ Kofure?)
Pengisi suara: Motoko Kumai

Dia, seperti Chypre, melindungi Pohon Hati dan memberikan Erika kekuatan untuk berubah menjadi Cure Marine. Dia juga sering menyamarkan dirinya sebagai boneka binatang dan bisa menghasilkan Benih Hati. Erika membutuhkan Benih Pretty Cure untuk mengaktifkan Parfum Hatinya, yang memungkinkan dirinya untuk berubah menjadi Cure Marine. Dia cukup pemberani, sesekali melarang orang lain untuk menghina dan baik kepada yang lainnya. Dia bagaikan adik laki-laki untuk Erika.

Potpourri (ポプリ Popuri?)
Pengisi suara: Kokoro Kikuchi

Muncul di episode 20, Potpourri bayi perit yang lahir dari Pohon Hati yang memiliki warna oranye-putih, berbeda dengan Chypre dan Coffret yang berwarna cyan-putih. Potpourri membawa sebuah Benih Hati oranye di tasnya sebagai kunci menuju Istana Pretty Cure. Potpourri dapat memunculkan penghalang yang kuat untuk melindungi yang lainnya. Potpourri sesekali bisa menjadi terburu-buru dan nakal, namun tetap memiliki keinginan yang kuat untuk melindungi Pretty Cure. Di episode 22, Potpourri menemukan kandidat yang sebenarnya, yaitu Itsuki Myōdōin, untuk menjadi Cure Sunshine. Nama Potpourri diambil dari potpourri, campuran tanaman kering yang gunakan untuk memberikan aroma. Menjadi yang termuda di antara Chypre dan Coffret, Potpourri cenderung mengakhiri kalimat dengan 'de-chu', bukan 'desu'.

Cologne (コロン Koron?)
Pengisi suara: Akira Ishida

Muncul di episode 33, Cologne adalah teman peri Yuri sebelum akhirnya ia mengorbankan dirinya untuk melindungi Yuri. Dia telah merawat Chypre dan Coffret sejak mereka lahir, berperilaku tenang sebagai saudara mereka yang lebih tua. Sekarang rohnya ada di Pohon Hati dan terus mengawasi mereka. Warnanya juga berbeda dengan peri yang lainnya, dengan warna dengan lavender-putih, bukannya cyan-putih seperti Chypre dan Coffret. Namanya diambil dari cologne, sejenis parfum untuk pria.

Coupé (コッペ Koppe?)
Pengisi suara: Ken'yū Horiuchi

Peri raksasa yang tinggal di Kebun Tumbuhan yang dimiliki nenek Tsubomi. Dia tidak pernah bicara, tapi dia selalu mengawasi Tsubomi dan Erika. Dikatakan bahwa dia adalah pendukung sang Pretty Cure legendaris, Cure Flower pada masa lalu. Peri-peri yang lebih muda mengaguminya. Dia benar-benar memiliki kemampuan untuk berubah menjadi manusia, biasanya sebagai suami dari Kaoruko, Sora Hanasaki. Dia beberapa kali telah menyelamatkan Pretty Cure dalam wujud manusia meskipun mereka tidak menyadari tentang siapa pria misterius itu (Coupé). Ketika ia menjaga Heartcatch Mirage untuk menguji Pretty Cure dan berhasil dikalahkan, identitasnya pun terungkap. Namanya diambil dari [[coupé], sejenis gaya tubuh mobil tertutup yang digunakan pada mobil sport hardtopped.

Karakter minor[sunting | sunting sumber]

Kaoruko Hanasaki (花咲 薫子 Hanasaki Kaoruko?) / Cure Flower (キュアフラワー Kyua Furawā?)
Pengisi suara: Chika Sakamoto

Nenek Tsubomi, seorang ahli botani yang terkenal dan sekaligus pemilik Hanasaki Flower Shop. Kaoruko dianggap bijaksana, baik hati, dan sangat peduli pada cucunya. Dia mencintai bunga lebih dari pada apa pun, yang banyak memengaruhi Tsubomi untuk menjadi pecinta bunga. Dia juga orang yang kuat yang memiliki ketenaran dari juara termuda dalam sejarah kontes judo nasional. Bahkan, dia sebenarnya adalah Cure Flower di masa mudanya, senior Cure Moonlight yang sebelumnya di alam semesta Pretty Cure. Kaoruko menjadi Pretty Cure setelah ia bertemu Coupé ketika dia datang ke sana untuk memelajari tentang Pohon Hati. Dia pernah mengalahkan Dune dengan Heartcatch Mirage, tapi sebagai gantinya, Benih Pretty Cure-nya pun hancur karenanya. Pada beberapa saat tertentu, ia menemui semua Pretty Cure dan para peri. Dalam episode 44, keinginan Natalnya adalah untuk menjadi Cure Flower sekali lagi agar suatu hari dapat membantu Tsubomi dan yang lainnya. Sebagai Cure Flower, warna temanya adalah merah tua dan simbol bunganya adalah bunga teratai. Serangannya berhubungan dengan bunga, sama seperti Tsubomi, tapi dia tidak memiliki kekuatan untuk membuat serangan yang lebih kuat seperti Forte Wave.

Dia memerkenalkan dirinya sebagai "Bunga yang bersinar dalam Cahaya Suci, Cure Flower!" (聖なる光に輝く一輪の花、キュアフラワー! Seinaru Hikari kagayaku ichirin no hana, Kyua Furawā!?)

Mizuki Hanasaki (花咲 みずき Hanasaki Mizuki?)
Pengisi suara: Katō Yōko

Ibu Tsubomi, seorang penjual bunga di Hanasaki Flower Shop. Dia adalah seorang perwira dari pemasok rantai toko bunga terkenal, "Red Florian". Dia melahirkan putri keduanya, Futaba (ふたば?), setelah cerita berakhir.

Yōichi Hanasaki (花咲 陽一 Hanasaki Yōichi?)
Pengisi suara: Nobuaki Kanemitsu

Ayah Tsubomi, satu-satunya putra Kaoruko, dan juga penjual bunga di Hanasaki Flower Shop dan dan bekerja juga sebagai seorang profesor paruh waktu.

Sora Hanasaki (花咲 空 Hanasaki Sora?)
Pengisi suara: Ken'yū Horiuchi

Kakek Tsubomi dan suami Kaoruko, yang meninggal setelah anak laki-lakinya lahir. Dia adalah seorang pemain cello yang tinggal sendirian di Kamakura. Dia bertemu dengan calon istrinya di kabinnya yang dibangun di hutan lavender.

Sakura Kurumi (来海さくら Kurumi Sakura?)
Pengisi suara: Hyo-sei

Ibu Erika, pemimpin toko Fairy Drop, dan juga mantan model terkenal.

Ryūnosuke Kurumi (来海 流之助 Kurumi Ryunosuke?)
Pengisi suara: Kōichi Tōchika

Ayah Erika, seorang fotografer terkenal, berkeinginan untuk memotret gambar untuk istri dan anak-anak perempuannya yang tercinta.

Momoka Kurumi (来海 ももか Kurumi Momoka?)
Pengisi suara: Shizuka Itō

Kakak perempuan Erika, bersekolah di cabang SMA kelas 2 Akademi Myōdō, dijuluki "Momo Nee" oleh Erika. Dia adalah model paruh waktu yang populer dan selalu membuat Erika cemburu. Di episode 8, diungkapkan bahwa ia juga cemburu kepada Erika dengan kemampuannya yang mampu dengan mudah membuat banyak teman.

Haruna Tsukikage (月影 はるな Tsukikage Haruna?)
Pengisi suara: Rei Sakuma

Ibu Yuri. Dia telah menerima kehidupannya sendiri di toko dekat stasiun kereta api lokal karena suaminya menghilang.

Gentarō Myōdōin (明堂院 厳太郎 Myōdōin Gentarō?)
Pengisi suara: Hiroshi Naka

Kakek Itsuki, dia adalah kepala sekolah Akademi Myōdō dan pemimpin dojo lokal di kota.

Tsubaki Myōdōin (明堂院 つばき Myōdōin Tsubaki?)
Pengisi suara: Atsuko Yuya

Ibu Itsuki, dia adalah putri kepala sekolah Akademi Myōdō yang sebenarnya.

Satsuki Myōdōin (明堂院 さつき Myōdōin Satsuki?)
Pengisi suara: Tomoaki Maeno

Kakak laki-laki Itsuki yang memiliki kondisi di mana ia tidak bisa berjalan dengan baik. Awalnya, dia adalah pewaris dan seorang pejuang yang luar biasa yang banyak memengaruhi Itsuki. Berbeda dengan penampilan maskulin adiknya, Satsuki justru menunjukkan penampilan seperti perempuan.

Nn. Tsurusaki (鶴崎先生 Tsurusaki-sensei?)
Pengisi suara: Hiroko Ushida

Wali kelas Tsubomi dan Erika di Akademi Myōdō, teliti tetapi dapat diandalkan. Dia takut akan hantu, yang dia pikir dapat menahannya dari kegiatan mengajarnya.

Nanami Shiku (志久 ななみ Shiku Nanami?)
Pengisi suara: Yukiyo Fujii

Teman sekelas Tsubomi dan Erika yang diam-diam menjadi penggemar Itsuki. Sejak ibunya meninggal, dia telah bertindak sebagai sosok ibu untuk adiknya, Rumi, meninggalkan sedikit waktunya untuk kegiatan luar seperti klub fashion. Namun, dia berubah pikiran di episode 14.

Tatsuya Ozuka (大塚 たつや Ozuka Tatsuya?)
Pengisi suara: Naoki Mizutani

Teman sekelas Tsubomi dan Erika.

Naomi Sawai (沢井 なおみ Sawai Naomi?), Rumiko Kuroda (黒田 るみこ Kuroda Rumiko?), Toshiko Sakuma (佐久間 としこ Sakuma Toshiko?)
Suara oleh: Yukiko Ueoka, Tomo Adachi, Seiko Yoshida

Teman sekelas Tsubomi dan Erika yang tertarik untuk mengikuti klub fashion.

Kanae Tada (多田 かなえ Tada Kanae?)
Pengisi suara: Sachiko Kojima

Teman sekelas Tsubomi dan Erika. Kanae menyukai fotografi dan suka menangkap adegan lucu dengan kameranya yang berharga. Dia ingin mengambil gambar dari Pretty Cure.

Olivier (オリビエ Oribie?) / Loup-Garou (ルー・ガルー Rū·garū?)
Pengisi suara: Ikue Ōtani

Olivier adalah tangan kanan dari Baron Salamander dan anak angkatnya. Dia pertama kali muncul di episode 48 dalam kilas balik Dune. setelah ia membukanya dari hukuman penjara 400 tahunnya. Dia dan Baron Salamander adalah satu-satunya anggota yang bertahan dari Rasul Gurun setelah peristiwa kekalahan organisasi itu.

Rasul Padang Pasir[sunting | sunting sumber]

Rasul Padang Pasir (砂漠の使徒 Sabaku no Shito?) adalah tokoh antagonis utama dalam seri. Mereka adalah kelompok terkenal yang tujuannya adalah untuk mengumpulkan Bunga Hati yang layu dari korban-korban mereka dan mengambil alih dunia dengan mengubahnya menjadi gurun raksasa. Mereka juga bertanggung jawab atas layunya Pohon Hati. Hal ini terungkap dalam episode 20, bahwa Rasul Padang Pasir melayani Dune dan menerima perintah darinya.

Dune (デューン Dyūn?)
Pengisi suara: Hikaru Midorikawa

Dune adalah pemimpin Rasul Gurun yang sebenarnya dan tokoh antagonis utama, yang telah tertidur nyenyak setelah ia dikalahkan oleh Cure Flower yang menyegel kekuatannya dalam sebuah liontin. Dia pertama kali muncul sebagai bayangan di layar video, berbicara dengan Sabaku tentang peri baru yang telah lahir, dalam kilas balik, dan dalam beberapa episode. Dune tiba di bumi setelah mendapatkan kembali kekuatannya dan mengirim Benih Padang turun ke bumi yang dengan cepat berubah menjadi Iblis Padang Pasir. Niatnya yang sebenar adalah untuk menghancurkan Pohon Hati.

Profesor Sabark (サバーク博士 Sabāku-hakase?)
Pengisi suara: Taiten Kusunoki

Profesor Sabark adalah seseorang yang bertindak sebagai pemimpin Rasul Gurin, yang ingin menghancurkan Pohon Hati. Dia biasanya terlihat sedang duduk di atas sebuah kursi tingkat tinggi yang terletak di dasar tempat persembunyian Rasul Padang Pasir, dengan tangan kanannya, Dark Pretty Cure yang selalu ada di sisinya. Dia hampir tidak pernah terlihat tanpa topeng. Dia ingin menyelesaikan generasi terbaru Pretty Cure untuk mengmbil alih Pohon Hati. Dalam episode 48, diungkapkan bahwa dia adalah ayah Cure Moonlight yang hilang. Ia dikalahkan oleh Dune untuk menyelamatkan Cure Blossom dan Cure Moonlight.

Dark Pretty Cure (ダークプリキュア Dāku Purikyua?)
Pengisi suara: Minami Takayama

Dark Pretty Cure selalu berada di sisi Sabark setiap kali Rasul Padang Pasir bertemu dengannya. Di awal cerita, ia berjuang melawan Cure Moonlight di depan Pohon Hati dan menang dengan Benih Pretty Cure-nya yang sudah setengah rusak. Dia memiliki kekuatan yang luar biasa dalam pertempuran yang bisa mengalahkan Cure Blossom dan Cure Marine dengan mudah dan membuat mereka keluar dari wujud Pretty Cure. Meskipun demikian, dia memiliki kesadaran dalam persaingan melawan Cure Moonlight, yaitu saingan abadinya. Dia tampaknya memiliki hubungan khusus dengan Cure Moonlight, setelah dia mengatakan bahwa dia adalah dirinya.

Sasorina (サソリーナ Sasorīna?)
Pengisi suara: Urara Takano

Sasorina adalah salah satu Kadet dari Sabark, dan yang pertama kali muncul sebelum pahlawan utama. Dia berbicara dengan aksen asing dan dapat menggunakan rambutnya sebagai ekor kalajengking yang beracun. Sebagian besar waktu, Sasorina memiliki aura yang tenang di sekelilingnya, dan selalu menyeringai kecuali saat panik atau diprovokasi. Saat diprovokasi, dia kehilangan kepribadian tenangnya dan marah seketika. Sasorina menatap rendah pada orang-orang yang lemah, tetapi akan mengakui musuh yang kuat. Namanya diambil dari kata sasori, bahasa Jepang yang berarti 'kalajengking'.

Kumojacky (クモジャキー Kumojakī?)
Pengisi suara: Eiji Takemoto

Kumojacky adalah salah satu Kadet dari Sabark. Meskipun jahat, Kumojacky tetap bertarung dengan adil, dan tidak akan pernah melawan musuh yang terlalu lemah. Kumojacky telah terbukti memiliki kepribadian yang penuh gairah konstan di mana pun ia berada. Dia suka melihat penderitaan orang lain. Penuh percaya diri, ia mengklaim bahwa jika seratus Pretty Cure melawannya sekalipun, ia tidak dapat dikalahkan. Meskipun demikian, dia tetap santun, dan selalu memperkenalkan dirinya kepada seseorang yang akan digunakannya atau melawannya. Namun, dia tidak pernah ragu-ragu untuk memberitahu orang-orang tentang kelemahan mereka, bahkan ia cenderung mendorong mereka untuk menjadi lebih kuat.

Cobraja (コブラージャ Koburāja?)
Pengisi suara: Hirofumi Nojima

Cobraja adalah salah satu Kadet dari Sabark. Dia sangatlah Narsisisme, selalu berpikir bahwa dirinya adalah orang tercantik di alam semesta. Dia sering membuat Snackey mengambil foto-foto dirinya yang sedang berpose atau membuat orang-orang memberinya perhatian. Di depan Pretty Cure, ia memiliki kekuatan pertempuran dan ia tidak akan membiarkan wajahnya terluka, dan ia pernah berpikir untuk dikagumi oleh Pretty Cure pada awalnya. Dia juga bisa melemparkan tanda tangan yang mematikan untuk menyerang orang lain.

Baron Salamander (サラマンダー男爵 Saramandā Danshaku?)
Pengisi suara: Keiji Fujiwara

Baron Salamander adalah anggota yang hilang dari Rasul Gurun dan dia awalnya adalah tangan kanan Dune sebelum Profesor Sabark menggantikan tempatnya. Dia disebutkan sekali oleh Dune di Episode 48, sebagai orang yang telah memberi ayah Yuri masker yang kemudian selalu dipaikai oleh Sabark, sehingga dia dapat menguasai pikirannya untuk melayani Dune. Dalam film, ia adalah penjahat utama yang terbangun setelah 400 tahun lamanya setelah dikalahkan oleh Cure Ange dan telah disegel di dalam biara di Mont Saint-Michel di Perancis.

Snackey (スナッキー Sunakkī?)
Pengisi suara: Chado Horii

Snackey adalah sekelompok pelayan di Rasul Gurun. Berbeda dengan 3 anggota lain, Snackey bertindak lebih seperti pembantu mereka, memenuhi semua pesanan dan permintaan mereka. Mereka tidak bisa berbicara dengan baik, dan pada akhirnya hanya menggunakan kata "Ki" ketika berbicara. Mereka dapat dilihat dengan semua jenis bentuk yang berbeda.

Desertrian (デザトリアン Dezatorian?)
Pengisi suara: Tomoko Kaneda

Monster yang dapat dibentuk dengan Bunga Hati layu yang dicuri yang kemudian digabungkan dengan benda-benda lainnya. Tidak seperti monster di seri Pretty Cure sebelumnya, monster ini dapat mengutarakan perasaan khawatir seseorang yang dapat menyebabkan Bunga Hatinya layu. Semakin kuat rasa takut atau rasa khawatir seseorang, maka Buga Hatinya akan menjadi lebih layu lagi, dan Desertian yang terbentuk pun akan semakin kuat lagi. Kemudian di seri, Kadet dari Sabark mendapatkan Gelang Kegelapan, yang memungkinkan mereka untuk dapat langsung mengontrol langsung Desertrian jika motifnya goyah, membuat mereka menjadi lebih kuat dalam proses mereka.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Anime ini disutradarai oleh Tatsuya Nagamine dan diproduksi oleh Toei Animation, ditayangkan di Jepang pada Asahi Broadcasting Corporation dan stasiun All-Nippon News Network lainnya antara 7 Februari 2010 dan 30 Januari 2011. Serial ini menggunakan 3 buah tema musik, 1 sebagai pembuka dan 2 sebagai penutup. Tema pembukanya adalah "Alright! HeartCatch PreCure!" (Alright!ハートキャッチプリキュア! Ōrai! Hātokyatchi Purikyua?) olh Aya Ikeda. Tema penutup untuk episode 1–24 adalah "HeartCatch☆Paradise!" (ハートキャッチ☆パラダイス! Hātokyatchi☆Paradaisu!?) oleh Mayu Kudō, sedangkan tema penutup untuk episode 25-49 adalah "Tomorrow Song ~Ashita no Uta~" (Tomorrow Song ~あしたのうた~ To~umorō Songu ~Ashita no Uta~?) oleh Mayu Kudō.

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga oleh Futago Kamikita mulai diserialisasi di majalah Kodansha, yaitu Nakayoshi dari Maret 2010 sampai Februari 2011.

Film[sunting | sunting sumber]

Sebuah film yang didasarkan oleh seri HeartCatch PreCure yang berjudul Film HeartCatch PreCure: Fashion Show di Kota Bunga ... Sungguh!? (ハートキャッチプリキュア!花の都でファッションショー・・・ですか!? HātoKyatchi PuriKyua! Hana no Miyako de Fasshon Shō ... desu ka!??) telah dirilis di Jepang pada 30 Oktober 2010. Tentang para Pretty Cure yang pergi ke Perancis dan menemukan seorang anak misterius bernama Olivier, yang dimanipulasi oleh penjahat misterius, Baron Salamander. Film ini adalah film Pretty Cure pertama yang dirilis di luar Jepang, dengan versi bahasa Perancis yang dirilis oleh Imagine in France pada 26 Januari 2011 dengan judul HeartCatch Pretty Cure! Le film: Mission défilé à Paris (Film HeartCatch Pretty Cure!: Misi Parade di Paris).

Para pahlawan juga muncul di semua film-film Pretty Cure All Stars, dimulai dengan Pretty Cure All Stars DX2: Cahaya Harapan☆Lindungi Permata Pelangi! (プリキュアオールスターズDX2 希望の光☆レインボージュエルを守れ! PuriKyua Ōru Sutāzu Dirakkusu Tsū: Kibō no Hikari☆Reinbō Jueru o Mamore!?) yang dirilis pada 30 Maret 2010.

Video game[sunting | sunting sumber]

Saat ini ada 3 videogame yang dibuat berdasarkan seri yang diproduksi oleh Bandai. Sebuah game edukasi, Transformasi Modis★HeartCatch PreCure! (おしゃれにへんしん★ハートキャッチプリキュア! Oshare ni Henshin★HātoKyatchi PuriKyua!?), telah diriis untuk Sega Beena pada 22 Juli 2010. HeartCatch PreCure! Koleksi Fashion (ハートキャッチプリキュア!おしゃれコレクション HātoKyatchi PuriKyua! Oshare Korekushon?) adalah sebuah minigame untukNintendo DS dan telah dirilis pada 5 Agustus 2010. Judull DS yang lain, Mari Bermain Dengan Suara! HeartCatch PreCure! (こえであそぼう!ハートキャッチプリキュア! Koe de Asobō! HātoKyatchi PuriKyua!?), dirilis pada 11 November 2010, memungkinkan pemain untuk merekam suara mereka sendiri pada adegan-adegan dari anime.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]