Hawaii Five-0

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hawaii Five-0
Hawaii five-o.png
Intertitle Hawaii Five-0
Genre Drama
Prosedural Polisi
Perancang
Pemeran
Komposer lagu tema Morton Stevens
Komposer
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Hawaii
Jumlah musim 4
Jumlah episode 82 (Daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif
  • Peter M. Lenkov
  • Alex Kurtzman
  • Roberto Orci
Lokasi O'ahu, Hawaii
Durasi 42 menit
Rumah produksi K/O Paper Products
CBS Productions (musim 1-2)
CBS Television Studios (musim 3)
101st Street Television
Siaran
Saluran asli CBS
Format gambar
Penayangan awal 20 September 2010 (2010-9-20) – sekarang
Kronologi
Tayangan terkait Hawaii Five-O
Pranala luar
http://www.cbs.com/primetime/hawaii_five_o/

Hawaii Five-0 adalah drama prosedural polisi asal Amerika dan merupakan hasil imajinasi ulang dari serial asli yang tayang pada tahun 1968–1980. Serial ini diproduksi oleh K/O Paper Products dan 101st Street Television yang bekerjasama dengan CBS Productions. Judul acara yang baru ini menggunakan angka nol daripada huruf "O" yang digunakan di seri aslinya.[1]

Hawaii Five-0 tayang perdana di CBS, saluran yang sama yang menayangkan versi aslinya. Seperti versi aslinya, diceritakan sebuah unit elit polisi negara/gugus tugas yang ditugaskan untuk memerangi kejahatan di negara bagian Hawaii. Serial ini tayang perdana pada tanggal 20 September 2010, 42 tahun sejak penayangan perdana versi aslinya; 20 September 1968. Pada tanggal 21 Oktober 2010, CBS mengumumkan bahwa Hawaii Five-0 telah diberikan musim penuh yang berisi 24 episode.[2]

Pada 14 Maret 2012, CBS memperbarui Hawaii Five-0 untuk musim ketiga,[3] yang akan tayang perdana pada tanggal 24 September 2012.[4]

Pada 27 Maret 2013, CBS memperbarui Hawaii Five-0 untuk musim keempat.[5]

Episode[sunting | sunting sumber]

Serial ini meliputi tindakan sebuah gugus tugas kecil yang dibentuk oleh Gubernur Hawaii, Gubernur Pat Jameson, untuk menginvestigasi tindakan kriminal yang terjadi sepanjang pulau, karena Hawaii tidak mempunyai gugus tugas polisi yang resmi. Tim ini dipimpin oleh Letnan Komandan Steve McGarrett, USNR dan menginvestigasi berbagai kasus mulai dari terorisme hingga penculikan. McGarrett memilih rekan-rekannya, yang terdiri atas Detektif Kepolisian Honolulu Danny "Danno" Williams, dan memilih Chin Ho Kelly dan sepupu Chin, seorang polisi pemula bernama Kona Kalakaua. Gugus tugas ini tidak mengikuti rantai komando biasa dan langsung melaporkannya ke kantor Gubernur. Salah satu bagian yang belum dijelaskan adalah tentang nama Five-0. Diambil dari nomor kostum yang digunakan Steve McGarrett saat masih muda di sebuah video yang ditonton oleh tim, Kono menentukan bahwa Five-0 akan menjadi nama tim mereka. Tetapi, ini masih belum dijelaskan kepada semua (terutama turis) yang ingin mengetahui apa itu Five-0 meskipun merupakan nama tidak resmi di sebuah pertemuan tertutup,[6][7] walaupun nama itu sudah resmi digunakan di episode-episode selanjutnya. Markas Five-0 terletak di Aliiolani Hale, yang merupakan tempat patung terkenal Kamehameha, yang paling sering dilihat di acara ini; sesungguhnya Aliiolani Hale merupakan markas Pengadilan Negeri Hawaii dan pula tempat dimana Pengadilan Tinggi Hawaii sering mengadakan sidang.

Biasanya, setiap episode dimulai dengan dilakukannya sebuah kejahatan atau ditemukannya sebuah tubuh (meskipun di satu episode tim ditugaskan untuk menyediakan perlindungan kepada orang terkemuka dari luar negeri), dan penugasan investigasi berikutnya kepada tim, baik dari Gubernur atau wakilnya. Gugus tugas ini menggunakan otoritas dari Gubernur untuk mengakses tempat kejadian perkara dan investigasi mengikutsertakan Departemen Kepolisian Honolulu (HPD) jika mereka melewati batas. Untuk membantu mereka dalam menginvestigasi kasus, tim ini diberikan imunitas penuh atas tindakan yang dilakukan dalam menjalankan tugas, meskipun kemudian imunitas ini dicabut oleh Wakil Gubernur, menyusul pembunuhan Gubernur.

Kisah utama yang diangkat pada episode pertama menceritakan pembunuhan ayah McGarrett, yang masih menangani kasus korupsi meskipun ia sudah pensiun. Setelah teroris yang bertanggungjawab terhadap pembunuhan itu ditangkap, figur misterius menginterogasinya tentang investigasi yang dilakukan Steve tentang kasus lama ayahnya. Figur ini kemudian diketahui sebagai Wo Fat, seorang kriminal yang mempunyai koneksi dengan Yakuza, sebuah sindikat kriminal terorganisasi di Jepang, dan memiliki kemungkinan jaringan dengan tersangka bom mobil yang mengakibatkan ibunya Steve meninggal (sebuah kematian yang awalnya merupakan kecelakaan). Ketika ayahnya menginvestigasi kasus ini sebagai kepala Gugus Tugas Kriminal Terorganisasi HPD, investigasi yang dilakukan mulai terlampau jauh, memaksanya untuk menghentikan investigasi kasus ini. Kemudian ia menyimpan semua barang bukti di sebuah kotak, mengharapkan anaknya kemudian menyelesaikan pekerjaan ayahnya.

Kisah utama lainnya melibatkan alasan mengapa Chin Ho meninggalkan Departemen Kepolisian Honolulu (HPD) setelah dicurigai mencuri uang dari loker penyitaan aset HPD. McGarrett menyetujui Chin Ho berada di gugus tugas ini, karena ia merupakan anak didik ayahnya. Selama serial berlangsung, ia mengungkapkan bahwa ada sesuatu dalam HPD merupakan jebakan dan sesuatu ini juga kemungkinan terhubung dengan penyelidikan kasus ayah McGarrett.

Pada akhir musim pertama, gugus tugas Five-0 bubar setelah McGarrett ditangkap karena membunuh Gubernur Jameson. Kemudian, di musim kedua, Gubernur baru Sam Denning mengembalikan gugus tugas ini setelah McGarrett dinyatakan tidak bersalah; tetapi tim ini tidak lagi memiliki imunitas penuh dan harus mengikuti aturan Gubernur. Gubernur Denning menunjuk Lori Weston dari Departemen Perlindungan Tanah Air untuk memantau tim (di episode kedua); kemudian mengundurkan diri pada episode ke-16 karena sebuah insiden diplomatik yang terjadi di Konsulat Rusia.

Di musim kedua, Dr. Max Bergman, M.E. (diperankan Masi Oka) menemukan bahwa ibu biologisnya terbunuh oleh pembunuh berantai yang mulai membunuh lagi. Hubungan antara Rachel dan Danny sempat dingin, ketika, pada akhir musim, Danny nyaris bertengkar dengan Rachel dan suami barunya Stan yang berencana untuk membawa putri Danny yang bernama Grace ketika akan pindah ke daratan utama. Kono terlibat dalam tugas penyamaran, dalam lima episode, dimana ia terlihat kehilangan lencananya, tetapi bekerja dengan Urusan Internal HPD Capt. Vincent Fryer, yang menginvestigasi sebuah grup yang beranggotakan mantan polisi yang terlibat dalam aktvitas ilegal. Chin Ho dan mantan tunangannya kembali bertemu dan menikah, dengan anggota gugus tugas Five-0 dan Kamekona sebagai orang-orang yang datang ke pernikahannya.

McGarrett terus mempelajari lebih dalam tentang kematian ayahnya dan Shelburne yang misterius. Mantan komandannya di SEAL, Joe White (yang juga merupakan teman ayahnya McGarrett) datang ke pulau dan membantu McGarrett berkali-kali dan mendapatkan apa yang diinginkannya kepada orang lain. Wo Fat kembali dan terlibat dalam beberapa pembunuhan, termasuk pembunuhan pemimpin Yakuza, Hiro Noshimuri, dan diburu oleh mereka. Pada akhir musim, Joe membawa McGarrett untuk melihat Shelburne yang ternyata merupakan ibunya yang sebelumnya diperkirakan meninggal 20 tahun yang lalu.[8]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Para pemain Hawaii Five-0, musim kedua. Dari kiri ke kanan: Grace Park, Daniel Dae Kim, Alex O'Loughlin, Scott Caan dan Lauren German.

Pemeran utama[sunting | sunting sumber]

  • Alex O'Loughlin sebagai Letnan Komandan Steven J. "Steve" McGarrett, USNR, seorang mantan anggota Navy SEAL dan waktunya dihabiskan di Kantor Intelijen Angkatan Laut. Ia dinamai setelah kakeknya, salah seorang dari korban USS Arizona. Ayahnya John dibunuh di episode perdana, dan ini membentuk salah satu dari kisah utama (di musim pertama episode keempat yang berjudul "Lanakila", telah diceritakan bahwa John McGarrett lahir pada tanggal 15 Maret 1942 dan meninggal pada tanggal 20 September 2010). Steve McGarrett memiliki kemampuan yang baik secara fisik maupun intelektual, dengan dapat berbahasa Hawaii dan Mandarin dengan lancar, sementara ia juga mampu memerangi orang satu lawan satu serta memanfaatkan kreativitas lapangan jika diperlukan. McGarrett menggunakan pertempuran perempat dekat yang sering digunakannya untuk melumpuhkan pelaku kejahatan, sesuatu yang diajarkan saat latihan di SEAL. Ia adalah seorang Navy SEAL yang berpengalaman, dan pada suatu hari Gubernur mengatakan catatannya: "Annapolis, lima tahun Intelijen AL, enam tahun bersama Navy SEAL. Atasan Anda mengatakan bahwa Anda adalah yang terbaik yang pernah mereka lihat."
  • Scott Caan sebagai Detektif Sersan Daniel "Danny" (atau "Danno") Williams, seorang detektif Departemen Kepolisian Honolulu (HPD), yang dipindahkan dari Departemen Kepolisian Newark ketika mantan istrinya, Rachel, pindah ke Hawaii bersama putrinya Grace. Karakters "berdasarkan-buku" yang dimiliki Williams kontras dengan karakter McGarrett "akhir dibenarkan makna", dan merupakan sumber ketegangan antara keduanya. Diketahui sebagai seorang haole karena memakai dasi di pulau sepanjang musim pertama, Williams adalah polisi setia yang mengutamakan pekerjaannya terlebih dahulu, sementara hidup dinomorduakan. Sebagai konsekuensinya, ia seringkali bertengkar dengan mantan istrinya Rachel karena tidak tepat waktu. Ia adalah seorang teman dan polisi yang setia, sekali menolak percaya bahwa mantan rekannya korup ketika diadu melawan bukti saat rekannya ditemukan meninggal (musim pertama, episode kedelapan).
  • Daniel Dae Kim sebagai Detektif Letnan Chin Ho Kelly, mantan anggota HPD (kembali menjadi anggota pada akhir musim pertama) dan anak didik ayahnya McGarrett, meninggalkan gugus ketika dicurigai secara salah sebagai tersangka kasus korupsi. Kemudian terungkap bahwa pamannya, seorang polisi yang telah pensiun, mengambil uangnya untuk membayar perawatan medis bibinya. Meskipun berkeras ia bersih, Kelly bersedia untuk menyalahkan untuk mencegah pamannya ditahan di penjara. Kemudian ia bersih dari kasus korupsi dan kembali ke HPD sebagai Letnan, tetapi kembali ke gugus tugas.
  • Grace Park sebagai Perwira Kono Kalakaua, seorang lulusan baru akademi HPD dan mantan peselancar profesional, yang juga merupakan sepupu dari Chin Ho Kelly. Ia ditahan dan ditanyai oleh HPD setelah dicurigai mencuri $10 juta dari loker penyitaan aset HPD. Saat diskors, ia membantu Kelly dan Williams menemui Wo Fat, yang bertanggungjawab menjebak Steve McGarrett sebagai pembunuh Gubernur. Untuk anggota Five-0 dan publik, Kalakaua telah disita lencananya oleh Departemen Urusan Dalam HPD, tetapi kemudian merupakan rencana untuknya untuk menyamar untuk melumpuhkan jaringan mantan polisi kotor.
  • Masi Oka sebagai Dr. Max Bergman (musim kedua–sekarang, musim pertama berulang), seorang Kepala Pemeriksa Medis. Ia juga bermain piano dan penggemar fiksi ilmiah. Pada musim kedua episode "Ha'alele", diceritakan bahwa ibu biologisnya terbunuh oleh "Tukang Sampah" terkenal, seorang pembunuh berantai yang terkenal di Hawaii pada tahun 1980an.
  • Lauren German sebagai Agen Spesial Lori Weston (musim kedua episode kedua–keempat berulang, musim kedua episode ke-5–ke-16 utama[9]), adalah seorang mantan anggota Penjaga Tanah Air (dan FBI) yang merupakan penganalisis profil, yang ditugaskan oleh Gubernur baru untuk memantau Five-0 dan memastikan tim mengikuti aturan Gubernur. Weston mengundurkan diri dari Five-0 setelah insiden diplomatik yang melibatkan Konsulat Rusia.
  • Michelle Borth sebagai Lt. Catherine Rollins, USN (musim ketiga–sekarang, musim pertama–kedua berulang), adalah seorang perwira intelijen di pembawa pesawat Enterprise, dan kekasih putus-sambung Steve McGarrett.

Pemeran berulang[sunting | sunting sumber]

  • Terry O'Quinn sebagai Komandan Joe White, USN, mentor Steve McGarrett dan instruktur Navy SEAL. Ia datang ke Hawaii atas permintaan Danny Williams untuk membersihkan nama baik Steve setelah ia dijebak Wo Fat sebagai tersangka pembunuhan Gubernur Pat Jameson. Ia diberhentikan dengan tidak hormat dari Angkatan Laut dengan dana pensiun penuh setelah menyelamatkan Steve dalam sebuah operasi ilegal dan mempunyai rahasianya sendiri.
  • Mark Dacascos sebagai Wo Fat, seorang penguasa kriminal dan dalang yang memiliki hubungan dengan Yakuza, pedagang senjata, teroris, bahkan pejabat resmi, dan kemungkinan berada di belakang pembunuhan kedua orangtua McGarrett. Ia juga bertanggungjawab sebagai penjebak Steve McGarrett dalam pembunuhan Gubernur, dan menawarkan Victor Hesse untuk membunuh McGarrett untuk mencegahnya menginvestigasi lebih lanjut sebelum Wo Fat membunuh Victor Hesse sendiri. Ia kemudian ditangkap oleh McGarrett pada 2x22 – "Ua Hopu".
  • Larisa Oleynik sebagai mantan analis CIA Jenna Kaye, pembantu Five-0. Ia kemudian diceritakan bekerjasama dengan Wo Fat, dan di akhir sebuah episode terlihat ia menyupiri Wo Fat setelah ia membunuh Victor Hesse. Ia kemudian menindaklanjuti bahwa tunangannya Josh yang diakuinya telah dibunuh oleh Wo Fat, kemungkinan masih hidup dan meminta Steve mengikutinya ke Korea Utara untuk mendapatkannya. Rupanya ini merupakan jebakan untuk McGarrett, dengan Wo Fat mengatakan kepada Jenna bahwa Josh akan bebas ketika ia membawa McGarrett, menjelaskan kerjasamanya dengan Wo Fat. Jenna kemudian menemukan bahwa Josh telah meninggal selama ini dan juga merupakan jebakan untuknya. Ia dapat mengatakan kepada McGarrett bahwa ia meminta maaf karena menjebaknya dan memberi kesempatan untuk menolongnya kabur sebelum Wo Fat menembak dan membunuhnya (musim kedua, episode kesepuluh).
  • Taylor Wily sebagai Kamekona, pemilik Es Serut Waiola dan truk udang Kamekona. Ia merupakan informan rahasia.
  • Ian Anthony Dale sebagai Adam Noshimuri, putra pemimpin Yakuza cabang Hawaii dan kekasih Kono. Ia mencoba untuk mengabsahkan dan membersihkan organisasinya.
  • Claire van der Boom sebagai Rachel Edwards, mantan istri Danny.
  • Teilor Grubbs sebagai Grace Williams, putri Danny. Ia dinamai setelah mantan rekan Danny yang tewas dibunuh di New Jersey pada 11 September 2001.[10]
  • Jean Smart sebagai Gubernur Pat Jameson, dimana ia bekerjasama dan dibunuh oleh Wo Fat pada akhir musim pertama.
  • Kelly Hu sebagai Laura Hills, hubungan keamanan publik dari Gubernur Jameson, dibunuh oleh bom mobil pada akhir musim pertama.
  • Taryn Manning sebagai Mary Ann McGarrett, saudara perempuan Steve.
  • Will Yun Lee sebagai Sang Min, seorang snakehead dan sumber intelijen kriminal untuk Five-0.
  • James Marsters sebagai Victor Hesse, pembunuh ayah McGarrett yang bekerjasama dengan Wo Fat. Ia dibunuh oleh Wo Fat di Lembaga Pemasyarakatan Halawa, tetapi sebelum membantu Steve McGarrett dan timnya.
  • Al Harrington sebagai Mamo Kahike, pemilik persewaan peralatan selancar di Pantai Waikiki dan teman lama dari Keluarga McGarrett. Harrington berperan sebagai Detektif Ben Kokua di Hawaii Five-O versi asli.
  • Dennis Chun sebagai Sersan Duke Lukela, perwira HPD.
  • Kala Alexander sebagai Kawika, pemimpin geng Kapu.
  • Richard T. Jones sebagai Gubernur Sam Denning, yang sebelumnya menjadi Wakil Gubernur dan diangkat menjadi Gubernur setelah pembunuhan Gubernur Pat Jameson.
  • Brian Yang sebagai ilmuwan forensik Charlie Fong.
  • Reiko Aylesworth sebagai Malia Waincroft, istri Chin Ho. Menikah bersama Chin pada episode "Alaheo Pauʻole", tetapi meninggal di awal musim ketiga "La O Na Makuahine".
  • David Keith sebagai Wade Gutches, Komandan SEAL Tim 9 dan merupakan teman dari Komandan White.
  • Tom Sizemore sebagai Vince Fryer, seorang Kapten Urusan Dalam HPD yang seolah-olah menyatakan bahwa Kono dihentikan dari unit, tetapi menyuruhnya bekerja untuknya. Kono tertembak ketika Fryer menangani kasusnya dimana kemudian dinyatakan bahwa Kono merupakan perwira yang sedang menyamar. McGarrett dengan cepat tidak menyetujui taktik yang digunakan Fryer. Ia kemudian dipromosikan sebagai Kepala Detektif tetapi terbunuh di akhir musim kedua oleh pembunuh pemburu orang.
  • Mark Deklin sebagai Stan Edwards, ayah tiri Grace dan suami Rachel.
  • Christine Lahti sebagai Doris McGarrett, ibu Steve yang merupakan mantan anggota CIA, yang sebelumnya diketahui telah meninggal, dan inilah siapa yang Steve dan Mary bertemu kembali.
  • Daniel Henney sebagai Michael Noshimuri, saudara laki-laki Adam Noshimuri.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ide untuk membawa kembali Hawaii Five-O ke pertelevisian telah dipertimbangkan baik-baik sebelum versi 2010 telah diumumkan. Percobaan pertama ialah sebuah episode satu jam yang direncanakan pada tahun 1996, tetapi tidak ditayangkan, meskipun beberapa video diantaranya sudah banyak beredar di internet. Diproduseri dan ditulis oleh Stephen J. Cannell, dimaksudkan untuk dibintangi oleh Gary Busey dan Russell Wong sebagai anggota tim Five-0 yang baru. Salah satu dari aktor versi asli James MacArthur kembali sebagai Dan Williams, kali ini sebagai Gubernur Hawaii, dengan cuplikan dibuat oleh mantan aktor utama Five-O. Percobaan lainnya ialah menjadikan proyek ini sebuah film oleh Warner Bros., tetapi ini juga tidak jadi.[11]

Pada 12 Agustus 2008, CBS mengumumkan bahwa mereka ingin membawa kembali Hawaii Five-O pada musim pertelevisian 2009–2010. Versi ini akan menjadi sekuel dari versi asli, kali ini berpusat pada Steve McGarrett, yang menyusul ayahnya Steve (diperankan Jack Lord pada versi asli) sebagai kepala unit. Ed Bernero, produser eksekutif dan pelaksana acara Criminal Minds, akan memimpin percobaan yang ini, disebutnya sebagai "Hawaii Five-O, version 2.0". Ini juga akan membawa elemen-elemen ikonik dari versi asli, terutama slogannya "Book 'em, Danno", dalam pembuatan ulang ini. Bernero, yang merupakan penggemar versi asli, dan memiliki nada dering lagu tema acara ini di ponselnya, selalu berusaha untuk membawa seri ini kembali ke pertelevisian.[12] Versi kali ini belum terwujud.

Pada Oktober 2009, telah diumumkan bahwa Alex Kurtzman dan Roberto Orci sepakat untuk membuat episode perdana, dan Peter M. Lenkov bertugas sebagai pelaksana acara.[13] Kurtzman dan Orci memutuskan untuk mengerjakan ulang konsep ini seperti kerja mereka di film Star Trek 2009, daripada melanjutkan sekuelnya dengan versi asli. Produksi episode perdana ini diambil gambarnya di sekitar Honolulu pada bulan Februari hingga April 2010.

Pada 17 Mei 2010, kreasi ulang Hawaii Five-O ditayangkan oleh CBS, dijadwalkan pada hari Senin pada pukul 10 hingga 11 malam.[14][15] Berita ini adalah berita bagus untuk negara bagian Hawaii, yang berharap kreasi ulang ini membawa perekonomian yang bagus. Produksi musim pertama dimulai pada bulan Juni 2010.[16][17] Pada 24 Juni 2010, para produser mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan gudang bekas bangunan Honolulu Advertiser sebagai studio panggung suara serial ini yang dimulai pada bulan Juli 2010.[18] Eksterior yang menggambarkan markas Five-0 berlokasi di Gedung Sejarah Peradilan Pengadilan Tinggi di Honolulu, tepat di seberang markas Five-O yang lama, yang terletak di Iolani Palace.

Serial kreasi ulang ini menggunakan angka nol sebagai karakter akhir di judulnya daripada huruf "O" yang digunakan di seri asli. Berdasarkan The Los Angeles Times, orang dalam CBS mengatakan bahwa disambiguasi dibutuhkan karena hasil pencarian mesin pencari.[19] Ketika Variety mengadakan tes mesin pencari di Google, ditemukan bahwa "Hawaii Five-0" (menggunakan angka nol) membawa 263.000 hasil, sedangkan "Hawaii Five-O" (menggunakan huruf O) membawa 1,7 juta hasil.[20]

Pada 18 Agustus 2011, CBS mengumumkan bahwa Hawaii Five-0 akan bergabung dengan NCIS: Los Angeles dengan mengundang Daniela Ruah (berperan sebagai Kensi Blye) sebagai bintang tamunya.[21] Gabungan tersebut ditayangkan pada tanggal 24 Oktober 2011, pada episode keenam musim kedua. Gabungan dua bagian ditayangkan pada tanggal 30 April 2012 untuk episode Hawaii Five-0 dan 1 Mei 2012 untuk episode NCIS: Los Angeles, dengan dua karakter dari setiap acara saling mengunjungi satu sama lain. (Callen dan Hanna dari NCIS: Los Angeles serta Danny dan Chin Ho dari Five-0).

Pemilihan pemeran[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2010 telah diumumkan bahwa Daniel Dae Kim telah dipilih untuk memerankan Chin Ho Kelly, seorang mantan polisi yang dilatih oleh ayah McGarrett. Ia adalah aktor pertama yang ditunjuk untuk kreasi ulang ini.[22] Beberapa hari kemudian, Alex O'Loughlin terpilih memerankan Steve McGarrett,[23] putra mantan polisi John McGarrett (diperankan oleh William Sadler). Para produser memperingati versi asli pada tahun pertamanya, dengan membuat salah satu dari hobinya Steve adalah menggunakan mobil 1974 Mercury Marquis milik ayahnya, dan faktanya merupakan mobil yang dikendarai oleh Jack Lord di bagian akhir versi asli.[24] Aktris Grace Park kemudian dipilih memerankan detektif baru Kono Kalakaua,[25] dan Scott Caan terpilih untuk memerankan Danny "Danno" Williams. Di bagian berulang ada Jean Smart yang memerankan Gubernur Pat Jameson dan Masi Oka sebagai pemeriksa medis Max Bergman. Oka kemudian menjadi pemeran reguler untuk musim kedua.[26]

Perlu dicatat bahwa sebagian pemeran berulang ini merupakan pemeran dari versi asli yang masih hidup. Al Harrington, yang memerankan Detektif Ben Kokua di versi asli, sekarang memerankan teman keluarga McGarrett, Mamo Kahike.[27] Dennis Chun, yang merupakan putra dari Kam Fong Chun (aktor yang memerankan Chin Ho di versi asli), sebelumnya sering menjadi bintang tamu di versi asli, kini memerankan Sersan Duke Lukela, dalam pembuatan ulang ini.[28] James MacArthur yang merupakan satu-satunya aktor utama yang masih hidup, direncanakan sebagai bintang tamu di episode pertama, tetapi meninggal pada tanggal 28 Oktober 2010, sebelum pengambilan gambarnya.[29]

Larisa Oleynik sebelumnya terpilih memerankan Jessica Kaye[30] (kemudian berganti menjadi Jenna Kaye di penyiaran episodenya),[31] direncanakan bergabung pada gugus tugas ini pada episode ke-19.[32] Oleynik tampil pada basis berulang pada musim 2010-2011, sebagai opsi reguler pada musim kedua;[33] tetapi karakternya terbunuh di musim kedua episode kesepuluh. Juga telah diumumkan bahwa Terry O'Quinn akan bergabung dengan yang lainnya di musim kedua,[34] bersama dengan Lauren German, yang memerankan Lori Weston, seorang mantan anggota Penjaga Tanah Air (dan agen FBI) yang ditugaskan oleh gubernur baru untuk memantau tim.[35]

Untuk musim ketiga, Christine Lahti terpilih memerankan peran berulang sebagai Doris McGarrett, ibu dari Steve McGarrett yang sebelumnya diperkirakan telah meninggal.[36] Juga, Michelle Borth yang memerankan Lt. Catherine Rollins akan menjadi pemeran utama pada musim ketiga.

Musik[sunting | sunting sumber]

Hawaii Five-0 menggunakan lagu tema versi asli yang diciptakan oleh Morton Stevens. Kritik menemukan versi awal dari episode utama menggunakan pensintesis dan versi gitar dari tema ini. Setelah reaksi negatif dari lagu yang dikerjakan ulang ini tersebar secara daring, Kurtzman mengatakan bahwa mengganti musiknya merupakan sebuah kesalahan, dan diaransemen untuk pemusik studio,[37] terutama tiga orang yang telah mengerjakan ini untuk versi asli pada tahun 1968,[38] untuk merekam ulang lagu tema ini "persis seperti aslinya", dengan perkecualian diperpendek durasinya menjadi 30 detik[37] dari yang awalnya 60 detik.[39] Musik aslinya diciptakan oleh Brian Tyler dan Keith Power.[40]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Hawaii Five-0: Original Songs from the Television Series
Album soundtrack oleh Bervariasi
Dirilis 4 Oktober 2011
Direkam Bervariasi
Genre Soundtrack
Durasi 44:33
Bahasa Inggris
Label CBS
Bervariasi

Hawaii Five-0: Original Songs from the Television Series adalah album soundtrack yang menghadirkan musik yang digunakan oleh serial televisi CBS Hawaii Five-0. Volume pertama dari seri ini mendapat perhatian dari bagaimana produser acara mengintegrasikan lagu baru dan belum dirilis sebelumnya dari artis populer ke episode-episode di musim kedua. Metode ini kontras daripada normalnya, dimana seringkali merupakan kompilasi dari lagu-lagu yang pernah dirilis sebelumnya yang sudah ada sendirinya atau di album lain.Hawaii Five-0: Original Songs from the Television Series telah dirilis pada tanggal 4 Oktober 2011, berdasarkan [1] Amazon.com.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Artist Durasi
1. "Hawaii Five-0 Main Title Theme"   Brian Tyler 1:47
2. "World Upside Down"   Jimmy Cliff 3:09
3. "Best of Me"   Goo Goo Dolls 4:00
4. "Out of Control"   Switchfoot 4:10
5. "Should We Believe"   Train 3:46
6. "Closer"   Corinne Bailey Rae 4:16
7. "Don't Ever Take Yourself Away"   Bob Dylan 3:30
8. "Ukulele Five-0"   Jake Shimabukuro 2:44
9. "Love That's Bigger"   The Swell Season 2:47
10. "Pass It On"   Ziggy Marley 3:28
11. "Hi'ilawe"   John Cruz 3:48
12. "Book 'Em Danno (Suite From Hawaii Five-0 2010)"   Brian Tyler & Keith Power 6:45
Durasi total:
44:33

Daftar lagu yang pernah digunakan[sunting | sunting sumber]

Lagu Artis Musim Episode Tanggal siaran resmi
"S&M" Rihanna Musim pertama "Powa Maka Moana" 14 Februari 2011
"Turn Around (5, 4, 3, 2, 1)" Flo Rida Musim pertama "Powa Maka Moana" 14 Februari 2011
"Coming Home" Diddy – Dirty Money Musim pertama "Hoʻopaʻi" 18 April 2011
"Hit the Lights" Jay Sean dan Lil Wayne Musim pertama "Hoʻohuli Naʻau" 2 Mei 2011
"We'll Be Alright" Travie McCoy Musim pertama "Hoʻohuli Naʻau" 2 Mei 2011
"Out of Control" Switchfoot Musim kedua "Kameʻe" 3 Oktober 2011
"We Found Love" Rihanna Musim kedua "Pahele" 5 Desember 2011
"Move a Little Faster" Dionne Bromfield Musim kedua "Lapaʻau" 7 November 2011
"Lonely Boy" The Black Keys Musim kedua "Ike Maka" 14 November 2011
"Drive By" Train Musim kedua "Puʻolo" 16 Januari 2012
"What Makes You Beautiful" One Direction Musim ketiga "I Ka Wa Mamua" 29 Oktober 2012
"King of Hearts" Cassie Musim ketiga "Huakaʻi Kula" 10 Desember 2012
Spectrum (Say My Name)" (Maya Jane Coles Remix) Florence and the Machine Musim 3 "Hana I WaʻIa" January 21, 2013
This Kiss Carly Rae Jepsen Musim 3 "Hoʻopio" May 6, 2013
Come & Get It Selena Gomez Musim 4 "Kaʻoia Iʻo Ma Loko" October 11, 2013
Radioactive Imagine Dragons Musim 4 "Akanahe" November 15, 2013

Penyiaran[sunting | sunting sumber]

Acara ini disiarkan di Amerika Serikat oleh CBS pada tanggal 20 September 2010. Global TV dari Kanada dan NTV menyiarkan perdana acara ini di waktu yang sama dengan Amerika Serikat.[41] Hawaii Five-0 telah disiarkan secara sindikasi di beberapa negara di seluruh dunia, termasuk Australia,[42] Inggris Raya,[43] Perancis,[44] Jerman,[45] Italia,[46][47] Japan,[48] Spanyol,[49] Timur Tengah,[50] Belanda,[51] dan Afrika Selatan.[52]

Reaksi dan efek[sunting | sunting sumber]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Acara ini telah mendapatkan penilaian positif, mendapatkan nilai 65 dari skor agregat 100 di Metakritik berdasarkan tanggal 12 Oktober 2010.[2] Pada 19 Mei 2010, The Honolulu Advertiser menyampaikan opininya tentang versi baru ini: "Sebuah naskah pintar, nilai produksi licin, dan mungkin percikan nostalgia dari pembuatan ulang "Hawaii Five-O" yang ditempatkan pada jajaran waktu utama CBS musim gugur ini, tetapi akan memakan waktu lebih lama dan pencampuran lagu tema untuk menjaga pertunjukan ini tetap tayang." Pernyataan ini juga menyinggung bahwa waktu telah berubah sejak versi asli sudah lama tidak tayang, dan juga acara lain yang mengambil tempat di Hawaii yang hanya datang dan kembali. Ini juga membawa harapan kepada para produser untuk membawa kehidupan yang baru dengan pembuatan ulang ini.[53] Acara ini memiliki basis penggemar yang sangat besar, seringkali disebut sebagai ohana. Hawaii Five-0 pernah masuk catatan Guinness World Records 2012 sebagai "Acara dengan Nilai Terbesar di Amerika Serikat" dengan rekor 19,34 juta penonton untuk episode "Kai e'e" yang ditayangkan pada tanggal 23 Januari 2011.[54]

Nilai[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Waktu (ET/PT) Mulai musim Selesai musim Musim pertelevisian Peringkat Penonton
(dalam juta)
Tanggal Penonton
(dalam juta)
Tanggal Penonton
(dalam juta)
1 24
Senin 10:00 malam
20 September 2010
14,20[55]
16 Mei 2011
10,41[56] 2010–11 #22 11.96[57]
2 23
19 September 2011
12,19[58]
14 Mei2012
11,42[59] 2011–12 #26 11.83[60]
3 24
24 September 2012
8.06[61]
20 Mei 2013
9.00[62] 2012–13 #35 10.36[63]
4 22[64]
Jumat 9:00 malam
September 27, 2013
9.46[65] 2013–14 TBA TBA

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Pemeran seri ini Scott Caan dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk Seri, Serial Mini, atau Film Televisi di Penghargaan Golden Globe untuk perannya sebagai Danny di Hawaii Five-0. Hawaii Five-0 juga memenangkan "Drama Televisi Baru Terfavorit" pada Penghargaan Pilihan Favorit Masyarakat ke-37 pada 5 Januari 2011.

Efek Five-0[sunting | sunting sumber]

Hawaii Five-0 membawa berbagai efek positif pada ekonomi negara bagian ini sejak mulai ditayangkan. Diketahui sebagai efek Five-0 oleh reporter Hawaii News Now Steve Uyehara, berbagai bisnis yang berbasis di Hawaii memperlihatkan kemajuan dalam bisnisnya setelah terlihat dalam episode-episode di acara ini. Jumlah pengunjung di Asosiasi Memorial USS "Missouri" meningkat setelah terlihat di beberapa episode, tepatnya meningkat 25 persen, membantu tempat ini memecahkan rekornya pada tahun 2010. Es Serut Waiola, bisnis yang dirintis oleh Kamekona dalam acara ini, memperlihatkan ada 20 persen peningkatan penjualan es serutnya, termasuk penjualan kaos yang peningkatannya sebesar 30 persen. Perusahaan Pembuat Bir Kona juga memperlihatkan peningkatan 60 persen setelah birnya sering terlihat sebagai minuman penutup beralkohol favorit McGarrett di beberapa episode. Ditambah dengan masyarakat yang tinggal di negara bagian lain mengunjungi Hawaii setelah melihat acara ini.[66]

Sindikasi[sunting | sunting sumber]

TNT telah memperoleh hak sindikasi acara di luar jaringan untuk menayangkan serial ini. Penayangan akan dimulai di saluran kabel pada bulan Agustus 2013.[67]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elliott, Stuart (August 30, 2010). "For 'Hawaii Five-0,' a Music-Filled Push From CBS". The New York Times. 
  2. ^ a b "Hawaii Five-0: Season 1". Metacritic. Diakses October 12, 2010. 
  3. ^ Gorman, Bill (March 14, 2012). "CBS Renews 18 Shows: 'The Good Wife,' 'Blue Bloods,' '2 Broke Girls,' 'The Mentalist,' 'Mike & Molly' & Many More". TV by the Numbers. Diakses March 14, 2012. 
  4. ^ Bibel, Sara (July 11, 2012). "CBS Announces Fall 2012-13 Premiere Dates". TV By the Numbers. Diakses July 11, 2012. 
  5. ^ Kondolojy, Amanda (March 27, 2013). "'The Good Wife', 'Elementary', 'Person Of Interest', '2 Broke Girls', 'NCIS: LA', 'The Mentalist', 'Mike & Molly,' 'Hawaii Five-0' & 'Blue Bloods' Renewed by CBS". TV by the Numbers. Zap2it. Diakses March 27, 2013. 
  6. ^ Hawaii Five-0 Mondays, 10/9c. "Hawaii Five-0 Episode Recaps". CBS. Diakses August 7, 2011. 
  7. ^ "Hawaii Five-0 Recap: Malama Ka Aina". CBS. Diakses August 7, 2011. 
  8. ^ Chin, Jack. "What (or who) is Shelburne on Hawaii Five-0?". cliqueclack. Diarsipkan dari aslinya tanggal April 6, 2012. Diakses September 19, 2012. 
  9. ^ "Terra Nova’s Allison Miller Joins NBC’s ‘Go On’, Lauren German Cast In ‘Chicago Fire’". Deadline.com. March 8, 2012. Diakses March 8, 2012. 
  10. ^ episode "I Ka Wa Mamua"
  11. ^ From www.movieinsider.com
  12. ^ Andreeva, Nellie (August 12, 2008). ""Hawaii Five-O" 2.0 set up at CBS". Reuters. Diakses September 21, 2010. 
  13. ^ Littleton, Cynthia (October 8, 2009). "Trio to Reboot "Hawaii Five-O"". Variety. Diakses September 21, 2010. 
  14. ^ Nguyen, Hanh (May 17, 2010). "CBS Picks up "Hawaii Five-0" Remake, More". Zap2it. Diakses September 21, 2010. 
  15. ^ CBS Adds "Five-0" to Fall Schedule, The Honolulu Advertiser, May 17, 2010
  16. ^ "'Hawaii Five-0' redux receives green light from network" from The Honolulu Advertiser (May 18, 2010)
  17. ^ "Be There. Aloha." from Honolulu Star-Bulletin (May 19, 2010)
  18. ^ "Hawaii Five-0 to use Honolulu Advertiser building" from Honolulu Star-Advertiser (June 24, 2010)
  19. ^ "CBS explains why it's 'Hawaii Five-0" and not 'Hawaii-Five-O'". Los Angeles Times. July 7, 2010. Diakses July 7, 2011. 
  20. ^ "CBS shocker: The 'O' in 'Hawaii Five-0' is not an 'O'". Variety. July 6, 2010. Diarsipkan dari aslinya tanggal July 16, 2012. Diakses July 7, 2011. 
  21. ^ Bryant, Adam (August 18, 2011). "Aloha, Kensi! CBS Plans NCIS: Los Angeles-Hawaii Five-0 Crossover". TV Guide. Diakses August 19, 2011. 
  22. ^ French, Dan (February 8, 2010). "Lost' star cast in 'Hawaii Five-O". Digital Spy. Diakses September 21, 2010. 
  23. ^ Abrams, Natalie (February 10, 2010). "Alex O'Laughlin Booked for "Hawaii Five-O"". TV Guide. Diakses September 21, 2010. 
  24. ^ Woodyard, Chris (September 20, 2010). "Tonight's 'Hawaii Five-O' includes original's Mercury Marquis". USA Today. Diakses March 9, 2011. 
  25. ^ Truitt, Brian (March 1, 2010). "Battlestar" actress Grace Park to hit beaches of "Hawaii Five-O". USA Weekend. Diakses September 21, 2010. 
  26. ^ Keck, William (August 12, 2010). "'Heroes{{}} Masi Oka to Play Hawaii Five-0 Coroner". TV Guide. Diakses September 21, 2010. 
  27. ^ "TVGuide.com: Hawaii Five-0". Diakses March 9, 2011. 
  28. ^ "'Five-0' had hoped for MacArthur cameo in 'Champ box' mystery". Honolulu Star Advertiser. November 14, 2010. Diakses March 9, 2011. 
  29. ^ "James MacArthur Official Website: Current News & Updates". Jamesmacarthur.com. Diakses December 11, 2011. 
  30. ^ "Larisa Oleynik Lands Major Role on Hawaii Five-O". TV Fanatic. January 19, 2011. Diakses March 10, 2011. 
  31. ^ Nguyen, Hanh. "Larisa Oleynik Is Open to a Hawaii Five-0 Romance With McGarrett". Diakses March 24, 2011. 
  32. ^ "Hawaii Five-O Spoilers: Meeting a New Team Member". TV Fanatic. March 2, 2011. Diakses March 10, 2011. 
  33. ^ "Exclusive: Hawaii Five-0 Adds Cast Member". TV Line. Diakses March 11, 2011. 
  34. ^ "Terry O'Quinn joins Hawaii Five-O". The Vancouver Sun. Diakses June 22, 2011. 
  35. ^ "'Hawaii Five-0' adds Lauren German to the team" from zap2it (July 12, 2011)
  36. ^ Kondolojy, Amanda (July 3, 2012). "Academy Award and Emmy Award-winning actress Christine Lahti to Star on 'Hawaii Five-0' in Recurring role". TV by the Numbers. CBS press release. Diakses July 3, 2012. 
  37. ^ a b Sepinwall, Alan (July 23, 2010). "Comic-Con: 'Hawaii Five-0' cashes in on its 'Lost' & 'Battlestar Galactica' nerd-cred". HitFix. Diakses September 21, 2010. 
  38. ^ Fernandez, Maria Elena (July 23, 2010). "Music video: 'Hawaii-Five-0' theme song recording session". Los Angeles Times. Diakses September 21, 2010. 
  39. ^ "Hawaii Five 0 Intro". YouTube. Diakses October 12, 2010. 
  40. ^ "Interview Brian Tyler". Filmmusicsite.com. Filmmuziek.be. August 5, 2010. Diakses September 21, 2010. 
  41. ^ "Fall 2010 schedule". Global TV. Diakses July 24, 2010. 
  42. ^ "Hawaii Five-0 - About". Ten Network. Diakses January 4, 2011. 
  43. ^ "Hawaii-Five-0: Episode 1". Sky One. January 10, 2011. Diakses February 10, 2011. 
  44. ^ "Les épisodes de la saison 1 de Hawaii Five-O" (dalam bahasa Perancis). M6. Diakses May 10, 2011. 
  45. ^ Hawaii Five-0 in Germany
  46. ^ Genna, Antonio (February 17, 2011). "Telefilm News Flash – Piccolo slittamento per i debutti di Rai 2: dal 6 marzo ogni domenica NCIS 8 e Hawaii Five-O, dall’11 marzo ogni venerdì NCIS: Los Angeles e Blue Bloods (più Past Life); dal 5 marzo ogni sabato gli ultimi inediti di Criminal Minds 5 (e The Good Wife)" [Telefilm News Flash — small slip on Rai 2 debuts: every Sunday from March 6, "NCIS 8" and "Hawaii Five-0"; every Friday from March 11, "NCIS: Los Angeles" and "Blue Bloods" (and "Past Life"); every Saturday from March 5, the last unpublished "Criminal Minds 5" (and "The Good Wife")] (dalam bahasa Italia). AntonioGenna.net. Diakses May 14, 2011. 
  47. ^ "L'ottava stagione di NCIS e la novità Hawaii Five-0 da stasera su Rai 2" [The eighth season of "NCIS" and the new "Hawaii Five-0" from tonight on Rai 2] (dalam bahasa Italian). TvBlog.it. March 6, 2011. Diakses May 14, 2011. 
  48. ^ "Hawaii Five-O official Japanese Site". axn.co.jp. June 25, 2011. 
  49. ^ "Cuatro estrena Hawai 5.0". FormulaTV.com. June 15, 2011. 
  50. ^ [MBC Action Hawaii Five 0 Preview] |trans-title= requires |title= (help). 
  51. ^ "Nieuwe Hawaii Five-0 op maandagavond van Veronica". SBS Broadcasting. 2010. 
  52. ^ "Hawaii Five-0". South African TV Authority. 
  53. ^ "Make sure 'Hawaii Five-0' isn't 'Hawaii'". The Honolulu Advertiser. May 19, 2010. Diakses October 12, 2010. 
  54. ^ "Pfeiffer, Jeff: Entertainment records from the new "Guinness World Records" book". Diakses December 8, 2011. 
  55. ^ Seidman, Robert (September 21, 2010). "Monday Finals: ‘Hawaii Five-0,’ ‘Two and a Half Men,’ ‘DWTS,’ ‘House’ Gain; ‘Chuck,’ ‘The Event’, Chase, Castle Drop". TV by the Numbers. Diakses September 21, 2010. 
  56. ^ Seidman, Robert (May 18, 2011). "Monday Final Ratings: 'Dancing,' 'Hawaii Five-0,' 'How I Met Your Mother,' 'Mad Love,' 'Mike & Molly' Adjusted Up; 'The Chicago Code' Adjusted Down". TV by the Numbers. Diakses May 18, 2011. 
  57. ^ "2010-11 Season Broadcast Primetime Show Viewership Averages". Tvbythenumbers.com. June 1, 2011. Diakses June 1, 2011. 
  58. ^ Seidman, Robert (September 20, 2011). "Monday Broadcast Final Ratings: 'Two and a Half Men,' '2 Broke Girls,' DWTS Adjusted Up; 'Castle' Adjusted Down". TV by the Numbers. Diakses September 20, 2011. 
  59. ^ Bibel, Sara (May 15, 2012). "Monday Final Ratings: 'How I Met Your Mother', 'Two and a Half Men', 'Mike & Molly', 'America's Got Talent' & 'The Bachelorette' Adjusted Up". TV by the Numbers. Diakses May 15, 2012. 
  60. ^ Gormam, Bill (May 25, 2012). "Complete List Of 2011-12 Season TV Show Viewership: 'Sunday Night Football' Tops, Followed By 'American Idol,' 'NCIS' & 'Dancing With The Stars'". TV by the Numbers. Diakses May 25, 2012. 
  61. ^ "Monday Final Ratings: ‘How I Met Your Mother’, ‘Mike and Molly’, ‘Voice’, ‘Bones’ Adjusted Up; ‘DWTS’, ‘Revolution’, ‘Castle’ ‘Hawaii Five-0′ & ‘LA Complex’ Adjusted Down - Ratings | TVbytheNumbers". Tvbythenumbers.zap2it.com. Diakses October 16, 2012. 
  62. ^ Bibel, Sara (May 20, 2013). "Monday Final Ratings: 'The Voice' & 'Dancing with the Stars' Adjusted Up; 'The Goodwin Games' & 'Motive' Adjusted Down". TV by the Numbers. Diakses May 22, 2013. 
  63. ^ Bibel, Sara (May 29, 2013). "Complete List Of 2012-13 Season TV Show Viewership: 'Sunday Night Football' Tops, Followed By 'NCIS,' 'The Big Bang Theory' & 'NCIS: Los Angeles'". TV by the Numbers. Diakses May 29, 2013. 
  64. ^ http://www.thefutoncritic.com/showatch/hawaii-five-0/
  65. ^ Bibel, Sara (September 30, 2013). "Friday Final TV Ratings: 'Hawaii Five-0', 'Shark Tank' & 'Undercover Boss' Adjusted up; '20/20' Adjusted Down". TV by the Numbers. Diakses October 1, 2013. 
  66. ^ Uyehara, Steve (February 23, 2011). "Local businesses get good exposure on Hawaii Five-O". Hawaii News Now. Raycom Media. Diakses January 10, 2012. 
  67. ^ Gorman, Bill (April 14, 2011). "TNT Acquires CBS's Drama 'Hawaii Five-0' For Syndication Beginning 2014". TV by the Numbers. Diakses July 19, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]