Travie McCoy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Travie McCoy
McCoy dalam sebuah tur pada tahun 2008
McCoy dalam sebuah tur pada tahun 2008
Informasi latar belakang
Nama lahirTravis Lazarus McCoy
Nama lainTravis McCoy, Schleprok
Lahir6 Agustus 1981 (umur 42)
Geneva, New York, AS
Genre
PekerjaanPenyanyi rap, penulis lagu, penyanyi
InstrumenVocals, drums, guitar
Tahun aktif1997—sekarang
LabelDecaydance, Fueled by Ramen, Nappy Boy, Atlantic
Artis terkaitGym Class Heroes, Cheryl Cole, Tyga, T-Pain, Patrick Stump, Olly Murs
Situs webTravieMcCoy.com

Travis Lazarus "Travie" McCoy (lahir 6 Agustus 1981) adalah seorang penyanyi rap dari Amerika Serikat. Di samping memiliki karier solo, dia adalah vokalis utama dari sebuah band rock rap yang bernama Gym Class Heroes. Pada masa remajanya, dia mulai terlibat dengan adegan punk rock. Ia membentuk grup Gym Class Heroes dengan kawan masa kecilnya yang bernama Matt McGinley. Dan sesudah beberapa kali mengubah anggota-anggota dari grup tersebut, grup tersebut menandatangani kontrak dengan Fueled by Ramen dan mulai merilis album pertama mereka.

Gym Class Heroes memerlukan tiga tahun untuk vakum dari musik karena membiarkan McCoy untuk berkonsentrasi dengan karier solonya. McCoy merilis album solonya yang pertama berjudul Lazarus pada tahun 2010. Single pertamanya dari album Billionaire bersama Bruno Mars menempati peringkat keempat pada Billboard Hot 100, serta menempati peringkat ketiga pada UK Singles Chart. McCoy menandatangani kontrak dengan salah satu label rekaman milik T-Pain yaitu Nappy Boy Entertainment.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

McCoy lahir dan dibesarkan di Geneva, New York, Amerika Serikat.[2] Ayahnya merupakan orang Haiti serta ibunya berketurunan Irlandia.[3] Saat masa kecilnya, ia menggunakan kursi roda selama empat bulan setelah mengalami kecelakaan saat bermain skateboard, kekurangannya dalam bergerak mengarahkannya untuk fokus pada seni.[4] Saat dia berumur 15 tahun, ia bekerja sebagai seorang pemagang dalam sebuah salon tato. Dan tak lama kemudian, dia mulai membuat tato untuk teman-temannya.[5] Saat masa remaja, dia adalah seorang penggemar band hardcore punk seperti Snapcase dan Earth Crisis serta rap underground seperti Company Flow dan Arsonists. Dia berkata mengenai selera musiknya "Saya bukan anak yang memiliki ciri khas hip hop. Saya tak mau dianggap umum"."[6] McCoy sering kali menaiki bus menuju Manhattan selama masa SMA untuk berpartisipasi dalam sebuah lomba rap.

Karier[sunting | sunting sumber]

McCoy memulai debutnya di MTV sejak musim panas tahun 2002 ketika dia tampil di panggung dalam sebuah rumah pantai. Dia memenangkan lomba sebagai seorang pembawa acara secara nasional yang diadakan pada pertunjukan MTV Direct Effect.[7]

Gym Class Heroes[sunting | sunting sumber]

McCoy dan pemain drum Matt McGinley telah berteman sejak duduk di kelas tiga SMP dalam sebuah kelas olahraga di Geneva, New York.[8] Mereka berdua pun bertemu kembali pada tahun 1997.[5] Band ini terbentuk saat pemain bass bernama Ryan Geise dan Matt McGinley sedang tampil pada sebuah pesta dalam sekelompok band instrumental tanpa vokal. McCoy yang menghadiri pesta tersebut, mengambil mikrofon di atas panggung dan mulai bernyanyi bak seorang rapper.[9] Seminggu kemudian, grup tersebut bergabung bersama-sama dan memulai karier bermusiknya. Setelah menambahkan Disashi Lumumba-Kasongo sebagai pemain gitar dan Eric Roberts sebagai pemain bass, band ini mengadakan kontrak dengan Fueled by Ramen dan sebuah label rekaman berdikari milik Pete Wentz yaitu Decaydance Records.

Pada label rekaman tersebut, band ini merilis album As Cruel as School Children. Sejak album tersebut sudah keluar, lagu yang berjudul "Cupid's Chokehold" mendapatkan peringkat ketiga di UK Singles Chart dan mendapatkan peringkat keempat di Billboard Hot 100, serta lagu bertajuk "Clothes Off!!" dan "Cookie Jar" menempati posisi kelima dan keenam pada UK Singles Chart. Band ini telah bekerja sama beberapa kali dengan salah satu penyanyi yaitu Patrick Stump yang juga seorang anggota dari band Fall Out Boy khususnya sebagai vokal latar dalam lagu "Cupid's Chokehold". Stump telah membuat sebagian besar dari albumnya bertajuk "The Quilt" yang dirilis sejak tanggal 9 September 2008. Album tersebut menempati peringkat ke-14 pada daftar lagu AS Billboard 200, album ini pun menempati peringkat ke-41 pada UK Albums Chart. McCoy melakukan sebuah remix untuk lagu dari band Bring Me the Horizon berjudul "Chelsea Smile" untuk album remix yang berjudul Suicide Season: Cut Up! pada tahun 2009. Sejak bulan November 2011, dia dan bandnya merilis album berjudul The Papercut Chronicles II.[10]

Karier tunggal[sunting | sunting sumber]

McCoy pada tahun 2007.

Dia memulai karier tunggalnya sejak tahun 2010. Ia pun membantah gosip bahwa bandnya telah bubar. Dia pun menegaskan bahwa sejak band ini didirikan, semua anggota telah memiliki aliran musik yang berlainan apabila bukan tiga aliran atau empat aliran musik. Ini hanya salah satu dari mereka."[11] Awalnya, dia sudah bersiap untuk merekam sebuah album yang introspektif yaitu "sad and somber" dalam bentuk lagu akustik yang menggambarkan keadaan pikirannya sesudah hubungannya dengan penyanyi Katy Perry telah putus serta kecanduannya dengan obat penghilang rasa sakit.[12]

Dia berpindah lagi ke Miami, Florida

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.bbc.co.uk/music/reviews/wdq4
  2. ^ Heaney, Gregory. "Travis McCoy > Overview". Allmusic. Diakses tanggal 2010-09-24. 
  3. ^ Diehl, Matt (2008-09-02). "Gym Class Heroes: High Rollers". SPIN.com. Diakses tanggal 2010-09-24. 
  4. ^ Spencer, Ashley. "Travis McCoy Q & A". Seventeen. 
  5. ^ a b Bayer, Jonah. "New Friend Request – Gym Class Heroes". Inked Magazine. Inked Media Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-21. Diakses tanggal 2010-12-27. 
  6. ^ Caramanica, Jon (2008-09-10). "Following a New Route to Crossover Gold". The New York Times. Diakses tanggal 2010-12-28. 
  7. ^ "Gym Class Heroes history". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-09-29. Diakses tanggal 2015-06-18. 
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Crossfire
  9. ^ Pascarella, Tony (2005-04-19). "Interview: Travis McCoy from Gym Class Heroes". The Trades. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-27. Diakses tanggal 2010-12-27. 
  10. ^ Travis McCoy Says Gym Class Heroes Are Getting Back To Basics. MTV News.
  11. ^ Graff, Gary (2010-04-23). "Travis McCoy Is Rising With 'Lazarus' Solo Debut". Billboard. Diakses tanggal 2011-01-23. 
  12. ^ O'Donnell, Kevin (2010-05-07). "Travie McCoy Beats His Demons, Crafts Bumping Summer Solo Debut". Rolling Stone. Diakses tanggal 2011-01-23.