The Island (film 2005)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Island
Poster film The Island
Sutradara Michael Bay
Produser Kenny Bates
Penulis Caspian Tredwell-Owen
Alex Kurtzman
Pemeran Ewan McGregor,
Scarlett Johansson
Distributor Dreamworks
Durasi 127 menit
Anggaran US$122.000.000

The Island adah sebuah film tahun 2005 yang disutradarai Michael Bay.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tahun 2019, dunia mengami kontaminasi. Sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Merrick (Sean Bean) mengumpulkan orang-orang yang selamat dari kontaminasi dan menempatkan mereka di sebuah pemukiman yang terus dipantau keadaannya dan dilarang meninggalkan pemukiman tersebut karena ditakutkan dunia luar masih terkontaminasi. Secara berkala, orang-orang yang selamat (survivor) ini dapat memenangkan lotere ke sebuah tempat indah bernama "The Island" yang sangat indah.

Salah satu penghuni bernama Lincoln Six Echo selama beberapa hari terakhir mendapati dirinya selalu bermimpi aneh. Selain memimpikan seorang gadis yang juga salah satu survivor (Jordan Two Delta), ia memimpikan perahu dengan tulisan ‘Renovatio’ yang ia tidak mengerti artinya dan ia juga bermimpi dirinya tenggem. Ia menceritakan mimpinya itu kepada Merrick.

Pada suatu hari, Lincoln menemukan serangga yang masih hidup. Hal ini mengherankan karena menurut cerita, tak ada lagi kehidupan di luar pemukiman tersebut. Lincoln yang sejak awal memang sangat ingin tahu berusaha mencari jalan keluar dengan mengikuti serangga tersebut. Kemudian ia sampai di bagian lain dari pemukiman yang tampak seperti rumah sakit. Alangkah terkejutnya ketika ia mendapati sah satu wanita penghuni pemukiman yang baru melahirkan disuntik mati oleh para dokter yang membantu persalinannya. Padahal biasanya wanita yang akan melahirkan akan langsung dibawa ke pulau tempat mereka bisa membesarkan anak-anak mereka dengan udara yang segar dan bersih. Belum pulih keterkejutannya, ia dikagetkan oleh seorang pemenang lotere yang berteriak-teriak karena tidak rela mati dan diambil organ tubuhnya.

Lincoln menyadari bahwa tidak ada yang namanya “The Island”, dan orang-orang yang pergi ke pulau tersebut tidak pernah kembali karena mereka mati. Ia langsung kembali ke pemukiman untuk menemui Jordan, karena ia adalah pemenang lotere yang akan segera diberangkatkan ke "The Island".

Sementara itu, kamera keamanan menangkap gambar Lincoln ketika di rumah sakit, dan segera saja ia menjadi buron. Lincoln berhasil meyakinkan Jordan dan mereka berdua segera mencari jalan keluar dari pemukiman. Merrick yang mengetahui bahwa mereka berdua berhasil lolos segera menghubungi Laurent, petugas keamanan bayaran yang diperintahkan untuk menangkap dan mengembalikan Nichols dan Jordan.

Lincoln dan Jordan berjan kaki melintasi padang tandus seraya menyadari bahwa ternyata ada kehidupan di luar pemukiman. Mereka mencari Murray (Steve Buscemi), seorang pegawai Merrick yang tinggal di ‘Level 5’. Murray yang semula terkaget-kaget ketika tahu mereka sanggup lolos dari pemukiman akhirnya bercerita bahwa mereka sebenarnya adah hasil kloning. Mereka adalah investasi orang-orang kaya dan/atau penguasa supaya orang-orang ini dapat hidup lebih lama dengan tubuh yang lebih baik. Itu sebabnya di pemukiman pola hidup mereka diatur sedemikian rupa sehingga kondisi tubuh mereka benar-benar terjaga. Perusahaan ini sangat rahasia. Mereka menggunakan bekas pelatihan militer yang terpencil, dan menutup diri dari dunia, sehingga tak seorang pun tahu selain para karyawan dan para sponsor yang menginvestasikan uang mereka untuk para kloning tersebut. Masa lalu mereka adah modifikasi dari program komputer, sehingga setiap orang hanya memiliki ingatan sepotong-sepotong sebelum adanya ‘kontaminasi’ (dan sebenarnya intinya hampir sama, misalnya punya sepeda warna merah muda dengan hiasan di stangnya, nenek yang membuatkan roti, dsb.).

Lincoln dan Jordan bertekad mencari sponsor mereka dan mengungkap kebenaran tentang perusahaan dan Murray pun bersedia membantu. Sponsor Lincoln, Tom Lincoln, adalah seorang desainer motor sport kaya raya yang tinggal di Los Angeles, sedangkan sponsor Jordan adah Sarah Jordan, seorang model yang tinggal di New York. Murray memberikan uang dan kartu kreditnya kepada mereka berdua dan mengantar mereka ke stasiun. Namun sesampainya di stasiun ternyata orang-orang Merrick telah menunggu dan Murray terbunuh. Namun Nichols dan Jordan berhasil lolos dan naik kereta ke Los Angeles.

Sesampainya di Los Angeles, mereka berhasil terlacak gara-gara kartu kredit Murray. Kali ini, polisi berhasil menangkap mereka dengan tuduhan pembunuhan terhadap Murray. Namun ketika dibawa oleh mobil polisi, Nichols mendapatkan alamat sponsornya. Sebelum mereka sampai di kantor polisi, terjadi baku tembak dengan anak buah Laurent. Dan sekali lagi, Lincoln dan Jordan berhasil lolos. Mereka pun langsung mendatangi Tom Lincoln yang asli.

Tom sangat terkejut ketika mereka datang, tapi ia berjanji akan membantu mereka. Lincoln mempunyai ide untuk berbicara di televisi yang bisa diakses oleh banyak orang. Sementara itu Jordan merasa Tom menyembunyikan sesuatu. Ia menceritakan hal itu kepada Lincoln, dan Lincoln menyuruhnya untuk tinggal di rumah Tom sementara mereka berdua pergi ke stasiun televisi. Semula tampaknya Tom tidak menyukai hal tersebut, namun kemudian menyetujuinya.

Merrick dan stafnya menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan hasil kloning mereka, karena ternyata sebagian dari mereka ternyata memiliki kenangan yang bukan kenangan artifisial yang ditanamkan olehnya, melainkan kenangan asli dari sponsor mereka. Oleh karena itu, Merrick bermaksud menghancurkan seluruh kloning yang ada saat ini.

Sementara itu, Lincoln menyadari bahwa Tom ternyata teh memberi tahu Merrick bahwa ia dan Jordan datang ke rumahnya. Mereka dicegat oleh Laurent. Dan untungnya (lagi-lagi) Laurent salah dan menembak mati Tom.

Kemudian Lincoln dihubungi anak buah Merrick untuk mengatakan bahwa perusahaan memerlukannya gi untuk ‘menetaskan’ kloning baru karena teh terjadi kesahan dam proses pembuatan terdahulu. Lincoln mengetahui bahwa seluruh kloning akan dimusnahkan dan bertekad untuk menyematkan mereka. Lincoln menyanggupi untuk kembali datang ke pemukiman besok.

Keesokan harinya selepas Lincoln pergi, Jordan melakukan kesalahan dengan membelikan es krim untuk anak-anak yang ditemuinya di pantai (karena ia belum pernah melihat anak-anak, dan ternyata sangat menyukai mereka) dengan kartu kredit Murray. Akibatnya ia terlacak lagi, dan kali ini dibawa oleh Laurent kembali ke pemukiman. Nichols dan Jordan harus berpacu dengan waktu sebelum Merrick melakukan penghancuran kloning secara massal. Namun Jordan berhasil lolos saat akan diambil organ tubuhnya, kemudian dia menemui Lincoln dan segera membebaskan mereka.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Ini adalah film pertama Michael Bay yang tidak diproduseri oleh Jerry Bruckheimer.
  • Preview selama 45 menit dipertontonkan kepada pers di Festival Film Cannes.
  • Yacht hitam di cuplikan film ini adalah Wally, Wallypoer 118 superyacht senilai 25 juta dolar.
  • Di saat syuting adegan Scarlett Johansson dan Ewan McGregor berlari menghindari sensor di atrium; kameramen juga mengikuti mereka dengan berlari, tersandung dolly track, menjatuhi kamera dan terluka cukup parah.
  • Sebelum adegan pengajaran mobil pertama, anda melihat sebuah Lexus lewat, yang sebelumnya digunakan dalam Minority Report (2002).
  • Lukisan Picasso beraliran kubisme yang berada di kantor Merrick adalah “Femme Assise (Jacqueline)” dari tahun 1962.
  • Poster Calvin Klein dan beberapa foto dari kediaman Lincoln adalah otentik. Scarlett Johansson saat itu baru saja menandatangani kontrak dengan Calvin Klein, dan cuplikan iklan hitam putih yang dilihat Jordan Two Delta lewat TV di etalase benar-benar iklan Calvin Klein yang dibintangi Scarlett Johansson.
  • Tom Lincoln, sponsor Lincoln Six Echo, berasal dari Skotlandia dan menyukai sepeda motor sport, karakter ini berdasarkan pribadi Ewan McGregor yang sesungguhnya.
  • Meskipun latar film ini adalah Los Angeles, tapi syuting dilakukan di Detroit. Beberapa gedung ditambahkan secara CGI untuk menampilkan suasana LA di masa depan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]