For Your Eyes Only (kumpulan cerita pendek)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
For Your Eyes Only
Penulis Ian Fleming
Seniman sampul Richard Chopping (Jonathan Cape ed.)
Negara Bendera Britania Raya United Kingdom
Bahasa Inggris
Serial James Bond
Genre Spy novel
Penerbit Jonathan Cape
Tanggal terbit 11 April 1960
Media Print
ISBN NA
Seri sebelumnya Goldfinger
Seri lanjutan Thunderball

For Your Eyes Only merupakan sebuah kumpulan cerita pendek dari serial James Bond yang dikarang oleh Ian Fleming. Pertama kali diterbitkan pada 11 April 1960 oleh penerbit Jonathan Cape. Isi dari kumpulan cerita pendek ini adalah "From a View to a Kill", "For Your Eyes Only", "Quantum of Solace", "Risico", dan "The Hildebrand Rarity".

From a View to a Kill[sunting | sunting sumber]

Dalam cerita pendek ini, James Bond ditugaskan untuk menyelidiki seorang pembunuh yang membunuh seorang pengantar laporan rahasia NATO dari Belgia ke Versailles, Perancis.

Tahun 1985 judul ini kemudian diambil sebagai judul film James Bond ke-14 yang juga merupakan film terakhir Roger Moore sebagai pemeran James Bond. Sebenarnya dalam versi novel, nama Hugo Drax, musuh utama Bond dalam Moonraker juga ikutan tampil, tetapi ia tidak dimasukkan ke dalam film mengingat ia sudah tewas pada bagian akhir film Moonraker.

Meskipun judulnya sama, perbedaan mendasar antara versi film dan cerpen From a View to a Kill adalah dalam film karakter Max Zorin tampil sebagai tokoh utama, sementara dalam cerpennya tidak.

For Your Eyes Only[sunting | sunting sumber]

Dalam cerpen ini, Bond ditugaskan M untuk menyelidiki seorang pembunuh yang dengan keji telah membantai sepasang pasutri di Jamaika yang menolak menjual rumahnya kepada Herr von Hammerstein yang bekerja untuk agen rahasia Kuba. Di bagian akhir, Bond harus menghadapi Hammerstein beserta dua orang anak buahnya. Bond akhirnya mampu mengalahkan mereka bertiga dengan baik.

Tahun 1981 cerpen ini kemudian dijadikan judul untuk film James Bond ke-12. Tapi hanya sedikit unsur cerpen yang dimasukan dalam film yang dibintangi oleh Roger Moore ini.

Quantum of Solace[sunting | sunting sumber]

Quantum of Solace merupakan cerpen James Bond non-mata-mata, dimana ia hanya tampil sebagai latar belakang dari cerita ini. Pada 2008 judul ini kemudian diambil sebagai judul film James Bond ke-22, yang merupakan film kedua yang dibintangi oleh Daniel Craig. Tetapi tidak ada unsur atau bagian cerita cerpen yang diambil dalam film ini.

Risico[sunting | sunting sumber]

Dalam cerpen ini Bond bertugas ke Italia untuk menyelidiki sebuah gembong narkoba Italia yang berencana memasok barang haram tersebut masuk ke Inggris. Dalam film For Your Eyes Only, beberapa bagian dari cerpen ini dimasukkan ke dalam cerita.

The Hildebrand Rarity[sunting | sunting sumber]

Dalam cerpen ini Bond ditugaskan ke kepulauan Seychelles, dimana di sana ia harus menyelidiki seorang miliuner bernama Milton Krest.

Dalam film Licence to Kill di 1989 yang dibintangi oleh Timothy Dalton, Milton Krest bersama beberapa hal lainnya seperti Wavekrest, the corrector, dan yayasan Krest dimunculkan dengan sedikit perbedaan.