Goldfinger (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Goldfinger
PengarangIan Fleming
Perancang sampulRichard Chopping (Jonathan Cape ed.)
NegaraBritania Raya United Kingdom
BahasaEnglish
SeriJames Bond
GenreSpy novel
PenerbitJonathan Cape
Tanggal terbit
23 Maret 1959
Jenis mediaPrint
ISBNISBN n/a Invalid ISBN
Didahului olehDr. No 
Diikuti olehFor Your Eyes Only 

Goldfinger merupakan novel James Bond ketujuh yang ditulis oleh Ian Fleming. Novel ini pertama kali diterbitkan pada 23 Maret 1959 oleh penerbit Jonathan Cape. Kemudian di 2002 novel ini diterbitkan ulang oleh Penguin Books. Novel ini kemudian menjadi basis bagi film James Bond ketiga yang dirilis tahun 1964, Goldfinger.

Latar belakang buku[sunting | sunting sumber]

Goldfinger dikarang oleh Fleming setelah ia melihat beberapa hal di bawah ini:

  • Nama Goldfinger Fleming ambil dari nama tetangganya sendiri, yaitu Ernő Goldfinger, ketika buku novel ini selesai diterbitkan, Erno sempat menuntut Ian Fleming agar mengganti nama karakter Goldfinger pada novel tersebut dengan nama Goldfrick. Fleming lantas memberikan jalan tengah, di mana ia kemudian memberikan Erno sebagian dari hasil profit penjualan novel ini.
  • Goldfinger merupakan sebuah nama campuran Jerman-Yahudi. Dalam novel semua tokoh protagonist tahu hal ini. Sementara dalam film, untuk menghindari kontroversi (di mana semua film Bond sampai saat ini tidak pernah memasukan unsur agama apapun) maka pengertian Jerman-Yahudi di atas dihilangkan.
  • Mesin tik yang dipakai Fleming dalam menyusun naskah novel Goldfinger memiliki unsur warna emas, di mana di pertengahan 1990-an, mesin tik ini kemudian dibeli oleh salah satu aktor 007, Pierce Brosnan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]