The James Bond Dossier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The James Bond Dossier (1965), oleh Kingsley Amis, adalah sebuah analisis kritis tentang novel-novel James Bond. Amis mendedikasikan buku ini kepada teman dan kolaborator latar belakangnya, penyair dan sejarawan Robert Conquest. Kemudian, setelah kematian Ian Fleming, Amis diangkat sebagai penulis novel lanjutan pertama dalam seri novel James Bond, dan menulis Colonel Sun (1968) dengan menggunakan nama samaran Robert Markham. The James Bond Dossier adalah studi sastra pertama yang formal mengenai karakter James Bond. Studi lebih baru tentang agen rahasia Fleming dan dunianya termasuk The Politics of James Bond: From Fleming's Novels to the Big Screen (2001), oleh sejarawan Jeremy Black.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ditulis pada puncak kepopuleran James Bond pada tahun 1960-an, The James Bond Dossier adalah analisis sastra pertama yang lengkap, meskipun dengan sedikit ejekan, tentang kelebihan dan kelemahan Ian Fleming sebagai penulis cerita seru. Sebagai seorang novelis mainstream, Amis menghormati novel-novel Bond, terutama kesuksesan komersial mereka, dengan keyakinan bahwa mereka "sama kompleksnya dan memiliki hal-hal yang sama banyaknya dengan jenis fiksi yang lebih ambisius."[1] Pendekatan tersebut kontroversial pada tahun 1960-an, karena sejak pertengahan 1950-an, novel-novel James Bond telah dikritik oleh beberapa penentang karena kekerasan, sikap patriarki, promiskuitas seksual, rasisme, dan anti-komunisme.

Meskipun menghormati kanon Fleming secara intelektual, cara Amis menulis tentangnya, menurut biografer Zachary Leader, "... sebagian memperolok-olok prosedur dan pretensi akademik dengan menerapkannya pada objek budaya rendah," dan dengan sengaja mengajukan provokasi.[2] Dalam konteks itu, Dossier dapat terlihat sebagai "salam dua jari yang nakal kepada dunia akademik, sebuah perpisahan ejekan terhadap segala sesuatu yang pedan dan penuh kesombongan, dengan cara yang pasti akan disetujui oleh Lucky Jim. Kepada karya Ian Fleming, Amis membawa semangat anatomi dan kategorisasi yang tidak pernah ia berikan dan tidak akan pernah ia berikan kepada karya sastra yang lebih tinggi".[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Amis, Kingsley The James Bond Dossier. London: Jonathan Cape, 1965, p. 9
  2. ^ Leader, Zachary The Life of Kingsley Amis. Pantheon Books, 2007, p. 524
  3. ^ Jacobs, Eric Kingsley Amis: A Biography. St. Martin's Press, 1995, p. 269