Octopussy and The Living Daylights

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Octopussy and The Living Daylights
juga Octopussy
Penulis Ian Fleming
Seniman sampul Richard Chopping (Jonathan Cape ed.)
Negara Bendera Britania Raya United Kingdom
Bahasa Inggris
Serial James Bond
Genre Spy novel
Penerbit Jonathan Cape
Tanggal terbit 1966
Media Print
ISBN NA
Seri sebelumnya The Man with the Golden Gun
Seri lanjutan 003½: The Adventures of James Bond Junior

Octopussy and The Living Daylights (seringkali juga disebutkan Octopussy saja) merupakan novel James Bond ke-14 dan juga yang terakhir yang ditulis oleh Ian Fleming. Ini merupakan sekumpulan dari cerita pendek yang dirilis di Inggris dan AS oleh Glidrose Productions di 1966, dua tahun setelah wafatnya Fleming.

Aslinya buku ini berisi dua cerita pendek, "Octopussy" dan "The Living Daylights". Kemudian di 1967 ditambahkan lagi sebuah cerpen lain berjudul "The Property of a Lady", dan di 2002 ditambahkan lagi sebuah cepen baru berjudul "007 in New York".

Beberapa elemen dari cerpen-cerpen di atas kemudian digunakan dalam beberapa film. Pertama dalam Octopussy tahun 1983 yang dibintangi oleh Roger Moore, yang merupakan film resmi EON Productions ke-13 dan kedua pada 1987 ketika The Living Daylights dirilis dan menjadi penampilan perdana Timothy Dalton sebagai James Bond.

Plot[sunting | sunting sumber]

Octopussy[sunting | sunting sumber]

Bond ditugaskan untuk menjadi pembunuh seorang Nazi ketika era Nazi sedang mencapai puncak kejayaannya di Eropa pada Perang Dunia II.

The Living Daylights[sunting | sunting sumber]

Bond ditugaskan ke Berlin Timur untuk membantu seorang agen dengan nama 272 yang hendak diburu seorang sniper, yang ternyata seorang wanita cantik, dimana akhirnya Bond memutuskan untuk tidak membunuh sniper tersebut.

The Property of a Lady[sunting | sunting sumber]

Bond ditugaskan untuk menyelidiki seorang agen MI6 yang juga berpihak pada Rusia. Elemen ini kemudian digunakan pada beberapa film Bond, yaitu GoldenEye, Die Another Day, dan Quantum of Solace.

007 in New York[sunting | sunting sumber]

Bond pergi ke New York untuk memperingatkan seorang agen MI6 yang mempunyai pacar seorang agen KGB.