Thunderball (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Thunderball
PengarangIan Fleming
Perancang sampulRichard Chopping (Jonathan Cape ed.)
NegaraBritania Raya United Kingdom
BahasaInggris
SeriJames Bond
GenreSpy novel
PenerbitJonathan Cape
Tanggal terbit
27 Maret 1961
ISBNISBN NA Invalid ISBN
Didahului olehFor Your Eyes Only 
Diikuti olehThe Spy Who Loved Me 

Thunderball merupakan novel kesembilan karya Ian Fleming yang bercerita tentang petualangan agen rahasia MI6, James Bond. Aslinya Fleming menulis novel ini untuk melengkapi cerita film, di mana dalam film Thunderball yang dirilis tahun 1965 dituliskan sebagai based on a screen treatment by Kevin McClory, Jack Whittingham, and Ian Fleming, pembagian hak profit yang kontroversial kemudian mengantarkan novel ini masuk ke pengadilan. Novel ini pertama kali diterbitkan pada 27 Maret 1961, dan menjadi novelisasi pertama dari film James Bond, yang peluncurannya ditunda sampai empat tahun akibat masalah hak profit tadi.

Sebuah documenter tentang Thunderball dirilis bersama DVD film edisi spesial 25 tahun Thunderball, di mana Dana Broccoli, istri dari Albert R. Broccoli menerangkan bahwa novel ini menjadi satu-satunya novel yang Cubby Broccoli hendak menunda proses filmisasinya akibat kontroversi hak profit, di mana tadinya Broccoli berencana akan merilis novel ini menjadi film setelah 10 tahun kemudian.

Novel ini menjadi perkenalan perdana dari SPECTRE dan sang pemimpinnya, Ernst Stavro Blofeld, meskipun Bond sama sekali belum pernah bertemu dengannya. SPECTRE sebenarnya tampil dalam film pertama Dr. No. Sampai saat ini Thuderball telah dua kali diadaptasikan ke dalam film, yang pertama adalah Thunderball pada 1965 yang merupakan bagian dari EON Productions dengan Sean Connery sebagai James Bond. Dan yang kedua adalah Never Say Never Again di 1983 yang merupakan remake karya Kevin McClory dengan memakai Sean Connery sebagai James Bond, di mana disaat yang bersamaan, EON Productions juga merilis Octopussy sebagai produk resmi dengan Roger Moore sebagai James Bond.

Jalan cerita novel ini adalah menceritakan tentang pencurian dua bom atom milik NATO oleh SPECTRE (SPecial Executive for Counter-intelligence, Terrorism, Revenge, and Extortion) pimpinan Ernst Stavro Blofeld, yang kemudian hendak akan mereka gunakan untuk membom salah satu kota di Eropa atau Amerika Utara, kecuali pihak NATO bisa menyediakan uang sebanyak £100,000,000.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]