Dan Quayle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dan Quayle
Foto resmi 1989
Wakil Presiden Amerika Serikat ke-44
Masa jabatan
20 Januari 1989 – 20 Januari 1993
PresidenGeorge H. W. Bush
Sebelum
Pengganti
Al Gore
Sebelum
Senator Amerika Serikat
dari Indiana
Masa jabatan
3 Januari 1981 – 3 Januari 1989
Sebelum
Pendahulu
Birch Bayh
Pengganti
Dan Coats
Sebelum
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat dari Indiana
Masa jabatan
3 Januari 1977 – 3 Januari 1981
Sebelum
Pengganti
Dan Coats
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir4 Februari 1947 (umur 77)
Indianapolis, Indiana
Partai politikRepublik
Suami/istriMarilyn Quayle
AnakTucker Quayle
Benjamin Quayle
Corinne Quayle
Tempat tinggalParadise Valley, Arizona
Alma materDePauw University and Indiana University School of Law - Indianapolis
Tanda tangan
Karier militer
Dinas/cabangNational Guard
Masa dinas1969–1975
PangkatSersan
SatuanIndiana
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

James Danforth Quayle (diucapkan [ˈkweɪl]; lahir 4 Februari 1947)[1][2] adalah wakil presiden Amerika Serikat yang ke-44 di bawah pemerintahan presiden George H. W. Bush dari tahun 1989-1993. Ia juga menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat Amerika Serikat dari negara bagian Indiana.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Quayle lahir di Indianapolis, Indiana, dari pasangan Martha Corinne Pulliam dan James Cline Quayle. Orang sering salah menyebutnya sebagai James Danforth Quayle III. Dalam memoarnya, Dan Quayle menegaskan bahwa nama kelahirannya adalah James Danforth Quayle. Nama Quayle berasal dari Pulau Man.[3]

Kakeknya, Eugene C. Pulliam, adalah pendiri Central Newspapers, Inc., sekaligus pemilik perusahaan penerbitan terkemuka, seperti The Arizona Republic dan The Indianapolis Star. James C. Quayle dan keluarganya pindah ke Arizona pada tahun 1955 untuk mengelola cabang perusahaan pers milik keluarganya.

Masa kecil Dan Quayle dihabiskan di Arizona, lalu ia lulus dari Huntington High School di Huntington, Indiana, pada tahun 1965. Ia lalu masuk ke Universitas DePauw, di mana ia meraih gelar di bidang ilmu politik (1969); ia juga menjadi anggota klub Delta Kappa Epsilon. Quayle kemudian bergabung dalam the Indiana National Guard (Garda Nasional Indiana) dan bertugas dari tahun 1969 hingga 1975. Saat bergabung di Garda, ia meraih gelar Juris Doctor (J.D.) pada tahun 1974 dari Indiana University School of Law - Indianapolis. Di sekolah hukum, ia bertemu dengan perempuan yang akan menjadi istrinya, Marilyn.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 1971, Quayle menjadi investigator di Divisi Perlindungan Konsumen pada kantor Jaksa Agung Indiana. Pada tahun yang sama, ia menjabat sebagai asisten administratif bagi Gubernur Edgar Whitcomb. Dari tahun 1973-1974, ia menjabat sebagai Kepala Divisi Warisan Pajak pada Dinas Pendapatan Indiana. Quayle juga pernah bekerja sebagai associate publisher di perusahaan pers milik keluarganya, the Huntington Herald-Press, dan membuka praktik pengacara bersama istrinya, Marylin Tucker di Huntington.

Karier politiknya dimulai pada tahun 1976, di mana Quayle terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat dan terpilih lagi pada tahun 1978. Pada tahun 1980, dalam usia 33 tahun, Quayle menjadi Senator termuda dari Indiana, mengalahkan Birch Bayh. Quayle juga mencetak sejarah politik Indiana dengan memperoleh suara terbanyak saat terpilih lagi pada tahun 1986. Di Senat, Quayle bergabung dalam Komite-komite Pertahanan, Pengawasan Senjata, Anggaran serta Tenaga Kerja dan Sumberdaya Manusia.

Kandidat Wakil Presiden[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus 1988, dalam Konvensi Nasional Partai Republik di New Orleans, Louisiana, George H. W. Bush meminta Quayle untuk menjadi pasangannya dalam pemilu. Hal ini menjadi sasaran kritik banyak pihak yang menilai Quayle belum punya pengalaman cukup untuk menjadi presiden apabila terjadi sesuatu pada Bush.[4] Pertanyaan lain yang muncul ialah pemanfaatan koneksi keluarga Quayle supaya Quayle bergabung dalam Garda Nasional Indiana dan sekaligus menghindarkan dirinya untuk berdinas dalam Perang Vietnam. Kalangan media juga menggambarkan Quayle sebagai petinju kelas ringan yang tak mampu menangani tugas tersebut.

Kritik dan ejekan untuk Quayle mencapai puncaknya setelah terjadi kampanye para calon wapres yang disiarkan televisi, di mana Quayle membandingkan pengalamannya dengan Jack Kennedy. Kandidat Partai Demokrat, Lloyd Bentsen berkata, "Senator, saya berdinas bersama Jack Kennedy. Saya kenal Jack Kennedy. Jack Kennedy adalah salah satu kawan saya. Senator, Anda bukan Jack Kennedy,". Quayle menjawab, "Penjelasan itu tidak dibutuhkan, Senator," dan hal ini disambut aplaus dan cemoohan dari audiens. Reaksi Quayle terhadap komentar Bentsen dimainkan ulang oleh kalangan Demokrat dalam iklan TV berikutnya dengan mengatakan: "Quayle: just a heartbeat away." Para komedian dan kartunis politik juga sering meniru gaya Quayle. Kecaman-kecaman itu tidak mampu menggelincirkan kampanye kaum Republikan. Meskipun Republikan tertinggal 15 persen dalam polling publik sebelum konvensi, Bush dan Quayle terus memenangkan pemilu November dengan marjin 53-46, menyapu 40 negara bagian dan merebut 426 suara elektoral.

Menjadi wakil presiden[sunting | sunting sumber]

Sebagai Wakil Presiden, Quayle adalah ketua pertama National Space Council, sebuah badan kebijakan ruang angkasa yang dibentuk ulang pada tahun 1988. Sebagai kepala NSC, ia meminta usaha keras untuk melindungi Bumi dari bahaya asteroid.[5] Pada tanggal 9 Februari 1989, Presiden Bush mengangkat Quayle sebagai Ketua Council on Competitiveness. Berbeda dengan para penggantinya, Gore dan Cheney, Quayle hanya memiliki peranan terbatas dalam pengambilan kebijakan.

Selama menjadi wakil presiden, Quayle banyak diejek di media dan masyarakat, baik di Amerika Serikat maupun di luar negeri, sebagai "petinju kelas ringan".[6] Pernyataannya sering kali menjadi kontradiksi dan membingungkan.[7]

Kesalahannya yang paling terkenal adalah ketika ia memperbaiki ejaan seorang murid yang bernama William Figueroa di sebuah sekolah dasar di Trenton, New Jersey pada tanggal 15 Juni 1992. Ia memperbaiki "potato" (kentang) menjadi "potatoe", padahal "potato" merupakan ejaan yang benar.[8][9]

Pemilihan umum 1992[sunting | sunting sumber]

Selama Pemilu 1992, Bush dan Quayle ditantang oleh Gubernur Arkansas, Bill Clinton dan Senator Tennessee, Al Gore, dan pengusaha Texas, Ross Perot serta James Stockdale. Pasangan Bush-Quayle akhirnya kalah dari pasangan Clinton-Gore.

Pasca Politik[sunting | sunting sumber]

Setelah meninggalkan kursi Wakil Presiden, Quayle kembali ke sektor swasta dan menduduki posisi yang tinggi di berbagai perusahaan swasta seperti Aozora Bank, sebuah bank swasta dari Jepang.

Pada tahun 1996, Quayle menyatakan bahwa ia tertarik untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Indiana, negara bagian asalnya namun akhirnya memutuskan tidak maju. Ada spekulasi bahwa ia sedang mempertimbangkan mencalonkan diri untuk menjadi Presiden Amerika Serikat dalam pemilu 1996 untuk melawan Bill Clinton, namun sekali lagi ia memutuskan tidak mencalonkan diri mengutip masalah kesehatannya saat itu di mana ia sedang menderita flebitis.

Pada bulan April 1999, Quayle menyatakan bahwa ia akan mencalonkan diri menjadi Presiden Amerika Serikat pada tahun 2000 dan berupaya untuk mendapatkan nominasi dari Partai Republik melawan kandidat Republikan lainnya, Gubernur Texas George W. Bush. Ia mengatakan bahwa ia tidak ingin Partai Republik mencalonkan "orang yang butuh 'on the job training'", menyindir pengalaman politik Bush yang hanya baru sebentar menjadi Gubernur. Quayle awalnya dianggap sebagai kandidat terdepan untuk mencalonkan diri dan dianggap paling berpengalaman di bidang politik dibandingkan Bush dan Senator AS, Elizabeth Dole, istri mantan Senator senior dan kandidat Presiden Partai Republik 1996, Bob Dole. George W. Bush sendiri adalah putra dari mantan Presiden AS ke 41 sekaligus mantan atasan Quayle, George H. W. Bush. Bagaimanapun, Quayle menjadi kurang populer dalam primary dan akhirnya mencabut pencalonannya dan mendukung Bush. Bush memenangkan primary dan meraih nominasi Partai Republik dan akhirnya terpilih sebagai Presiden dalam pemilihan umum.

Quayle pindah ke Arizona dan ia sekali lagi dianggap akan mencalonkan diri sebagai Gubernur Arizona dalam pemilu gubernur 2002 di mana ia menyatakan tidak akan maju.

Pada bulan Desember 2011, ia menyatakan dukungannya kepada kandidat Republik untuk Pemilihan Presiden AS 2012, Mitt Romney di mana ia berkampanye untuk Romney untuk beberapa moment.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ QUAYLE, James Danforth (Dan) - Biographical Information
  2. ^ U.S. Senate: Art & History Home > J. Danforth Quayle, 44th Vice President (1989-1993)
  3. ^ Ancestry of Dan Quayle (b. 1947)
  4. ^ SHAPIRO, WALTER (August 29, 1988 By WALTER SHAPIRO). "The Republicans: The Quayle Quagmire". Time Magazine. hlm. 32. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-15. Diakses tanggal 2008-09-01. 
  5. ^ Quayle Backs Group's Effort To Head Off Asteroid Threat Seattle Times 1990
  6. ^ The value and vitality of V.P.s |the San Diego Union-Tribune]
  7. ^ "Dan Quayle, by William Boot - CJR, Sept/Oct 91". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-11-22. Diakses tanggal 2010-02-24. 
  8. ^ Mickle, Paul. "1992: Gaffe with an 'e' at the end". Capitalcentury.com. Diakses tanggal 2006-07-01. 
  9. ^ Fass, Mark (August 29, 2004). "How Do You Spell Regret? One Man's Take on It". The New York Times. Diakses tanggal 2009-03-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]