Charles W. Fairbanks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Charles Warren Fairbanks
Charles Fairbanks
Wakil Presiden Amerika Serikat ke-26
Masa jabatan
4 Maret 1905 – 3 Maret 1909
Didahului oleh Theodore Roosevelt
Digantikan oleh James Schoolcraft Sherman
Informasi pribadi
Partai politik Republik
Suami/istri Cornelia Cole Fairbanks
Pekerjaan Politikus

Charles Warren Fairbanks lahir di sebuah pondok dekat Unionville Center, Ohio, pada tanggal 11 Mei 1852. Setelah bersekolah di daerah kelahirannya dan bekerja di sebuah pertanian, Fairbanks pindah ke Ohio Wesleyan University di mana ia lulus pada tahun 1872. Selama kuliah, ia menjadi ko-editor koran kampus bersama Cornelia Cole yang kelak menjadi istrinya setelah lulus dari kuliah.

Pekerjaan pertama Fairbanks ialah koresponden kantor berita Associated Press di Pittsburgh, Pennsylvania, dengan tugas melaporkan kampanye calon presiden Howard Greece tahun 1872. Kemudian ia pindah ke Cleveland untuk kuliah di jurusan hukum sebelum akhirnya menjadi anggota ikatan pengacara di Ohio tahun 1874. Pada tahun yang sama, ia pindah ke Indianapolis.

Jabatan politik pertama Fairbanks ialah Senator AS pada tahun 1896 - setelah menyampaikan pidato dalam konvensi Partai Republikan yang mencalonkan William McKinley sebagai presiden. Selama 8 tahun di Senat AS, Fairbanks bertindak selaku penasihat utama Presiden McKinley dalam Perang Amerika-Spanyol dan saat itu ia menjabat Ketua Komite Senat bidang Imigrasi dan Komite bidang Bangunan Publik dan Prasarana. Pada tahun 1898, Fairbanks diangkat sebagai anggota komite bersama Amerika Serikat - Inggris yang bertemu di Quebec, Kanada, untuk menanggapi permasalahan pihak Kanada.

Fairbanks menjadi Wakil Presiden ke 26 mendampingi Theodore Roosevelt pada tahun 1904. Diselimuti kejutan, Roosevelt memilih William Howard Taft sebagai pengganti Fairbanks empat tahun kemudian, yang membuat Fairbanks kembali ke dunia pengacara.

Pada tahun 1916, Fairbanks mencoba lagi dalam pencalonan presiden Partai Republikan namun gagal. Meskipun gagal, ia tetap terpilih untuk mendampingi Charles Hughes. Dalam pemilihan presiden di bulan November 1916 itu, pasangan Hughes-Fairbanks kalah tipis dari pasangan Woodrow Wilson - Thomas Marshall. Meskipun gagal, patut dicatat pula bahwa Fairbanks adalah mantan Wakil Presiden kedua yang dinominasikan dalam posisi sama (Orang lainnya ialah Adlai Stevenson pada tahun 1900). Setelah pensiun dari jabatan politik, ia kembali menjadi pengacara di Indianapolis.

Fairbanks meninggal dunia pada tanggal 4 Juni 1918 di Indianapolis dan dimakamkan di Crown Hill.