Nelson Rockefeller

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nelson Rockefeller

Nelson Aldrich Rockefeller (lahir di Bar Harbor, 8 Juli 1908 – meninggal di New York City, 26 Januari 1979 pada umur 70 tahun), putra dari John Davison Rockefeller, Jr., berasal dari Partai Republikan. Ia merupakan cucu dari keluarga terpandang di AS. Dari pihak ayah, ia adalah cucu John Davison Rockefeller, Sr, pendiri perusahaan minyak Standard Oil. Dari pihak ibu, ia adalah cucu mantan Senator dari Rhode Island, Nelson Wilmarth Aldrich. Ia kuliah di Dartmouth College dan lulus pada tahun 1930.

Sebelum memulai karier politik, Nelson menjadi pimpinan di perusahaan keluarga dan aktif di beberapa yayasan amal. Setelah itu, saat PD II ia menjadi Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dan menjadi Koordinator Inter-American Affairs yang merupakan aliansi anti Nazi untuk wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Setelah perang usai, ia memimpin badan penasihat Pembangunan Internasional, bagian dari Point Four Program Presiden Harry Truman. Kemudian setelah Dwight Eisenhower menjadi Presiden AS, Nelson diangkat sebagai ketua tim penasihat kepresidenan untuk organisasi pemerintahan, selanjutnya ia ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan.

Tahun 1956, Nelson Rockefeller memutuskan mundur dari pemerintah federal dan kembali ke karier politik di negara bagian New York. Ia terpilih sebagai Gubernur New York pada tahun 1958, mengalahkan kawannya sesama milioner, W. Averell Harriman. Ia menjabat gubernur mulai tahun 1959-1973. Banyak hal yang dilakukan gubernur ini, termasuk memperbaiki fasilitas umum, pensiun pegawai negeri, dan sistem transportasi.

Rockefeller juga berusaha maju dalam pencalonan presiden AS pada tahun 1960, 1964 dan 1968. Namun semua itu belum berhasil.

Akhirnya pada tahun 1974, ia dipilih sebagai wakil presiden AS ke 41 untuk mendampingi Gerald Ford yang sudah dilantik menjadi presiden menggantikan Richard Nixon. Presiden Nixon mengundurkan diri setelah dituduh terlibat skandal Watergate. Rockefeller dilantik pada tgl. 19 Desember 1974. Masa jabatannya berakhir pada tgl. 20 Januari 1977.

Nelson Rockefeller menikah dua kali. Pertama, ia menikah dengan Mary Todhunter Clark, pada tahun 1930. Mereka dikaruniai 5 anak (Rodman, Anne, Steven dan kembar Michael dan Mary). Setelah itu mereka bercerai pada tahun 1962. Tahun 1963, Nelson menikah dengan Margaretha Fitler Murphy dan dikaruniai 2 putra (Nelson, Jr dan Mark).

Pada tanggal 26 Januari 1979, Nelson mengalami serangan jantung di New York City. Kemudian dalam perjalanan ke rumah sakit, ia meninggal dunia di dalam mobil ambulans. Jenazahnya dikremasi di pemakaman Ferncliff di Hartsdale, New York, lalu abu jenazah dibawa ke Lower Manhattan beberapa jam kemudian.