Charles Dawes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Charles G. Dawes
Wakil Presiden Amerika Serikat ke-30
Masa jabatan
4 Maret 1925 – 4 Maret 1929
Presiden Calvin Coolidge
Didahului oleh Calvin Coolidge
Digantikan oleh Charles Curtis
Informasi pribadi
Lahir 27 Agustus 1865
Marietta, Washington County, Ohio
Meninggal 23 April 1951, usia 85
Evanston, Illinois
Kebangsaan Amerika
Partai politik Partai Republikan
Suami/istri Caro Blymyer Dawes

Charles Gates Dawes lahir di Marietta, Washington County, Ohio, pada 27 Agustus 1865. ia lulus dari Marietta College (1884) dan Cincinnati Law School (1886). Kemudian ia buka praktik pengacara di Lincoln, Nebraska (1887-1894).

Suami dari Caro Blymyer ini adalah tokoh keuangan dan perbankan terkemuka di Amerika Serikat. Ia pernah merancang konsep Rencana Dawes untuk rehabilitasi pasca Perang Dunia I. Untuk itu ia menerima Hadiah Nobel Perdamaian.

Charles mempunyai 2 anak kandung (Rufus F. Dawes dan Carolyn Dawes) dan 2 anak angkat (Dena McCutcheon dan Virginia). Pada tahun 1912, salah satu anaknya, Rufus, tenggelam dan meninggal dunia di Danau Jenewa, Swiss, saat keluarga Dawes berlibur. Untuk mengenangnya, Dawes membuat 2 rumah singgah di Boston dan Chicago.

Dawes pernah menjabat di beberapa posisi, yaitu Comptroller Of Currency di Departemen Keuangan AS (1898-1901) di mana ia sukses mengumpulkan USD 25 juta dari bank-bank yang kolaps selama Kepanikan 1893, dan juga mengubah praktik perbankan untuk mencegah hal serupa pada masa mendatang. Setelah itu pada tahun 1901, ia meninggalkan Departemen Keuangan untuk merebut kursi Senat AS dari negara bagian Illinois. Ia yakin dengan bantuan pemerintahan William McKinley, namun sayangnya setelah pembunuhan terhadap Presiden McKinley, upayanya gagal. Presiden Theodore Roosevelt lebih memilih lawan Dawes untuk kursi Senat itu. Kemudian Dawes memutuskan berhenti dari politik dan mendirikan perusahaan Central Trust Company of Illinois dan menjadi presiden direktur sampai tahun 1921.

Selama PD I, Dawes menjadi anggota Angkatan Darat AS, bermula dari pangkat mayor, letnan kolonel sampai brigjen di Divisi 7 Zeni. Ia bergabung dengan American Expeditionary Forces selaku kepala penerimaan-pemasok logistik, dan anggota Komisi Likuidasi, Departemen Pertahanan AS (dulu disebut Department of War). Tahun 1919, ia mundur dari militer dan pada tahun 1921 diangkat sebagai Direktur Biro Anggaran. ia juga ditunjuk sebagai anggota Komisi Rehabilitasi Negara Sekutu pada tahun 1923. Atas jasa-jasanya, ia memperoleh hadiah - bersama Sir Joseph Austen Chamberlain - Nobel Perdamaian pada tahun 1925.

Pada tahun 1924, dalam konvensi Partai Republikan, Calvin Coolidge terpilih secara bulat sebagai calon presiden. Untuk calon wakil presiden, ada banyak calon. Pertama, Gubernur Illinois, Frank Lowden, yang kemudian menolaknya. Coolidge lalu memilih Senator William Borah (dari Idaho)namun ia juga menolak. Ketua DPP Partai Republik, William Butler, kemudian memilih Menteri Perdagangan Herbert Hoover, namun Hoover terbukti tidak populer untuk disodorkan. Akhirnya para delegasi memilih Dawes sebagai calon wapres. Meskipun Coolidge telanjur memberikan ucapan selamat kepada Lowden, namun ia menerima pilihan para delegasi dan merasa yakin, Dawes akan loyal kepadanya dan memperkuat kampanyenya.

Dawes dipilih sebagai wakil presiden ke-30 dan menjabat antara 4 Maret 1925 - 3 Maret 1929. Setelah itu, ia diangkat sebagai duta besar untuk Inggris ( tahun 1929-1932). Ia merasa tugasnya, termasuk memperkenalkan gadis-gadis Amerika kepada Raja Inggris, sangat hina. Ia kemudian mengusir tamu-tamunya dengan menolak mengenakan penutup lutut (knee breeches).

Dawes juga terkenal sebagai pencipta komposisi Melody in A Major pada tahun 1912. Komposisi ini kemudian populer sebagai It's All in the Game dimana Carl Sigan menambah liriknya pada tahun 1951. Lagu ini dibawakan oleh Tommy Edwards dan jadi hit nomor 1 tahun 1958! Para artis lain yang juga pernah membawakan lagu ini ialah The Four Tops, Tom Morrison, Cliff Richards, Brook Benton, Elton John dan Barry Manilow.

Dawes wafat di Evanston pada 23 April 1951 dan dimakamkan di Chicago, Illinois.


Didahului oleh:
Director of the U.S. Office of Management and Budget
23 Juni 1921 - 30 Juni 1922
Diteruskan oleh:
Herbert Lard
Didahului oleh:
Calvin Coolidge
Kandidat Wakil Presiden dari Partai Republiken
1924 (menang)
Diteruskan oleh:
Charles Curtis
Didahului oleh:
Calvin Coolidge
Wakil Presiden Amerika Serikat
4 Maret 1925 - 4 Maret 1929
Diteruskan oleh:
Charles Curtis