Henry A. Wallace

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Henry Agard Wallace
Henry Wallace
Wakil Presiden Amerika Serikat ke-33
Masa jabatan
20 Januari 1941 – 20 Januari 1945
Didahului oleh John Garner
Digantikan oleh Harry S. Truman
Informasi pribadi
Partai politik Demokrat
Suami/istri Ilo Wallace
Pekerjaan Politikus

Henry Agard Wallace lahir di tanah pertanian Orient, Adair County, Iowa pada tanggal 7 Oktober 1888. Henry melanjutkan pendidikannya di Iowa State College at Ames dan lulus di tahun 1910. Di sana ia menjadi anggota klub Delta Tau Delta. Ia sangat suka dengan dunia pertanian. Pada tahun 1915, ia merancang tabel rasio jagung corn-hog yang mengindikasikan pergerakan pasar. Pekerjaan lain yang pernah digelutinya, antara lain, editor di majalah pertanian Wallace's Farm di Des Moines, Iowa, tahun 1910-1924 dan mengedit penerbitan tersebut sampai tahun 1929. Ia juga pendiri dari perusahaan yang sekarang bernama Pioneer Hi-Breed - salah satu perusahaan terkemuka di Amerika Serikat.

Wallace lahir di keluarga Kristen Presbyterian namun meninggalkan keyakinannya itu sambil mempelajari agama dan kepercayaan lain. Ia akhirnya memilih Kristen Episkopal. Ada kabar lain yang menyebutkan ia juga tertarik dengan mistik dan kepercayaan alternatif lain.

Presiden Franklin Roosevelt mengangkat Wallace sebagai Menteri Pertanian pada tahun 1933. Uniknya, ayah Henry, yaitu Henry Cantwell Wallace, pernah menjadi Menteri Pertanian pada tahun 1921-1924.

Sebenarnya Wallace adalah Republikan liberal namun ia mendukung program New Deal Presiden Roosevelt. Setelah itu ia bergabung dengan Partai Demokrat. Wallace menjabat Menteri Pertanian sampai tahun 1940 di mana ia mundur untuk mendampingi Roosevelt sebagai calon wakil presiden. Selain jabatan Wapres, Wallace juga ditunjuk sebagai Ketua Badan Perekonomian Perang (Board of Economic Warfare) dan Badan Alokasi Prioritas Suplai pada tahun 1941. Kedua posisi ini sangat penting bersamaan dengan keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II.

Pada tahun 1944, Presiden Roosevelt mulai mengalami sakit serius sehingga timbul dugaan bahwa Wallace akan menggantikannya. Namun sikap politik Wallace yang cenderung kekiri-kirian mengkhawatirkan pendukung Wallace. Dalam pemilihan tahun 1944, Partai Demokrat mengganti pencalonan Wallace dengan Harry S. Truman. Roosevelt tetap menghargai Wallace dengan menunjuknya sebagai Menteri Perdagangan (Maret 1945-September 1946). Wallace diberhentikan oleh Presiden Truman.

Wallace terkenal dengan sikap oposisi terhadap kebijakan Presiden Truman. Ia mengkritik program kebijakan luar negeri Truman yang agresif (hawkish policy) lewat majalah The New Republic.

Ia maju sebagai calon presiden untuk American Progressive Party pada tahun 1948 namun gagal. Kemudian ia melanjutkan pekerjaan pertaniannya dan menetap di South Salem, New York. Suami dari Ilo Wallace ini meninggal dunia pada 18 November 1965 di Danbury, Connecticut dan dimakamkan di Bridgeport, Connecticut.