Kartun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kartunis)
Langsung ke: navigasi, cari

Kartun adalah gambar dengan penampilan lucu yang mempresentasikan suatu peristiwa.[1] Orang yang membuat kartun disebut kartunis. Beberapa jenis gambar kartun yang dikenal saat ini ialah kartun editorial, gag cartoon, dan strip komik.[2][3] Kartun editorial atau kartun politis biasanya ditujukan untuk menyatakan pandangan politik atau sosial dengan cara menyindir. Sementara itu, gag cartoon dimaksudkan untuk melucu tanpa menyindir. Strip komik ialah gambar kartun dalam bentuk komik singkat. Kartun dapat pula digunakan sebagai ilustrasi, misalnya dalam buku, majalah, atau kartu ucapan.[4] Selain itu, kartun juga berkembang dalam media lainnya, yaitu film, dan dikenal sebagai animasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jenis-jenis kartun[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suprana, J. (2009), Naskah-Naskah Kompas Jaya Suprana, Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm. 12–14  (lihat di Penelusuran Buku Google)
  2. ^ Nurhadiat, D. (2004), Pendidikan Seni Rupa SMP 1, Jakarta: Grasindo, hlm. 55  (lihat di Penelusuran Buku Google)
  3. ^ Fairrington, B. (2009), Drawing Cartoons & Comics for Dummies, Hoboken, NJ: Wiley Publishing, hlm. 8  (lihat di Penelusuran Buku Google)
  4. ^ Bohl, A. (1997), Guide to Cartooning, Gretna, LA: Pelican Publishing Company, hlm. 10–12  (lihat di Penelusuran Buku Google)