Kartu ucapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kartu ucapan di toko
Kartu ucapan selamat ulang tahun
Pilihan kartu ucapan untuk berbagai kesempatan

Kartu ucapan secara konvensional berupa selembar kartu dalam berbagai macam ukuran, dibuat dari kertas tebal atau karton dan memiliki gambar sesuai tema kartu. Kartu biasanya dilipat dua dengan bagian dalam berisi ucapan selamat atau pesan yang ditujukan kepada penerima.

Kartu ucapan biasanya dikirimkan atau diberikan pada kesempatan khusus, seperti hari ulang tahun, Idul Fitri, pernikahan, Natal, dan Hari Valentine. Kartu ucapan juga sering digunakan untuk menulis pesan bernada humor, persahabatan, cinta, simpati, atau sekadar mengucapkan terima kasih. Karangan bunga, parsel, atau kado juga sering disertai selembar kartu ucapan.

Kartu ucapan lazim dijual satu set dengan amplopnya, dan merupakan produk komersial berbagai perusahaan besar-kecil yang bergerak di bidang percetakan. Hallmark dan American Greetings merupakan produsen kartu ucapan terbesar di dunia.

Di Indonesia, kartu ucapan produksi lokal diwakili merek seperti Harvest produksi Harvindo Perkasa, Edwin's Gallery, dan IndoArt. Selain kartu buatan pabrik, kartu ucapan yang dilukis satu per satu oleh pelukis kartu juga dijual pedagang kaki lima. Ucapan pada kartu bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli dan ditulis dengan gaya menulis indah.

Kartu ucapan elektronik yang biasa juga dikenal sebagai e-card, bisa dikirim dari situs web, MMS, dan pesan singkat melalui telepon genggam merupakan pesaing kartu ucapan konvensional. Dimulai dari pemilihan kartu ucapan sampai kartu diantar dengan jasa pos, kartu ucapan konvensional memerlukan persiapan lebih lama hingga bisa dikirim dan sampai di tangan penerima. Dibandingkan teks SMS dan kartu elektronik, tulisan pada kartu ucapan konvensional lebih mudah dibaca orang lanjut usia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]