Daftar mantera dalam Harry Potter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mantra atau Mantera dalam Harry Potter terjadi di dunia sihir fiksi dari seri buku oleh penulis JK Rowling. Mantera banyak digunakan oleh karakter untuk mendapatkan efek yang berguna tanpa memanfaatkan teknologi modern. Penggambaran utama dari sebuah "mantra" dalam buku Harry Potter terdiri dari sebuah gerakan yang dibuat dengan tongkat karakter, dikombinasikan dengan mantera diucapkan atau secara mental. Dalam buku dan film seri yang terkait, nama-nama mayoritas mantra atau mantera ini digunakan untuk efek mereka adalah berasal dari bahasa Klasik, khususnya Latin. Nama-nama ini tidak memiliki tata bahasa yang benar dalam bahasa apa pun. Frase yang paling diucapkan mirip kata-kata Latin yang berarti sesuai, tetapi tidak tepat bahasa Latin sendiri.

Dalam Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran, konsep mantra non-verbal diperkenalkan. Sebelumnya, setiap mantra dilemparkan oleh karakter utama telah disertai dengan mantra yang disuarakan dengan tepat, walaupun banyak penyihir dewasa telah melemparkan mantra non-verbal dalam buku-buku sebelumnya. Akibatnya, mantra-mantra yang digunakan untuk beberapa mantra diperkenalkan di Half-Blood Prince dan sekuel Harry Potter dan Relikui Kematian tidak tersedia.

Mantera yang terdaftar di sini adalah mantera mereka (bila diketahui), dan beberapa mantra tidak memiliki nama mantera yang dikenal - hanya referensi dalam teks adalah dengan nama informal, baik karena dalam penampilan hanya dalam buku yang relevan itu dilemparkan non-verbal, atau karena tidak pernah digambarkan dalam buku-buku, hanya disebutkan. Mayoritas mantra dalam duel antara karakter dewasa dalam semua tujuh buku muncul non-verbal; hanya efek mereka dapat mengidentifikasi mantra tersebut.

Daftar isi

Top0–9 A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y ZPranala luar

A[sunting | sunting sumber]

Accio (Mantra Panggil)[sunting | sunting sumber]

  • Pengucapan: Berbagai saran telah dilakukan, termasuk:

/ Æki.oʊ / AK-ee-oh - dalam film dan video game. / Æksi.oʊ / AK-see-oh - dalam U.K. buku audio. / Æsi.oʊ / AS-see-oh - dalam U.S.A buku audio.

  • Keterangan: Mantra ini memiliki fungsi untuk mengambil benda yang jaraknya dekat dengan tongkat si penyihir (Namun di Harry Potter dan Piala Api mantra ini digunakan Harry Potter untuk memanggil Firebolt dari tempat yang jauh).
  • Dilihat / Disebutkan: Pertama kali disebutkan dalam Harry Potter dan Piala Api, saat itu digunakan oleh Molly Weasley pada si kembar Weasley untuk menyita 'Sihir Sakti Weasley' produk buatan mereka dari kantong mereka, sebelum mereka berangkat ke Piala Dunia Quidditch. Hermione juga disebutkan mencoba belajar mantera ini selama perjalanan dia kapal Hogwarts Express. Kemudian dalam buku yang sama, Harry memanggil sapunya untuk menyelesaikan Tugas Pertama Turnamen Triwizard. Menjelang akhir buku ini, Harry mengambil sebuah Portkey ia tidak dapat mencapainya, untuk melarikan diri dari Pertempuran di Makam. Dalam "Orde Phoenix", Bellatrix Lestrange mencoba untuk memanggil Ramalan dari Harry. Juga terlihat di Half-Blood Prince dan Relikui Kematian digunakan Harry untuk memanggil Horcrux, dan Harry mencoba untuk menangkap Rubeus Hagrid yang terjatuh. Salah satu Pelahap Maut mencoba merebut Jubah Gaib Harry menggunakan mantra ini, tetapi tidak berhasil.
  • etimologi yang Disarankan:. The Accio berasal dari kata Latin berarti "saya sebut" atau "Aku memanggil/mengambil". Dalam terjemahan Hungaria, mantra disebut "Invito", mungkin dari kata "untuk mengundang atau undangan".

Aguamenti (Mantera Aguamenti)[sunting | sunting sumber]

  • Pengucapan: [ˌɑːɡwəˈmɛnti] AH-gwə-MEN-tee
  • Keterangan: Menghasilkan sebuah jet air dari tongkat seorang penyihir.
  • Dilihat / disebutkan: Pertama kali dilihat di Piala Api, saat Fleur menaruh api keluar dari rok nya "dengan sedikit air dari tongkatnya." Pertama diketahui namanya di Half-Blood Prince, ketika Harry sedang diajarkan bagaimana melakukan mantra ini khusus di kelas Profesor Flitwick. Kemudian Harry menggunakan mantra ini dalam upaya dalam menciptakan air untuk Dumbledore minum, setelah minum ramuan Voldemort dan kemudian untuk memadamkan pondok Hagrid setelah dibakar oleh pelahap maut. Kemudian pada Relikui Kematian, Hermione Granger menggunakannya untuk memadamkan alis Mundungus yang terbakar setelah Harry sengaja membakarnya Kemudian.Harry menggunakannya dalam upaya menggagalkan usaha Vincent Crabbe dalam melontarkan kutukan Fiendfyre di Kamar Kebutuhan.
  • etimologi yang Disarankan: The aqua kata Latin (air) dikombinasikan dengan augmentum (bandingkan dengan bahasa Inggris)menambah, meningkat, dari augere, untuk meningkatkan, lihat di akar Agustus-Indo-Eropa, yang berarti: "meningkatkan air (aliran)", ini kombinasi menjelaskan QU / perubahan GU dalam aqua-→-(misalnya agua lihat dari bahasa Portugis dan Spanyol) agua. -Menti adalah bentuk genitif dari akhiran -mentum.

Alohomora[sunting | sunting sumber]

Anapneo[sunting | sunting sumber]

(Anti-Menyontek)[sunting | sunting sumber]

(Anti-Disapparition)[sunting | sunting sumber]

  • Keterangan: Digunakan untuk mencegah Disapparition (Kemunculan mendadak) di daerah untuk suatu periode.Dapat digunakan untuk mencegah musuh masuk daerah untuk dipertahankan, atau digunakan untuk menjebak musuh di suatu daerah.
  • Dilihat / disebutkan:. Disebutkan dalam Orde Phoenix, digunakan oleh Albus Dumbledore untuk beberapa perangkap Pelahap Maut di Departemen Misteri. Juga digunakan dalam jangka yang lama diHogwarts, alasan mengapa hal ini terjadi adalah, ketika Hermione sering mengutip sebuah kalimat diseluruh seri, "Tidak ada yang bisa ber-Apparate atau ber-Disapparate di dalam Hogwarts." Dalam Relikui Kematian, efek itu dicegah trio dalam melarikan diri ke Hogsmeade ketika Pelahap Maut menempatkan mantra yang sama sekitar kawasan hogwarts.

Antonin Dolohov Curse (Kutukan Antonin Dolohov's)[sunting | sunting sumber]

  • Keterangan: Kutukan ini menyebabkan luka internal yang serius, tetapi tidak menunjukkan gejala eksternal. Hal ini digambarkan sebagai pemain dengan "gerakan slashing", mengirimkan seberkas api ungu. Hal ini tidak nonverbal, walaupun Harry tidak bisa mendengar karena Hermione Granger telah menggunakan pesona membungkam Silencio pada Dolohov sebelumnya.
  • Dilihat / disebutkan: Dilihat hanya di Orde Phoenix, mantra ini dilemparkan tiga kali oleh Antonin Dolohov selama pertempuran antara Pelahap Maut dan anggota (perwira) Laskar Dumbledore di Kementerian Sihir.

Aparecium[sunting | sunting sumber]

Aresto Momentum[sunting | sunting sumber]

  • Pengucapan : ae-res-to mo-men-tum.
  • Keterangan  : Untuk memperlambat waktu pada satu kejadian (Mantera ini Hanya muncul pada film, dalam buku dilontarkan dalam bentuk non-verbal) .
  • Dilihat/Disebutkan : Pertama, yaitu pada Pertandingan Quidditch tahun Ketiga Harry Potter, digunakan oleh Dumbledore untuk memperlambat jatuhnya Harry Potter dari sapu, akibat serangan Dementor. kedua di The Order of The Phoenix pada waktu di kementrian sihir . Ketiga di The Deathly Hallows Part 2 Hermione menggunakannya pada saat dia, Harry, Ron & Griphook terjatuh dari kereta yang menuju brankas Bellatrix di Gringotts.
  • Etimologi yang Disarankan : kemungkinan berasal dari gabungan beberapa kata dalam bahasa inggris yaitu : Rest (istiraha / jeda), dan Moment (Saat) sesuai dengan fungsinya.

Avada Kedavra (Kutukan Pembunuh)[sunting | sunting sumber]

Voldemort sedang mengucapkan mantera Avada Kedavra saat melawan Harry di Harry Potter and The Goblet of Fire.
  • Pengucapan: [əˈvɑːdə kəˈdɑːvrə] ə-VAH-də kə-DAH-vrə
  • Keterangan: kutukan penyebab kematian yang cepat kepada korban (Dengan pengecualian oleh Sirius Black, yang tinggal sesaat ketika diserang Bellatrix Lestrange dalam Film ke 5) . Ia tidak meninggalkan tanda kematian, dan dikatakan menyakitkan oleh Sirius Black menjelang akhir Buku 7. Tidak ada kontra-kutukan yang diketahui atau yang dapat memblokir mantra (Pengecualian untuk Harry Potter yang selamat dari mantera ini karena kesamaan Bulu Ekor Phoenix dari tongkatnya dn Lord Voldemort, korban bisa menghindari kutukan ini dengan bersembunyi di balik benda padat (yang akan meledak menjadi api saat terkena kutukan itu), atau, jika pengguna kutukan tidak cukup kompeten, kutukan mungkin sama sekali tidak efektif seperti yang dijelaskan oleh Barty Crouch Jr (bertindak sebagai Alastor Moody) di Harry Potter Dan Piala Api. Ini adalah salah satu dari tiga Kutukan Tak Termaafkan, penggunaan mantra ini pada manusia lain dapat memperoleh hukuman seumur hidup di Azkaban.
  • Korban : Hanya dua orang dalam sejarah dunia sihir diketahui telah selamat dari kutukan pembunuh ini - Harry Potter dan Voldemort yang terjadi karena pengaruh Horcrux. Harry diserang dua kali secara langsung. Phoenix(Fawkes) juga bisa bertahan dari kutukan ini. Mereka meledak menjadi api, seperti yang akan mereka lakukan di usia tua dan dilahirkan kembali dari abu. Hal ini terjadi dalam Harry Potter dan Orde Phoenix.
  • Dilihat / Disebutkan Pertama kali: Yang terlihat pertama kali di Film Harry Potter Dan Batu Bertuah bukan kata atau nama , melainkan deskripsi dari tokoh . Pertama kali terlihat efek dan manteranya di Piala Api terhadap Muggle Frank Bryce, dan di setiap buku berikutnya.
  • Etimologi yang disarankan: Selama wawancara penonton di Edinburgh Book Festival (15 April 2004) Rowling mengatakan: "Apakah ada yang tahu di mana Avada Kedavra berasal dari Ini adalah mantra kuno dalam bahasa Arab(Aramia), dan merupakan asli kata dari Abrakadabra, yang berarti 'biarkan hal itu dihancurkan'. " Awalnya, ia digunakan untuk menyembuhkan penyakit dan 'sesuatu' yang sakit, tapi Rowling memutuskan untuk membuatnya menjadi 'sesuatu' yang merenggut dari orang yang dihadapan".

Avis[sunting | sunting sumber]

  • Pengucapan: [ˈeɪvɨs] AY-vis
  • Keterangan: Mantra ini membuat kawanan burung yang keluar dari tongkat pengguna mantra.
  • Dilihat / Disebutkan pertama kali:. Tampil di Piala Api, digunakan oleh Mr Ollivander untuk menguji tongkat Viktor Krum [Piala Api Bab 18] Dalam Pangeran Berdarah-Campuran dilemparkan oleh Hermione Granger, diikuti oleh Mantera Oppugno yang menyebabkan burung untuk menyerang Ron Weasley [. Pangeran Berdarah-Campuran Bab.14]
  • Etimologi Yang disarankan: "Avis" Berasal dari bahasa Latin Yang Artinya "Burung".

B[sunting | sunting sumber]

Babbling Curse (Kutukan mengoceh)[sunting | sunting sumber]

  • Keterangan: Kutukan mengoceh tidak sepenuhnya dipahami, namun juga dianggap menyebabkan seseorang mengoceh setiap kali mereka mencoba untuk berbicara.
  • Dilihat / disebutkan: Menurut Gilderoy Lockhart, ia pernah menyembuhkan penderitaan ini di desa Transylvania , tetapi kemudian ia mengakui untuk menghancurkan kenangan seseorang yang melakukan penyembuhan orang desa, dan kenangan orang lain, dan perbuatan mereka yang ia klaim sebagai perbuatannya.

Banishing Charm (Mantera Penolak)[sunting | sunting sumber]

  • Keterangan: Bertentangan dengan "Accio". Menghalau objek mantra yang dilakukan pada.
  • Dilihat / disebutkan: Dilihat di Piala Api, dilemparkan dengan sempurna oleh Hermione yang mengusir bantal ke dalam kotak yang menjadi target mereka di kelas Mantra. Yang sangat mengejutkan Harry, ia juga sempurna mengusir bantal selama pelajaran ini.

Bat-Bogey Hex (Kutukan Kepak-Kelelawar)[sunting | sunting sumber]

  • Keterangan: Membuat Bogies (tidak memiliki arti untuk Bahasa Indonesia)membesar, lalu mengepakkan sayap untuk menyerang target.
  • Dilihat / disebutkan: Ginny Weasley digambarkan sebagai penyihir yang menguasai mantera khusus ini [OP Bab.6] .Dalam Orde Phoenix Ginny Menggunakan Mantera ini pada Draco Malfoy, [OP Bab.33] dan di Half-Blood Prince digunakannya pada Zacharias Smith. [PBC bab.7].

Bedazzling Hex (Kutukan Ilusi)[sunting | sunting sumber]

  • Keterangan: Mirip dengan Mantera Ilusi-Penghilang, dapat digunakan untuk menyembunyikan seseorang atau objek. Juga digunakan untuk membuat mantel tembus pandang.
  • Dilihat / disebutkan: Disebutkan dalam Harry Potter dan Relikui Kematian oleh Xenophilius Lovegood ketika berbicara tentang metode yang berbeda bagaimana cara membuat Jubah Gaib.

Bubble-Head Charm (Mantera Penggelembung-Kepala)[sunting | sunting sumber]

C[sunting | sunting sumber]

Caterwauling Charm (Mantra Caterwauling)[sunting | sunting sumber]

  • Deskripsi: Siapapun memasuki perimeter Mantra Caterwauling memicu jeritan bernada tinggi.
  • Dilihat / disebutkan: Disebutkan dalam Deathly Hallows, dilemparkan oleh Pelahap Maut di Hogsmeade untuk melindungi terhadap penyusup. [RK Bab.28]
  • Catatan: Mirip dengan pesona penyusup: keduanya menghasilkan alarm jika sekitarnya terganggu

Confringo (Kutukan Peledak)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [kɒnˈfrɪŋɡoʊ] kon-FRING-goh
Deskripsi: Menyebabkan apapun yang terkena mantra meledak dan terbakar.
Dilihat/disebutkan: Hanya terlihat di Deathly Hallows. Dalam bab-bab pembukaan, itu dilemparkan oleh Harry untuk menghancurkan sespan dari sepeda motor terbang [DH Bab4]. Kemudian, digunakan oleh Hermione dalam upaya untuk membunuh Nagini dan memfasilitasi pelarian dari rumah Bathilda Bagshot di Godric's Hollow.[DH Bab17]

Crucio (Kutukan Cruciatus)[sunting | sunting sumber]

Frank dan Alice Longbottom, salah satu korban kutukan Cruciatus oleh Bellatrix Lestrange.
Pengucapan: [ˈkruːsi.oʊ] KREW-see-oh
Deskripsi: Menimbulkan sakit yang tak tertahankan pada penerima kutukan.[HP4] Salah satu dari tiga Kutukan Tak Termaafkan.
Dilihat/disebutkan: Pertama dilihat di Goblet of Fire diperkenalkan oleh Barty Crouch Jr (bertindak sebagai Moody) dan digunakan pada laba-laba. Digunakan secara teratur oleh para Pelahap Maut sebagai penyiksaan, dan oleh Voldemort sebagai hukuman, bahkan terhadap pengikutnya.

D[sunting | sunting sumber]

Defodio (Mantera Pencungkil)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [dɛˈfoʊdi.oʊ] de-FOH-dee-oh
Deskripsi: Dapat mengukir atau menggali bahan, seperti batu dan baja.
Dilihat/disebutkan: Diucapkan oleh Harry, Ron dan Hermione di Deathly Hallows untuk membantu menggali jalan keluar dari Terowongan Gringotts.[DH Bab26]

Deletrius[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [dəˈliːtri.əs] də-LEE-tree-əs
Deskripsi: Menghapus bukti mantra sebelumnya dilemparkan oleh tongkat itu, diungkapkan oleh Prior Incantato.
Dilihat/disebutkan: Hanya terlihat di Goblet of Fire ketika Amos Diggory menghilangkan gema dari tongkat Tanda Kegelapan dari Harry.[DH Bab9]

Diffindo (Mantera Pemotong/Pemutus)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [dɪˈfɪndoʊ] di-FIN-doh
Deskripsi: Memotong/merobek objek
Dilihat/disebutkan: Di Goblet of Fire ketika Ron ingin menyingkirkan renda pada jubah pakaiannya. Dalam Goblet of Fire ketika Harry sangat ingin berbicara dengan Cedric ia melemparkan mantra ini untuk merobek tasnya, menunda dia untuk kelas.[DH Bab9]

Densaugeo (baca : densojio): mantra untuk membuat gigi orang tumbuh cepat sekali. Berasal dari kata Latin dens (gigi) dan augeo (membesar).

Deprimo (baca : deprimo): mantra untuk mendatangkan angin kuat untuk melembekkan benda-benda. Berasal dari kata Latin deprimo, yang artinya ‘menggali dalam’

Descendo(baca : desendo): mantra untuk menenggelamkan atau menurunkan sesuatu. Berasal dari kata Latin descenso yang artinya ‘turun’.

Duro (baca : duro): mantra yang diucapkan Hermione dalam Deathly Hallows ketika merlarikan diri dari Death Eaters di Hogwarts. Dari bahasa Latin duro yang artinya ‘aku jadikan keras’

E[sunting | sunting sumber]

Engorgio (Engorgement Charm)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ɛŋˈɡɔrdʒi.oʊ] eng-GOR-jee-oh
Deskripsi: Menyebabkan objek membengkak dalam ukuran.
Dilihat/disebutkan: Sebuah "Mantera Pertumbuhan" dengan efek yang sama secara singkat disebutkan. Hagrid dicurigai telah memnterai labu miliknya dengan mantera ini di Chamber of Secrets. Juga terlihat dalam Goblet of Fire ketika Barty Crouch Jr, yang meniru Moody, memanterai laba-laba untuk meningkatkan efek demonstrasi dari Kutukan Cruciatus.

Episkey[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ɛˈpɪskiː] e-PIS-kee
Deskripsi: Digunakan untuk menyembuhkan cedera yang relatif kecil. Bila mantra ini dilemparkan, orang merasa bagian tubuh nya yang terluka dia pergi sangat panas dan kemudian sangat dingin.
Dilihat/disebutkan: Digunakan di Goblet of Fire setelah tugas pertama dari Turnamen Triwizard. Dalam Half-Blood Prince, Nymphadora Tonks menggunakan mantra ini untuk memperbaiki patah hidung Harry, juga digunakan oleh Harry di buku yang sama untuk memperbaiki mulut Demelza Robins.
Etimologi yang disarankan: Bahasa Yunani episkeu berarti "memperbaiki, restorasi".[2]
Catatan: Rowling menulis di Half-Blood Prince bahwa pengetahuan Harry mengatakan kepadanya mantra ini bisa milik keluarga (atau berbagai) dari Mantra Penyembuhan.

Erecto[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ɛˈrɛktoʊ] e-REK-toh
Deskripsi: Digunakan untuk mendirikan sesuatu.
Dilihat/Disebutkan: Kemungkinan digunakan di Goblet of Fire oleh penyihir di tempat perkemahan dekat Piala Dunia Quidditch. Digunakan oleh Hermione dan Harry Deathly Hallows.

Evanesco (Mantera Penghilang)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ɛvəˈnɛskoʊ] EV-ə-NES-koh
Deskripsi: Membuat target lenyap.
Dilihat/disebutkan: Digunakan di Order of the Phoenix leh Snape untuk membuat ramuan Harry menghilang dari kualinya. Selain itu, ketika Fred dan George sedang memamerkan pastiles mereka muntah, Lee Jordan membersihkan ember muntah dengan mantra Evanesco.
Catatan: Menurut Minerva McGonagall, di Deathly Hallows, Menghilangkan objek dan organisme pergi "menjadi non-manusia, yang berarti, semuanya."

Expecto Patronum (Patronus Charm)[sunting | sunting sumber]

Harry Potter saat mengucapkan mantera Patronus untuk menghalau Dementor dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban.
Pengucapan: [ɛksˈpɛktoʊ pəˈtroʊnəm] eks-PEK-toh pə-TROH-nəm
Deskripsi: Memunculkan sebuah inkarnasi dari perasaan terdalam kastor yang positif, seperti kebahagiaan atau harapan, yang dikenal sebagai Patronus. Patronus Sebuah disulap sebagai pelindung, dan merupakan senjata bukan predator jiwa: Patronus melindungi conjurors mereka dari Dementor atau Lethifolds, dan bahkan dapat mengusir mereka. Mereka juga digunakan di antara Orde Phoenix untuk mengirim pesan.[3] Menurut Fantastic Beasts and Where to Find Them, ini adalah mantra defensif hanya dikenal terhadap Lethifolds.
Dilihat/disebutkan: Pertama terlihat di Prisoner of Azkaban ketika Dementor muncul dalam Hogwarts Express, dan Hermione mengatakan bahwa Remus Lupin ditolak Dementor dengan casting benda keperakan dari tongkatnya. Patronus korporeal Harry pertama kali muncul dalam Quidditch permainan, dan karakter lainnya di seluruh sisa seri menggunakannya.

Expelliarmus (Mantera Pelucut)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ɛksˌpɛliˈɑrməs] eks-PEL-ee-AR-məs
Deskripsi: Mantra ini digunakan untuk melucuti penyihir lain, biasanya dengan menyebabkan tongkat korban untuk terbang di luar jangkauan.[4][5]
Dilihat/disebutkan: Pertama terlihat di Chamber of Secrets,ketika Snape melucuti Gilderoy Lockhart di Club Duelling; sejak saat itu biasanya digunakan di seluruh sisa seri. Draco menggunakannya untuk melucuti senjata Dumbledore dan Harry menggunakan mantra untuk tidak hanya melucuti Gregory Goyle di Kamar Kebutuhan, tetapi juga untuk mencerminkan kutukan Voldemort membunuh selama pertempuran terakhir.

Expulso[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ɛkˈspʊlsoʊ] ek-SPUUL-soh
Deskripsi: Sebuah mantra yang menyebabkan objek untuk meledak. Kekuatan ledakan itu mungkin tergantung pada maksud dari pemantera.
Dilihat/disebutkan: Digunakan oleh Pelahap Maut dalam upaya untuk menangkap Harry di The Deathly Hallows, terlintas meja bahwa Harry berdiri di belakang, menyebabkan ledakan yang membanting dia ke dinding dengan kuat.
Dalam Videogame:Sebuah mantra penembak seperti AK47.

F[sunting | sunting sumber]

(Kutukan Fiendfyre)[sunting | sunting sumber]

Deskripsi: Api berbahaya, tak terkendali dan sangat kuat yang dapat mengambil bentuk binatang seperti ular, Chimera, dan naga.
Dilihat/disebutkan: Di Deathly Hallows, Vincent Crabbe menggunakan Fiendfyre di Ruang Kebutuhan terhadap Harry, Ron dan Hermione yang berhasil melarikan diri pada sapu dengan Draco dan Goyle. [DH Bab31]
Catatan: Hal ini hanya digunakan oleh Vincent Crabbe di seluruh di Deathly Hallows, yang Harry yakin belajar dari kakak-beradik Carrow.[DH Bab31] (Alecto Carrow dan Amycus Carrow; dua bersaudara Pelahap Maut yang mengajar di Hogwarts untuk jangka waktu singkat di bawah pemerintahan Snape sebagai Kepala Sekolah). Oleh karena itu, Vincent Crabbe tidak sengaja menghancurkan salah satu Horcrux Lord Voldemort.

Finite Incantatem[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [fɪˈnaɪtiː ˌɪŋkənˈtætəm] fi-NY-tee IN-kən-TAT-əm
Deskripsi: Meniadakan banyak mantra atau efek dari banyak mantra.
Seen/mentioned: Snape menggunakannya di Chamber of Secrets untuk memulihkan ketertiban di Club Duelling ketika Harry dan Draco yang berduel. Lupin menggunakan bentuk pendek "Finite" di Order of the Phoenix.

G[sunting | sunting sumber]

Geminio[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [dʒɛˈmɪni.oʊ] je-MIN-ee-oh
Deskripsi: Membuat duplikat dari setiap objek atas mana hal itu dilemparkan. Seperti diungkapkan oleh Griphook si goblin, setiap salinan dibuat tidak berharga. Duplikat berlangsung beberapa jam. Sifat magis, setidaknya dari Horcrux, tidak disalin.
Dilihat/disebutkan: Digunakan oleh Hermione di Deathly Hallows untuk menyalin liontin Salazar Slytherin untuk menyembunyikan jejak mereka dari Umbridge.

(Kutukan Gemino)[sunting | sunting sumber]

Deskripsi: Setiap kali sebuah objek yang terkena kutukan ini disentuh, itu duplikat salinan dirinya menjadi tidak berguna banyak untuk menyembunyikan asli. Untuk menambah kebingungan dan akhirnya mengisi daerah sekitarnya dengan salinan, salinan juga menduplikasi diri.
Dilihat/disebutkab: Dilihat di Deathly Hallows ketika Harry, Ron, Hermione, dan Griphook membobol lemari besi Lestrange di Gringotts. Digunakan untuk efek yang besar sebagai ruang mengisi dengan duplikat berguna.

H[sunting | sunting sumber]

Homenum Revelio[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˈhɒmɨnəm rɛˈvɛli.oʊ] HOM-i-nəm re-VEL-ee-oh
Deskripsi: Mengungkapkan manusia dekat pemantera.
Dilihat/disebutkan: Digunakan Dumbledore untuk mendeteksi Harry di bawah Jubah Gaib, tapi pertama bernama bila digunakan beberapa kali oleh berbagai karakter dalam Deathly Hallows. Juga digunakan oleh Hermione pada dirinya, Ron, dan kedatangan Harry di Grimmauld Place setelah diserang oleh Pelahap Maut di Tottenham Court Road, setelah pernikahan.[6]

I[sunting | sunting sumber]

Imperio (Kutukan Imperius)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ɪmˈpɪəri.oʊ] im-PEER-ee-oh
Deskripsi: Menyebabkan korban dari kutukan untuk mematuhi perintah yang diucapkan / tak terucapkan dari pemantera. Pengalaman dikendalikan oleh kutukan ini digambarkan sebagai rilis, lengkap indah dari rasa tanggung jawab atau khawatir atas tindakan seseorang, dengan harga kehendak bebas seseorang. Melawan efek dari kutukan itu mungkin, namun, dan beberapa individu telah berhasil mengatasi hal itu, termasuk Harry dan kedua Crouches, yang belajar untuk melawan kutukan setelah mengalami dampaknya untuk jangka. Harry menggambarkan perasaan kastor sebagai pengendali marionette melalui tongkat (meskipun pengalaman tertentu Harry menduga ini karena kurangnya komitmen untuk casting Kutukan Tak Termaafkan). Salah satu dari tiga Kutukan Tak Termaafkan.
Dilihat/disebutkan: Pertama disebutkan (tidak dengan nama) dalam buku pertama ketika Ron memberitahu Harry bahwa selama Lucius Malfoy perang pertama mengklaim bahwa ia telah membawa sial, sehingga menghindari hukuman penjara. Pertama terlihat pada Goblet of Fire diperkenalkan oleh Barty Crouch Jr (bertindak sebagai Moody) dan digunakan pada laba-laba. Kemudian terlihat dalam buku ketika Barty Crouch Jr, yang bertindak sebagai Profesor Moody, digunakan pada semua siswa untuk melihat apakah mereka akan mampu mengatasinya. Digunakan oleh Harry di Deathly Hallows pada goblin Gringotts dan Travers, dan oleh Pelahap Maut pada Pius Thicknesse.

Incendio[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ɪnˈsɛndi.oʊ] in-SEN-dee-oh
Deskripsi: Menghasilkan semburan nyala api.[4] yang melayang.
Dilihat/disebutkan: Pertama kali terlihat di Harry Potter and the Philosopher's Stone ketika Hagrid (nonverbal) menghasilkan api keluar dari payung di rumah kecil keluarga Dursley berlindung di (dari surat-surat Hogwarts). Di Half-Blood Prince, mantra ini digunakan beberapa kali dalam pertempuran, misalnya saat pondok Hagrid yang dibakar.

Impedimenta[sunting | sunting sumber]

Menghentikan atau memperlambat sebuah obyek.

J[sunting | sunting sumber]

K[sunting | sunting sumber]

L[sunting | sunting sumber]

Legilimens[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [lɛˈdʒɪlɨmɛnz] le-JIL-i-menz
Deskripsi: Memungkinkan pemantera untuk menggali ke dalam pikiran korban, memungkinkan kastor untuk melihat kenangan, pikiran, dan emosi korban.
Dilihat/disebutkan: Digunakan oleh Snape pada Harry selama pelajaran Occlumency di Order of the Phoenix dan dengan Dumbledore pada Kreacher. Juga digunakan nonverbal oleh Snape pada Harry dalam Half-Blood Prince untuk memungkinkan dia untuk melihat di mana Harry belajar Sectumsempra mantra. Digunakan oleh Lord Voldemort kali ganda untuk melihat pikiran Harry.
Catatan: Lihat juga Legilimency untuk informasi lebih lanjut.

Levicorpus[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [lɛvɨˈkɔrpəs] LEV-i-KOR-pəs (usually nonverbal)
Deskripsi: Korban menggantung terbalik oleh salah satu / nya pergelangan kaki, kadang disertai kilatan cahaya putih.[7] Dibuat oleh Severus Snape. Kutukan pembalik dari Liberacorpus.
Dilihat/disebutkan: Ini pada awalnya terbukti menjadi mantra non-verbal-only, tetapi dalam Deathly Hallows, teks menunjukkan bahwa Hermione berbisik untuk mengangkat Harry sehingga dia bisa mencuri Piala Helga Hufflepuff. Harry menyadari dengan membaca catatan yang ditulis oleh Half-Blood Prince. Dia secara tidak sengaja menggunakannya pada Ron dalam Half-Blood Prince. Selain itu, dalam Orde Phoenix, Harry melihat (melalui Pensieve) ayahnya, James, menggunakan mantra terhadap Snape.
Catatan: Meskipun Harry awalnya belajar Levicorpus sebagai mantra non-verbal, digunakan secara lisan oleh James Potter dalam The Order of Phoenix dan oleh Hermione Granger dalam The Deathly Hallows sehingga membuktikan bahwa bukan hanya mantra nonverbal.

Locomotor[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˌloʊkɵˈmoʊtɔr] LOH-ko-MOH-tor
Deskripsi: Mantra ini selalu digunakan dengan nama target, di mana tongkat itu menunjuk (misalnya "Locomotor Trunk!"). Mantra tersebut menyebabkan objek yang bernama tersebut naik di udara dan bergerak atas kemauan pemantera.
Dilihat/disebutkan: Digunakan oleh Tonks di Order of the Phoenixuntuk memindahkan koper Harry dari kamarnya. Flitwick juga menggunakannya untuk memindahkan koper Sybill Trelawney setelah Umbridge mengusirnya. Parvati Patil dan Lavender Brown menggunakan mantra ini untuk berlomba pensil mereka di sekitar tepi meja. Sebuah variasi terlihat dalam Deathly Hallows ketika Piertotum Locomotor, ditampilkan untuk meghidupkan tentara batu untuk melindungi Hogwarts.

Lumos[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˈljuːmɒs] LEW-mos
Deskripsi: Membuat sinar sempit cahaya yang bersinar dari ujung tongkat, seperti sebuah obor (US: Senter).[4]
Dilihat/disebutkan: Pertama terlihat di Chamber of Secrets dan kemudian terus-menerus di seluruh seri.
Catatan: Mantra pembaliknya, Nox, memadamkan cahaya. Pemantera mantra ini dapat melemparkan mantra mantra lain saat ini berlaku.


Langlock (baca : lenglok) : mantra untuk melekatkan lidah seseorang di langit-langit mulutnya. Mantra ini diciptakan oleh Severus Snape. Berasal dari bahasa Latin lingua yang artinya ‘lidah’ atau ‘bahasa’ dan bahasa Inggris lock yang artinya ‘mengunci’.

M[sunting | sunting sumber]

Mufliato[sunting | sunting sumber]

Deskripsi: Mantra yang digunakan agar orang lain tidak bisa mendengar pembicaraan kita.
Dilihat/Disebutkan: Oleh Harry Potter saat sedang berbicara dengan Ron dan Hermione di The Half-Blood Prince.


Meteolojinx Recanto (baca : metiiolojingks rekantoo) : mantra untuk mengentikan kondisi cuaca . Berasal dari bahasa Yunani meteôrologia yang berarti ‘meteorologi’, bahasa Inggris jinx yang berarti ‘memberi nasib sial’, dan bahasa Latin recanto yang berarti ‘menarik’.


Mobilicorpus (baca : mobiliikorpes) : mantra untuk memindahkan seseorang ke tempat sesuai yang ditunjuk oleh pelafal mantra dengan tongkat sihirnya. Berasal dari bahasa Latin mobilito yang berarti ‘menggerakkan’.


Morsmordre (baca : morzmoordre) : mantra untuk memunculkan Tanda Kegelapan, yaitu tanda khas Lord Voldemort. Berasal dari bahasa Latin mors yang berarti ‘kematian’ dan bahasa Perancis mordre yang berarti ’menggigit’.

N[sunting | sunting sumber]

Nox[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˈnɒks] NOKS
Deskripsi: Mantera pembalik dari mantera Lumos.
Dilihat/disebutkan: Di Prisoner of Azkaban, Harry dan Hermione menggunakan mantra ini untuk mematikan mereka tongkat-lampu di Shrieking Shack. Juga digunakan dalam Deathly Hallows ketika Harry berada di bagian ini di bawah Dedalu Perkasa yang mengarah ke Shrieking Shack.

O[sunting | sunting sumber]

Obliviate (Mantera Memori)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [oʊˈblɪvi.eɪt] oh-BLIV-ee-ayt
Deskripsi: Digunakan untuk menyembunyikan memori dari peristiwa tertentu.
Dilihat/disebutkan: Pertama disebutkan (bukan nama) di Philosopher's Stone oleh Ron bahwa itu digunakan pada Muggle yang telah melihat naga. Pertama digunakan di Chamber of Secrets oleh Lockhart yang ingin menggunakannya pada Harry dan Ron; mantra bumerang karena tongkat Ron telah rusak, menyebabkan Lockhart kehilangan sebagian besar memori sendiri (yang dia tidak pernah pulih). Di Goblet of Fire, digunakan oleh seorang pekerja Kementerian diketahui tentang Mr Roberts dan kemudian anggota keluarganya yang lain. Di Deathly Hallows, Hermione menggunakan mantra pada dua Pelahap Maut yang diikuti Harry, Ron, dan Hermione setelah pelarian mereka dari Bill Weasley pernikahan dan Fleur. Juga digunakan oleh Hermione pada Xenophilius Lovegood setelah menghancurkan rumahnya di Deathly Hallows.

Oppugno (baca : eppugno) : mantra untuk membuat benda-benda yang telah tersihir sebelumnya untuk melakukan penyerangan. Berasal dari bahsa Latin klasik oppugno yang berarti menyerang.

P[sunting | sunting sumber]

Peskipiksi Pesternomi[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˌpɛskɨˈpɪksi ˌpɛstərˈnoʊmiː] PES-ki-PIK-see PES-tər-NO-mee
Deskripsi: Satu kali itu diucapkan, itu sama sekali tidak berpengaruh.
Dilihat/disebutkan: Digunakan oleh Lockhart untuk mencoba untuk menghapus Cornish Pixies.
Catatan: Tidak diketahui apakah mantra benar-benar bekerja.

Petrificus Totalus (Kutukan Pembeku Tubuh)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [pɛˈtrɪfɨkəs toʊˈtæləs] pe-TRIF-i-kəs toh-TAL-əs
Deskripsi: Digunakan untuk sementara mengikat tubuh korban dalam posisi yang jauh seperti itu dari seorang prajurit di perhatian; mantra ini tidak membatasi bernapas atau melihat, dan korban biasanya akan jatuh ke tanah.[4]
Dilihat/disebutkan: Pertama digunakan di Philosopher's Stoneoleh Hermione, yang sedang berusaha untuk mencegah Neville dari menghentikannya, Ron, dan Harry meninggalkan ruang umum untuk berburu untuk Bertuah Batu [DH Bab16]. Hal ini kemudian digunakan di seluruh sisa seri , terutama selama Pertempuran Departemen Misteri di Order of Phoenix. Terlihat dalam Half-Blood Prince dua kali: pada awalnya, Draco menggunakan mantra terhadap Harry di kereta, dan kemudian ketika Dumbledore melemparkan mantra untuk membuat Harry membeku sehingga ia tidak memberikan diri di Menara Astronomi. Mantra itu rusak ketika Dumbledore tewas.
Catatan: Mata target tetap bergerak, seperti terlihat dalam Philosopher's Stone, dan di Deathly Hallows.

Piertotum Locomotor[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [paɪ.ərˈtoʊtəm loʊkɵˈmoʊtɔr] PY-ər-TOH-təm LOH-ko-MOH-tor
Deskripsi: Mantra digunakan untuk menghidupkan patung dan baju zirah untuk melakukan perintah pemantera itu.
Dilihat/disebutkan: Di Deathly Hallows, McGonagall menggunakan mantra ini untuk menghidupkan baju zirah dan patung-patung dalam Hogwarts untuk mempertahankan benteng.[8]

Portus[sunting | sunting sumber]

Pengucapan:
Deskripsi: Mantra untuk membuat suatu benda menjadi portkey.
Dilihat/disebutkan: Di Order of the Phoenix, Dumbledore menyebutkannya pada kepala patung penyihir di Kementrian Sihir setelah duel dengan Lord Voldemort.

Prior Incantato[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˈpraɪ.ɔr ˌɪŋkænˈtɑːtoʊ] PRY-or ING-kan-TAH-toh
Deskripsi: Menyebabkan echo (bayangan atau gambar) dari mantra terakhir yang dilemparkan oleh tongkat yang keluar dari itu.
Dilihat/disebutkan: Digunakan oleh Amos Diggory di Goblet of Fire untuk menemukan mantra terakhir yang dilemparkan oleh tongkat Harry setelah ditemukan di tangan Winky, seorang peri-rumah. disebutkan dalam Deathly Hallows sebagai sarana untuk menemukan bahwa Harry telah mantra dengan tongkat Hermione (yang menyiratkan bahwa sendiri rusak).

Protego (Mantera Pelindung)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [proʊˈteɪɡoʊ] proh-TAY-goh
Deskripsi: Mantera pelindung[5] menyebabkan kecil untuk kutukan yang kuat, kutukan, dan heks untuk rebound pada penyerang, atau paling tidak mencegah mereka dari memiliki efek penuh mereka. Hal ini juga dapat menyebabkan perisai untuk meletus dari tongkat pemantera itu.
Dilihat/disebutkan: Pertama terlihat di Goblet of Fire, di mana Harry Potter diajarkan mantra ini dengan Hermione Granger dalam persiapan untuk tugas ketiga di Turnamen Triwizard. Juga digunakan di seluruh seri. Contohnya adalah di Order of the Phoenix ketika Harry blok Legilimency Snape setelah pelajaran Occlumency panjang dan ketika Harry berduel para Pelahap Maut. Harry kemudian menggunakan mantra ini di Half-Blood Prince untuk memblokir kutukan Snape ketika dia menunjukkan Ron cara membaca mantra tanpa mengucapkan sepatah kata. Hermione kemudian menggunakannya dalam Deathly Hallows untuk memisahkan Ron dan Harry ketika mereka berkelahi.

Protego Horribilis[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [proʊˈteɪɡoʊ hɒˈrɪbɨlɪs] proh-TAY-goh hor-RIB-il-is
Deskripsi: Menyediakan beberapa bentuk perlindungan terhadap Sihir Hitam.
Dilihat/disebutkan: Dilemparkan oleh Flitwick dalam upaya untuk memperkuat pertahanan benteng di Deathly Hallows

Protego Maxima[sunting | sunting sumber]

Dua guru Hogwarts yakni Filius Flitwick, Horace Slughorn dan juga Molly Weasley sedang memanterai area hogwarts dengan tiga kombinasi mantera pelindung yakni Protego Maxima, Fianto Duri dan Repello Iminicum.
Pengucapan: [proʊˈteɪɡoʊ maksɪma] proh-TAY-goh mak-SI-ma
Deskripsi: Menyediakan bentuk perlindungan maksimal terhadap Sihir Hitam.
Dilihat/disebutkan: Dalam Deathly Hallows Diucapkan oleh guru Hogwarts (Flitwick, Horace Slughorn dan Molly Weasley) dalam upaya untuk memperkuat pertahanan Hogwarts dari serangan pelahap maut.

Protego Totalum[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [proʊˈteɪɡoʊ toʊˈtæləm] proh-TAY-goh toh-TAL-əm
Deskripsi: Menyediakan perlindungan dari beberapa bentuk untuk area atau tempat tinggal.
Dilihat/disebutkan: Di Deathly Hallows, ini adalah salah satu mantra yang digunakan oleh Hermione dan Harry untuk melindungi situs perkemahan mereka dari pengunjung yang tidak diinginkan.

Q[sunting | sunting sumber]

Quietus (baca : kwaites) sebagai mantra untuk mengembalikan suara yang keras jadi normal. Berasal dari bahasa Latin Quietus yang berarti kalem atau tak terganggu.

R[sunting | sunting sumber]

Reducto (Kutukan Penghancur)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [rɛˈdʌktoʊ] re-DUK-toh
Desripsi: Memungkinkan pemantera meledakkan benda padat.
Seen/mentioned: Di Goblet of Fire, Harry menggunakannya di salah satu pagar dari labirin Triwizard dan akhirnya membakar lubang kecil di dalamnya, di Order of the Phoenix, Gryffindor di referensi tahun Harry Parvati Patil sebagai bisa mengurangi meja penuh detektor gelap ke abu dan Ginny Weasley menggunakan pada Ruang Kebutuhan selama praktek dan di Aula Nubuat, Departemen Misteri, dalam Half Blood Prince, anggota Orde Phoenix mencoba untuk menggunakan mantra ini untuk mendobrak pintu yang Pelahap Maut telah diblokir ketika para Pelahap Maut telah memonopoli Dumbledore di Lightning Struck Tower.

Reparo[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [rɛˈpɑroʊ] re-PAR-oh
Deskripsi: Digunakan untuk memperbaiki benda rusak atau rusak.[4]
Dilihat/disebutkan: Banyak kali di seluruh buku. Pertama kali digunakan oleh Hermione, ketika dia menggunakannya untuk memperbaiki jendela yang pecah. Benda yang hancur sering digambarkan sebagai telah "terbang" kembali. Namun, zat yang terkandung dalam benda rusak tidak dikembalikan.
Catatan: Ada beberapa hal yang tidak dapat diperbaiki oleh mantra ini, misalnya, tongkat, tapi dalam Harry Potter and the Deathly Hallows, "Tongkat Elder" atau "Tongkat Takdir", memperbaiki tongkat asli Harry, karena daya yang ekstrem.

Repello Muggletum (Mantera Penolak Muggle)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [rɛˈpɛloʊ ˈmʊɡlətəm] re-PEL-oh MUG-lə-təm
Deskripsi: Menjaga Muggle jauh dari tempat sihir dengan menyebabkan mereka untuk mengingat pertemuan penting mereka tidak terjawab dan untuk menyebabkan Muggle yang bersangkutan untuk melupakan apa yang mereka lakukan di tempat pertama.
Dilihat/disebutkan: Disebutkan di Quidditch Through the Ages sebagai digunakan untuk menjaga Muggle dari Piala Dunia Quidditch. Hogwarts juga dikatakan dijaga oleh Mantra Penolak Muggle. Harry dan Hermione juga menggunakannya pada berbagai kesempatan, antara mantra lainnya, untuk melindungi dan menyembunyikan mereka di perkemahan Deathly Hallows.

Rictusempra (Mantera Penggelitik)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˌrɪktəˈsɛmprə] RIK-tə-SEM-prə
Deskripsi: Subjek merasakan bahwa dirinya sedang digelitik
Dilihat/disebutkan: Pertama kali terlihat digunakan oleh Harry pada Draco di Chamber of Secrets, ketika mereka berjuang di Club Duelling.
Catatan: Mantra ini mengambil bentuk sebuah jet cahaya perak (ungu dalam permainan video).

Riddikulus[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [rɨˈdɪkələs] ri-DIK-ə-ləs[9]
Deskripsi: Sebuah mantra digunakan ketika memerangi Boggart, "Riddikulus" memaksa Boggart untuk mengambil penampilan obyek yang di atasnya pemantera adalah berkonsentrasi. Ketika digunakan dengan benar, ini akan menjadi bentuk lucu.
Dilihat/disebutkan: Pertama terlihat di Prisoner of Azkaban, ketika diajarkan oleh Lupin. Lalu terlihat di Goblet of Fire di Boggart yang berada di labirin di Tugas Ketiga. Akhirnya terlihat pada Order of the Phoenix, ketika Mrs Weasley mencoba untuk melemparkan Riddikulus Boggart di dalam Grimmauld Place.
Catatan: Efeknya tergantung pada apa pemantera yang dipikirkan. Neville berkonsentrasi pada gaun neneknya, menyebabkan Boggart dalam bentuk Snape muncul di dalamnya.

S[sunting | sunting sumber]

Dalam Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1, Hermione Granger memanterai area perkemahan mereka dengan gabungan tiga mantera pelindung yakni: Salvio Hexia, Repello Muggletum, dan Protego Totalum.

Salvio Hexia[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˈsælvi.oʊ ˈhɛksi.ə] SAL-vee-oh HEK-see-ə
Deskripsi: Menyediakan beberapa bentuk perlindungan terhadap sihir.
Dilihat/disebutkan: Harry dan Hermione membaca mantra ini untuk memperkuat pertahanan perkemahan mereka terhadap penyusup di Deathly Hallows.

Sectumsempra[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˌsɛktəmˈsɛmprə] SEK-təm-SEM-prə
Deskripsi: Dengan keras melukai target; digambarkan sebagai seolah-olah subjek telah "memangkas oleh pedang".[7] Dibuat oleh Severus Snape.
Dilihat/disebutkan: Pertama terlihat di Order of the Phoenix ketika Snape menggunakannya dalam ingatannya melawan James, tetapi meleset dan hanya sedikit memotong pipinya. Digunakan dengan sukses oleh Harry Half-Blood Prince terhadap Draco, dan kemudian melawan Inferi di ruang Horcrux Voldemort, dan Snape selama penerbangan dari Hogwarts. Dalam bab-bab pembukaan Deathly Hallows, Snape sengaja melemparkan kutukan ini melawan George Weasley dalam penerbangan Orde dari Privet Drive, meskipun George bukanlah sasaran yang dituju-Nya. [DH Bab3] Hal ini dikenal sebagai spesialisasi Snape. [DH Bab5]
Catatan: Meskipun Snape mampu memperbaiki luka yang diderita oleh Draco ini kutukan dengan mudah, dengan "sebuah mantera yang terdengar hampir seperti lagu", Mrs Weasley tidak dapat menyembuhkan anaknya George ketika telinganya dipotong oleh kutukan. Hal ini ditemukan dalam edisi lama Advanced Potion Making oleh Harry; Sectumsempra diciptakan oleh Snape dengan kata-kata "Untuk musuh" yang ditulis di sebelahnya.

Serpensortia[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [ˌsɜrpənˈsɔrti.ə] SUR-pən-SOR-tee-ə
Deskripsi: Memunculkan ular dari tongkatnya pemantera mantra itu.[4]
Dilihat/disebutkan: Digunakan oleh Draco saat duel dengan Harry di Chamber of Secrets dan Voldemort dalam duel melawan Dumbledore di Order of the Phoenix.

Silentio[sunting | sunting sumber]

Deskripsi: Membuat subjek yang terkena mantra ini tidak dapat mengeluarkan suara.
Dilihat/disebutkan: Digunakan oleh Hermione Granger pada pelahap maut di The Order of the Phoenix.

T[sunting | sunting sumber]

Tarantallegra : membuat kaki musuh menari terus menerus

keterangan : dipakai oleh Dolohov terhadap Neville Longbottom waktu Pertempuran di Departemen Misteri., di buku kelima. .

U[sunting | sunting sumber]

V[sunting | sunting sumber]

Vipera evanesca: melenyapkan ular

Vulnera sanentur: mengembalikan darah pada tubuh akibat luka

W[sunting | sunting sumber]

Wingardium Leviosa (Mantera Penerbang)[sunting | sunting sumber]

Pengucapan: [wɪŋˈɡɑrdiəm ˌlɛviˈoʊsə] wing-GAR-dee-əm LEV-ee-OH-sə
Deskripsi: Membuat benda melayang.[10][4]
Terlihat/Disebutkan: Pertama terlihat di The Philosopher's Stone, ketika Flitwick tahun pertama kelas praktek mantra pada bulu. Kemudian dalam buku itu, Ron melakukan mantra pada klub troll gunung.[DH Bab10] Harry menggunakannya untuk menahan diri pada sepeda motor Hagrid banyak di kemudian hari, dalam The Deathly Hallows. Kemudian dalam buku yang sama, Ron menggunakannya untuk prod simpul di dasar Dedalu Perkasa dengan ranting untuk memungkinkan dia, Harry dan Hermione ke Shrieking Shack.[DH Bab32]

X[sunting | sunting sumber]

Y[sunting | sunting sumber]

Z[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi dan Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Madika (5 August 2004). "Japanese Press Conference PoA". Diakses 23 August 2007. 
  2. ^ Perseus Project, Tufts University, accessed 18 March 2008.
  3. ^ "J.K. Rowling Web Chat Transcript". The Leaky Cauldron. 30 July 2007. Diakses 30 July 2007. 
  4. ^ a b c d e f g "CBBC Newsround". 12 July 2005. Diakses 23 August 2007.  Note answers are given as "1F, 2K, 3B, 4I, 5G, 6H, 7J, 8C, 9D, 10E, 11A". BBC News. 12 July 2005. 
  5. ^ a b "Expelliarmus! Harry Potter and the Path to Gandhian Non-Violence". 5 August 2007. Diakses 18 December 2010. 
  6. ^ J.K. Rowling Web Chat Transcript – The Leaky Cauldron
  7. ^ a b "Quiz: Half-Blood Prince spells". BBC News. LAst updated accessed 19 July 2005. Diakses 23 August 2007. 
  8. ^ Rowling, J. K. (2007). Harry Potter and the Deathly Hallows. Bloomsbury Publishing. hlm. 484. ISBN 9780747591061. 
  9. ^  Harry Potter and the Prisoner of Azkaban [[Motion picture]]. Diakses pada 27 November 2009.
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BigRead

Pranala luar[sunting | sunting sumber]