Chester A. Arthur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chester Alan Arthur
Presiden Amerika Serikat ke-21
Masa jabatan
19 September 1881 – 4 Maret 1885
Wakil Presiden Tidak ada
Didahului oleh James A. Garfield
Digantikan oleh Grover Cleveland
Wakil Presiden Amerika Serikat ke-20
Masa jabatan
4 Maret 1881 – 19 September 1881
Presiden James Garfield
Didahului oleh William A. Wheeler
Digantikan oleh Thomas A. Hendricks
Kolektor dari Pelabuhan New York ke-21
Masa jabatan
1871–1878
Diangkat oleh Ulysses S. Grant
Didahului oleh Thomas Murphy
Digantikan oleh Edwin Atkins Merritt
Informasi pribadi
Lahir 5 Oktober 1829
Fairfield, Vermont
Meninggal 18 November 1886 (umur 57)
New York, New York
Kebangsaan Amerika
Partai politik Republik
Suami/istri Ellen Lewis Herndon Arthur, kemenakan Matthew Fontaine Maury
Alma mater Union College
Pekerjaan Pengacara
Pegawai negeri
Pendidik
Agama Episkopal
Tanda tangan
Dinas militer
Pengabdian United States of America
Union
Dinas/cabang Union Army
Pangkat Brigadir Jenderal
Unit New York Militia
Perang Perang Saudara Amerika

Chester Alan Arthur (lahir di Fairfield, Vermont, 5 Oktober 1829 – meninggal di New York, New York, 18 November 1886 pada umur 57 tahun) adalah seorang politikus Amerika yang menjabat Presiden Amerika Serikat yang ke-21, dengan masa jabatan dari 18811885[1]. Sebelumnya, ia adalah Wakil Presiden di bawah Presiden James Garfield[2]. Ia diangkat menjadi presiden pada 19 September 1881, ketika James Garfield meninggal dunia hari itu, akibat luka tembak[3]. Ia adalah seorang anggota Partai Republik[4] dan pengacara[5]

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Chester Arthur dilahirkan pada 5 Oktober 1830.[6] Sebelum ia menjabat menjadi Presiden, ia pernah menjadi guru, seorang pengacara yang sukses, penegak Partai Republik di negara bagian New York, pembentuk tentara rakyat di negara bagian New York (pada permulaan Perang Saudara Amerika), Kepala Bagian Perlengkapan (pengurus perlengkapan tentara untuk medan pertempuran), dan Kepala Jawatan Bea Cukai di New York (mengurus penarikan tiga-perempat dari seluruh uang cukai di New York yang diterima Pemerintah Federal) dan menjadi wakil presiden di bawah Presiden James Garfield[7].

Presiden Chester Arthur sangat menentang perbudakan[8]. Pada 1853, sewaktu ia menjalankan praktek hukum di New York, ia membela perkara seorang budak belian yang lari, dan mengatakan bahwa semua budak belian yang dibawa melalui negara bagian New York, sudah menjadi bebas dari perbudakan. Dan dua tahun kemudian, ia menang dalam sebuah perkara mengenai hak orang Negro, dan sebagai akibatnya ditetapkan undang-undang bahwa orang Negro di dalam trem, harus diperlakukan seperti orang kulit putih[9].

Masa kepresidenan[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjadi Presiden Chester Arthur benar-benar menjalankan politik, tetapi sebagai Presiden, ia tidak bermain politik, dan ia selalu mengorbankan keuntungan politik dalam menjalankan tugasnya[10]. Hal ini menimbulkan kerugian besar terhadap partainya, yaitu Partai Republik, terlebih lagi ketika ia[11]:

  • Menuntut di muka pengadilan beberapa tokoh Partai Republik yang melakukan korupsi dalam urusan pos
  • Memveto pembagian anggaran belanja negara yang berlebih-lebihan banyaknya yang di maksudkan untuk menguntungkan partainya, mem-veto konstitusi yang melarang orang Tiongkok masuk sebagai imigran ke Amerika Serikat
  • Presiden Chester Arthur berusaha keras untuk memperbaiki susunan kepegawaian pemerintah federal. Dalam pemerintahannya, dibentuk sebuah Komisi Kepegawaian Pemerintah yang anggota-anggotanya terdiri dari orang-orang Partai Republik, maupun Partai Demokrat. Komisi tersebut antara lain menetapkan peraturan "susunan kepegawaian" dan dengan peraturan itu beberapa kedudukan pemerintah hanya dapat diisi melalui ujian tertulis. Karena peraturan itu, pegawai-pegawai pemerintah tidak dapat lagi dikeluarkan dari jabatannya berdasarkan pertimbangan politik.

Oleh karena Presiden Chester Arthur menunjukkan bahwa sebagai Presiden ia tidak dapat dipengaruhi politik, hal ini menimbulkan rasa permusuhan pada pendukung-pendukungnya semula, sehingga ia tidak berhasil kembali menjadi calon Presiden dari Partai Republik pada 1884[12]. Setelah menyelesaikan masa jabatannya, ia pindah ke New York dalam keadaan sakit. Ia meninggal dunia di New York pada 18 November 1886[13].

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Dalam salah satu adegan film Die Hard with a Vengeance yang dibintangi Bruce Willis dan Samuel L. Jackson, sang teroris Simon Peter Gruber yang diperankan Jeremy Irons memberi sebuah teka-teki yang merupakan petunjuk untuk menemukan bom berikutnya. Simon bertanya "Siapakah yang ke 21 dari 42?" Maksudnya siapa presiden ke 21 dari 42 presiden Amerika (tahun 1995, dimana film itu diputar presiden Amerika adalah Bill Clinton yang merupakan presiden ke-42). Seorang sopir truk bilang: Arthur A. Chester. Maka teka-teki Simon pun terpecahkan: bom diletakkan di gedung Arthur A. Chester, sebuah gedung sekolah SD di New York.

Konon Presiden Chester A. Arthur dapat menulis dengan kedua tangannya pada saat bersamaan.

Didahului oleh:
William A. Wheeler
Kandidat Wakil Presiden Partai Republik
1880 (menang)
Diteruskan oleh:
John A. Logan
Didahului oleh:
William A. Wheeler
Wakil Presiden Amerika Serikat
4 Maret 188119 September 1881
Diteruskan oleh:
Thomas A. Hendricks
Didahului oleh:
James A. Garfield
Presiden Amerika Serikat
19 September 18814 Maret 1885
Diteruskan oleh:
Grover Cleveland

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Buku Presiden - Presiden Amerika Serikat, diterbitkan oleh Dinas Penerangan dan Kebudayaan Amerika Serikat, Jakarta (2003)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]