Albrecht II dari Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Albert II
Albrecht II. von Habsburg.jpg
Raja Hongaria dan Kroasia
Memerintah 18 Desember 1437 – 27 Oktober 1439
Koronasi 1 Januari 1438, Székesfehérvár
Pendahulu Sigismund dari Luksemburg
Pengganti Władysław I
Raja Bohemia
Memerintah 6 Mei 1438 – 27 Oktober 1439
Koronasi 29 Juni 1438, Praha
Pendahulu Sigismund dari Luksemburg
Pengganti Ladislaus I Anumerta
Raja Romawi (Raja Jerman)
Memerintah 18 Maret 1438 – 27 Oktober 1439
Koronasi 31 Mei 1438, Aachen
Pendahulu Sigismund dari Luksemburg
Pengganti Frederick III
Adipati Austria
Memerintah 14 September 1404 – 27 Oktober 1439
Pendahulu Albert IV
Pengganti Ladislaus I Anumerta
Pasangan Elisabeth dari Bohemia
Anak
Ladislas V Anumerta dari Bohemia
Anne dari Austria
Elisabeth dari Austria
Wangsa Habsburg
Ayah Albert IV
Ibu Johanna Sophia dari Bayern
Lahir 10 Agustus 1397
Wina
Meninggal 27 Oktober 1439 (umur 42)
Neszmély
Dikubur Székesfehérvár

Albert II dari Habsburg (lahir 10 Agustus 1397 – meninggal 27 Oktober 1439 pada umur 42 tahun) merupakan seorang Raja Jerman dari tahun 1438 sampai kematiannya. Ia juga merupakan Raja Hongaria, Raja Bohemia, adipati Luksemburg dan, sebagai Albert V, adipati agung Austria dari tahun 1404.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Albert dilahirkan di Wina sebagai putra Albert IV, Adipati Austria, dan Johanna Sophia dari Bayern.

Ia menjadi pewaris wilayah adipati Austria pada usia 7 tahun setelah kematian ayahnya pada tahun 1404. Pamannya Adipati William dari Austria Dalam, kemudian memimpin garis Leopoldinian saingan, melayani sebagai wali untuk keponakannya, diikuti dengan saudara-saudaranya Leopold IV dan Ernest yang Kuat pada tahun 1406. Pertikaian di antara bersaudara dan mereka terus berupaya untuk mendapatkan kendali atas wilayah-wilayah Albertinian mengarah ke kondisi perang saudara. Meskipun demikian Albert menerima pendidikan yang baik, mengambil alih pemerintahan Austria setelah kematian Leopold pada tahun 1411 dan berhasil dengan bantuan para penasihatnya, memerintah wilayah adipati tersebut.

Pada tahun 1422 Albert menikahi Elisabeth dari Bohemia, putri dan pewaris Kaisar Sigismund dari Luksemburg, Raja Hongaria dan Bohemia, dan istri keduanya, wanita bangsawan Slovenia Barbara dari Celje. Meskipun Elizabeth bukan putri istri pertama Sigismund Mary dari Hongaria dan bukan anggota dinasti Angevin, ia keturunan dari raja-raja Arpád Kuno Hongaria. Eyang paternalnya adalah Kaisar Charles IV dan Elizabeth dari Pomerania. Eyang maternalnya adalah Ban dari Slavonia Pangeran Herman II dari Celje, yang orangtuanya adalah Pangeran Herman I dari Celje dan Catherine dari Bosnia, yang tampaknya juga adalah keturunan dari Nemanjic raja-raja Serbia dan dari Catherine dari Hongaria, putri Stephen V dari Hongaria. Di dalam hak eyang paternalnya, ia melalui Elizabeth dari Pomerania, juga seorang pewaris Polandia, cabang Kujavian Piast. Sehingga pernikahan Albert memberinya hak beberapa kerajaan Slavonik.

Albert sendiri adalah keturunan Bela IV dari Hongaria melalui putrinya Ilona yang keturunan seorang putri Brieg yang menjadi leluhur Albert wanita bangsawan Hainaut dan Belanda, dan dari adik perempuan Ratu Elisabeth dari Bohemia, kemudian keturunan dari keduanya Constances dari Hongaria, dan juga dari Raja Geza II dari Hongaria melalui putrinya Elisabeth yang menikahi Bedrich dari Ceko, putrinya adalah leluhur garis maternal Bayern Albert.

Albert membantu ayah mertuanya Sigismund di dalam kampanyenya melawan Hussite, melibatkan wilayah adipati Austria di dalam Perang-perang Hussite. Sebagai gantinya Sigismund menunjuknya sebagai pewarisnya dan memberikannya gelar Margrave dari Moravia pada tahun 1423. Wilayah-wilayah Austria dirusak beberapa kali dan Albert juga berpartisipasi pada tahun 1431 Pertempuran Domažlice dimana pasukan kerajaan menderita kekalahan yang memalukan.

Ketika Sigismund wafat pada tahun 1437, Albert dimahkotai sebagai raja Hongaria pada tanggal 1 Januari 1438, dan seperti yang dilakukan pendahulunya, ia memindahkan istananya ke Kerajaan Hongaria dari mana ia kemudian melihat domainnya yang lain. Meskipun dimahkotai sebagai raja Bohemia enam bulan setelah naik tahta Hongaria, ia tidak berhasil mendapatkan hara negara. Ia sibuk berperang dengan bangsa Bohemia dan sekutu Polandia mereka, ketika pada tanggal 18 Maret 1438, ia terpilih sebagai "Raja Romawi" di Frankfurt, suatu kehormatan yang kelihatannya tidak dicarinya. Ia kemudian tidak dimahkotai sebagai Kaisar Romawi Suci.

Setelah kesibukannya di dalam membela Hongaria melawan serangan-serangan Turk, ia wafat pada tanggal 27 Oktober 1439 di Neszmély dan dimakamkan di Székesfehérvár. Albert adalah seorang pangeran yang giat dan senang berperang, yang pemerintahan singkatnya sebagai raja rangkat tiga memberikan janji yang sangat besar yang sangat berguna untuk Kekaisaran Romawi Suci. Sampai pembubaran finalnya pada tahun 1806 Istana Habsburg tetap sebagai dinasti yang memerintah.

Pengusiran orang Yahudi[sunting | sunting sumber]

Meskipun bangsa Yahudi di dalam wilayah adipati Austria telah menjadi subyek untuk penganiayaan lokal selama abad ke-13 dan 14, posisi mereka tetap selamat. Komunitas Yahudi berkembang di beberapa kota seperti Krems atau area di sekitar Judenplatz di Wina. Setelah kematian Adipati Albert IV pada tahun 1404 situasi mereka menjadi lebih buruk, dan memuncak didalam sebuah episode dari jemaah Wina pada tanggal 5 Nopember 1406, diikuti oleh kerusuhan dan penjarahan.

Ketika Albert V mencapai usia dewasa pada tahun 1411 dan ikut campur di dalam perang-perang Hussite, ia berulang-ulang mendirikan pajak-pajak baru yang dibebankan pad komunitas Yahudi untuk membiayai kampanye-kampanyenya. Disisi lain, setelah Hussite merusak wilayah adipati itu, bangsa Yahudi Austria dituduh berkolaborasi dan perdagangan senjata untuk kepentingan musuh-musuhnya. Tuduhan-tuduhan penodaan di Krems pada tahun 1420 memberikan alasan Albert untuk menghancurkan komunitas Yahudi.

Menurut Chronica Austriae tahun 1463 oleh penulis riwayat Thomas Ebendorfer adipati pada tanggal 23 Mei 1420, atas perintah Gereja, memerintahkan konversi penjara dan memerintahkan para Yahudi. Mereka yang tidak bertobat atau lolos dikirim dari dalam perahu menuruni Sungai Donau, dan orang-orang Yahudi yang kaya tetap ditahan, beberapa dari mereka disiksa dan dirampas propertinya. Pemaksaan baptis anak-anak Yahudi dihentikan atas campur tangan Paus Martin V. Pada tanggal 12 Maret 1421 Albert menghukum mati sisa-sisa orang Yahudi. 92 laki-laki dan 120 wanita dibakar diatas tiang selatan kota dinding Wina pada tanggal 12 Maret 1421. Orang-orang Yahudi ditempatkan dibawah "larangan selamanya" dan sinagoga mereka dihancurkan. Penganiayaan di beberapa kota Austria secara eksplicit dijelaskan di dalam naskah abad ke-16 yang disebut Vienna Geserah.

Gelar lengkap[sunting | sunting sumber]

Gelar lengkap yang dimiliki Albert adalah sebagai berikut: Albert, dengan kemurahan hati Tuhan memilih Raja Romawi, selalu Agustus, Raja Hongaria, Dalmatia, Kroasia, Rama, Serbia, Galisia, Lodomeria, Cumania dan Bulgaria, Raja Bohemia yang terpilih, adipati Austria, Stiria, Kärnten dan Carniola, margrave dari Moravia, Maharaja Batasan Wendish dan Pelabuhan Naon, Pangeran Habsburg, Tirol, Ferrete dan Kyburg, dll. Margrave dari Burgau dan landgrave dari Alsace.

Di dalam partiknya ia kerap menggunakan versi yang lebih singkat: Albert, dengan kemurahan hati Tuhan terpilih Raja Romawi, selalu Agustus, Raja Hongaria, Dalmatia dan Kroasia, dll. Raja Bohemia yang terpilih, adipati Austria, Stiria, Kärnten dan Carniola, Margrave dari Moravia dan Pangeran Tirol, dll.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Keturunannya dengan Elisabeth dari Bohemia adalah:

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Albert II. (German king)". Encyclopædia Britannica (ed. 11th). Cambridge University Press 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Albert II of Habsburg

Albrecht II dari Jerman
Lahir: 10 Agustus 1397 Wafat: 27 Oktober 1439 [usia 42]
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Sigismund
Raja Hongaria1
1437–39
Diteruskan oleh:
Władysław I
Raja Jerman
(resminya Raja Romawi)
1438–39
Diteruskan oleh:
Frederick III
Raja Bohemia1, 4
1438–39
Diteruskan oleh:
Ladislaus I Anumerta
Didahului oleh:
Albert IV
Adipati Agung Austria³
1404–39
Catatan dan referensi
1. Sebagai Albert I
2. Diperdebatkan oleh Ladislaus I Anumerta, Raja Bohemia dan Hongaria, Adipati Agung Austria
3. Sebagai Albert V
4. Tidak diakui oleh Bangsawan Bohemia sampai 1453; Bohemia diatur oleh Landfrieden