Margaret dari Brieg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Margaret dari Brieg
Adipati Wanita Bayern
Memerintah sebagai pasangan 1353–1386
Pasangan Albert I, Adipati Bayern
Anak
Katharina, Adipati Wanita Gelders dan Jülich
Johanna, Ratu Romawi dan Bohemia
Margaret, Adipati Wanita Burgundia
William II, Adipati Bayern
Albert II, Adipati Bayern
Joanna Sophia, Adipati Wanita Austria
John III, Adipati Bayern
Wangsa Wangsa Piast
Ayah Ludwik I yang Tampan
Ibu Agnes dari Głogów
Lahir 1342
Meninggal 1386

Margaret dari Brieg (1342–1386) merupakan putri Ludwik I yang Tampan dan istrinya, Agnes dari Sagan. Ia adalah Permaisuri Bayern melalui pernikahannya dengan Albert I, Adipati Bayern.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Margaret merupakan anak sulung dari enam bersaudara, saudaranya adalah Henryk VIII dengan bekas luka dan suadarinya, Hedwig yang menikah dengan Jan II dari Oświęcim.

Eyang maternal Margaret adalah Henry IV yang Setia dan Matilde dari Brandenburg. Eyang paternalnya adalah Bolesław III yang Dermawan dan istri pertamanya Margaret dari Bohemia.

Margaret dari Bohemia merupakan putri bungsu Wenceslaus II dari Bohemia dan Judith dari Habsburg. Judith adalah putri bungsu Rudolph I dari Jerman dan Gertrude dari Hohenburg.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Di Passau setelah tanggal 19 Juli 1353, Margaret dan Albert menikah. Albert menyimpan banyak gundik dan kekasih, namun selama ia memerintah, berbagai masalah timbul di antara partai-partai karena seorang wanita, Aleid van Poelgeest. Banyak orang yang membencinya karena ia mendapat pengaruh politik yang tidak disukai. Beberapa tahun kemudian setelah kematian Margaret, Aleid tewas terbunuh di Den Haag.

Meskipun Louis memiliki banyak gundik dan kekasih, pasangan tersebut memiliki 7 orang anak; seluruh anak mereka hidup sampai dewasa. Keturunan mereka adalah sebagai berikut:

  1. Katharina (sekitar 1361 – 1400, Hattem), menikah di Geertruidenberg pada tahun 1379 William I dari Gelders dan Jülich
  2. Johanna (sekitar 1362 – 1386), istri Wenceslaus, Raja Romawi
  3. Margaret (1363 – 23 Januari 1423, Dijon), menikah di Cambrai pada tahun 1385 John sang Pemberani
  4. William VI, Pangeran Holland (1365–1417)
  5. Albert II, Adipati Bayern-Straubing (1369 – 21 Januari 1397, Kelheim)
  6. Joanna Sophia (sekitar 1373 – 15 Nopember 1410, Vienna), menikah pada tanggal 15 Juni 1395 Albert IV, Adipati Austria
  7. John, Pangeran Holland (1374/76 – 1425), Uskup Liège

Seluruh putri Margaret menikah ledamaù keluarga kerajaan yang berkuasa, seorang putrinya, Johanna Sophia, adalah nenek Ladislaus yang Anumerta. Putrinya yang lain, Margaret, adalah ibu Philip yang Baik, Adipati Burgundia

Kematian[sunting | sunting sumber]

Margaret meninggal pada tahun 1386, pada usia sekitar 44 tahun. Suaminya, Albert menikah lagi setelah kematian Margaret dengan seorang wanita yang bernama Margaret, namun ia berasal dari Wilayah Adipati Cleves. Satu-satunya anak sah Albert dari Margaret of Brieg, ia tidak memiliki keturunan dari Margaret dari Cleves, namun mereka rekan-pemimpin di Dan Haag.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Maud, Comtesse Leicester
Adipati Wanita Bayern
19 Juli 1353–1386
Diteruskan oleh:
Margaret dari Cleves