Age of Empires (seri)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo seri Age of Empires

Seri Age of Empires (disingkat AoE) adalah sebuah seri game real-time strategy (RTS) populer, yang dimulai pada 1997, dikembangkan oleh Ensemble Studios dan dipublikasikan oleh Microsoft Games. Sampai saat ini ada 3 bagian dari seri ini, masing-masing memiliki sebuah paket ekspansi, sehingga terdapat keseluruhan 6 game bertitel Age of Empires.

Age of Empires dan Rise of Rome[sunting | sunting sumber]

Age of Empires adalah game pertama dari seri ini. Ia merupakan salah satu game real-time strategy pertama yang bertemakan sejarah. Temanya ini berkisar di antara zaman batu sampai zaman besi. Rise of Rome merupakan paket ekspansi bagi Age of Empires.

Age of Empires II: The Age of Kings, The Conquerors dan The Forgotten[sunting | sunting sumber]

Screenshot dari Age of Empires II: Age of Kings, 1999

Setelah suksesnya Age of Empires, Microsoft meluncurkan Age of Empires II (AoE II) pada 1999. Game ini merupakan improvisasi dari pendahulunya. Dalam AoE II diperkenalkan sistem pertempuran Batu-Gunting-Kertas, yang kemudian menjadi populer di dalam game RTS.The Conquerors merupakan paket ekspansi. Dalam AoE II dan ekspansinya, tema berkisar dari zaman kegelapan hingga awal zaman imperial dan penaklukan.

Age of Empires III, The War Chiefs dan The Asian Dynasties[sunting | sunting sumber]

Diluncurkan pada 18 Oktober 2005, Age of Empires III (AoE3) merupakan kelanjutan dari game sebelumnya. AoE3 bertemakan zaman penaklukan Amerika oleh bangsa-bangsa Eropa. Dalam AoE3 terdapat 8 bangsa Eropa yang dapat dimainkan yaitu Spanyol, Inggris, Perancis, Portugis, Belanda, Rusia, Jerman, dan Turki Utsmani. Dalam The War Chiefs, yang merupakan paket ekspansi, pemain juga dapat memainkan 3 bangsa asli Amerika yaitu bangsa Iroquis, Sioux dan Aztek.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]