Zoran Milanović

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Zoran Milanović
Perdana Menteri Kroasia
Petahana
Mulai menjabat
23 Desember 2011
Presiden Ivo Josipović
Kolinda Grabar-Kitarović
Deputi Vesna Pusić
Milanka Opačić
Branko Grčić
Didahului oleh Jadranka Kosor
Informasi pribadi
Lahir 30 Oktober 1966 (umur 51)
Zagreb, Republik Sosialis Kroasia, Yugoslavia (sekarang Kroasia)
Partai politik Partai Sosial Demokrat (1999-)[1]
Afiliasi politik
lain
Koalisi Kukuriku
(sejak 2010)
Suami/istri Sanja Musić Milanović
Anak Jakov
Marko
Alma mater Universitas Zagreb
Profesi Pengacara
Tanda tangan

Zoran Milanović (diucapkan [zǒran milǎːnoʋit͡ɕ]; lahir di Zagreb, 30 Oktober 1966; umur 51 tahun) adalah seorang politikus Kroasia yang menjabat sebagai Perdana Menteri Kroasia sejak 2011. Dia adalah pemimpin Partai Sosial Demokrat Kroasia (SDP), sebuah partai politik kiri tengah di Kroasia, sejak tahun 2007.

Setelah lulus dari Sekolah Hukum Zagreb, Milanović mulai bekerja di Departemen Luar Negeri. Ia menjabat sebagai konselor pada Misi Kroasia untuk Uni Eropa dan NATO di Brussels dari tahun 1996 sampai 1999. Pada tahun yang sama ia bergabung dengan Partai Sosial Demokrat. Pada tahun 1998 ia meraih gelar master di bidang hukum Uni Eropa di Universitas Flemish di Brussels dan ia menjadi asisten Menteri Luar Negeri Republik Kroasia untuk urusan multilateral politik pada tahun 2003.

Dia adalah koordinator Sosial Demokrat di konstituen 4 tahun 2006 dan terpilih menjadi pemimpin partai pada bulan Juni 2007, menyusul kematian pemimpin lama dan mantan Perdana Menteri Ivica Račan. Setelah mendukung Ljubo Jurčić sebagai calon resmi Perdana Menteri dari partainya, Milanović menetapkan tujuannya untuk membuat SDP menjadi partai politik terbesar di parlemen. Dalam pemilihan umum 2007, Partai Sosial Demokrat duduk di posisi kedua dan tidak mampu menjadi partai penguasa. Meski kalah pemilu, ia terpilih kembali memimpin partai pada tahun 2008 dan menjabat sebagai Pemimpin Oposisi sampai pemilu berikutnya. Pada tahun 2011, Milanović memprakarsai pembentukan koalisi Kukuriku, menyatukan empat partai politik besar kiri-tengah di negara ini. Koalisi ini memenangkan pemilihan parlemen 2011, dengan SDP menjadi partai terkuat di parlemen. Milanović menjadi Perdana Menteri pada bulan Desember 2011, setelah Parlemen menyetujui kabinetnya.

Agenda utama dari Milanović sebagai Perdana Menteri adalah merevitalisasi perekonomian, dengan sebagian besar berfokus pada reformasi administrasi pemerintahan dan birokrasi, menurunkan utang publik dan reformasi kode pajak. Inisiatif utama lainnya termasuk menyelesaikan proses ratifikasi dan mengawasi masuknya Kroasia ke Uni Eropa dan liberalisasi hukum inseminasi buatan. Milanović mendeskripsikan dirinya sebagai seorang liberal, ia adalah pendukung kuat dari kesetaraan gender dan hak LGBT.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Jadranka Kosor
Perdana Menteri Kroasia
2011–sekarang
Petahana
Jabatan partai politik
Didahului oleh:
Željka Antunović
Penjabat
Pemimpin Partai Sosial Demokrat Kroasia
2007–sekarang
Petahana